Afiliasi Adalah

Afiliasi Adalah, Pengertian Hingga Sistem Kerjanya

Posted on

Afiliasi Adalah – Pengembangan usaha ke ranah online kini telah dilakukan oleh banyak pemilik bisnis. Marketing online perlu diterapkan untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi bahkan di luar pulau. Salah satu sistem yang bisa diterapkan adalah model afiliasi. Afiliasi adalah salah satu sistem yang diterapkan dalam marketing online tanpa modal yang besar.

Adanya sistem afiliasi memberikan begitu banyak keuntungan bagi pemilik usaha (affiliate merchant) dan juga afiliator (affiliate marketers) yang bekerja. Bagi Anda yang masih awam dengan sistem ini, mari simak penjelasannya lebih lengkap disini. Mulai dari pengertian, apa saja keuntungan hingga sistem kerjanya.

Baca juga : Apa itu seo? Mengenal Strategi Pemasaran di Internet

Afiliasi Adalah

Beberapa Macam Arti Afiliasi dan Pengertiannya

Apabila dilihat dari artinya, ada beberapa penjelasan yang berbeda-beda tergantung dengan penggunaannya. Afiliasi adalah istilah yang berhubungan dengan tiga jenis ilmu yaitu psikologi, pasar modal serta marketing. Jika ingin mengembangkan dalam hal usaha, maka afiliasi digunakan sebagai istilah marketing.

Berikut ini arti afiliasi yang terbagi dalam tiga bidang tersebut.

Arti dalam ilmu psikologi, afiliasi adalah kebutuhan manusia yang fungsinya untuk membentuk sebuah hubungan. Hubungan yang dibentuk tersebut erat kaitannya supaya diterima oleh masyarakat atau lingkungan dimana manusia itu tinggal.

Arti dalam pasar modal, afiliasi adalah hubungan yang terbentuk dari banyak pihak yang terkait. Misalnya saja seorang pemegang saham dengan perusahaan secara langsung. Bisa juga hubungan antara dua perusahaan yang dikontrol satu pihak baik langsung atau tidak.

Arti dalam marketing, afiliasi adalah sistem pemasaran yang dilakukan oleh affiliate marketer dengan bergabung terlebih dahulu dengan affiliate merchant. Sehingga produk nantinya bisa dipasarkan dan profit yang didapatkan affiliate merchant sesuai dengan jumlah produk yang terjual atau sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Dilihat dari apa itu afiliasi dari ketiga pengertian di atas, maka secara umum afiliasi adalah terbentuknya sebuah hubungan yang nantinya akan sama-sama menguntungkan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih mendalam mengenai afiliasi dalam bidang marketing.

Lebih Jauh Tentang Afiliasi Adalah

Bisa dikatakan bahwa sistem afiliasi merupakan marketing yang baru-baru ini banyak digunakan karena peranan internet yang sangat besar. Teknologi internet dimana banyak orang mendapatkan konten melalui sosial media, audio visual, membaca di web atau sumber lainnya membuat afiliasi marketing berkembang pesat.

Pengertian afiliasi dalam marketing secara umum dari pengertian di atas bisa dikatakan bahwa pemilik usaha membutuhkan jasa seseorang untuk dapat menjual produk mereka. Sedangkan jumlah yang diberikan berupa komisi yang jumlahnya berbeda-beda, tergantung dengan bagaimana jasa tersebut mampu mendatangkan konsumen, baik itu tertarik hingga membeli langsung.

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

Dalam arti lainnya, seorang affiliate marketer yang menjual jasa akan bertindak seperti makelar. Bedanya adalah tidak perlu menawarkan produk door to door melainkan secara online. Bagi affiliate merchant, Anda tidak perlu membayar untuk hasil yang belum terlihat.

Pembayaran hanya dilakukan ketika sejumlah produk yang ditawarkan melalui affiliate marketer telah dibeli oleh konsumen. Anda bahkan bisa merekrut lebih dari afiliator supaya bisnis dapat berkembang dengan lebih luas.

Keuntungan Menjadi Affiliate Marketer

Keuntungan bagi affiliate merchant sudah sangat jelas, lalu apa keuntungannya menjadi afiliator? Jika ingin mendapatkan income tambahan tanpa harus bekerja keras maka ini bisa menjadi peluang baru yang besar. Peluang akan bertambah tinggi jika mungkin saat ini Anda adalah seorang influencer yang sudah memiliki banyak pengikut di kanal-kana media sosial.

Tapi tak selalu influencer yang bisa bekerja menjadi afiliator, asalkan memiliki reputasi yang baik di berbagai forum online, Anda bisa kok menawarkan berbagai produk. Beberapa keuntungan afiliasi adalah sebagai berikut bagi afiliator.

Tak Perlu Modal yang Besar

Persyaratan untuk menjadi afiliator tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda juga tidak harus menyimpan produk dalam jumlah banyak di rumah, artinya tak ada modal sama sekali yang dikeluarkan. Karena cara kerjanya hanya menawarkan produk saja dan komisi didapatkan jika produk sudah terjual.

Namun ada juga perusahaan yang mensyaratkan afiliator untuk membeli produk terlebih dahulu. Hal ini tentu bukan masalah selama produk yang ditawarkan masih bisa dijangkau.

Bekerja dari Mana Saja

Menjadi afiliator tidak perlu ‘ngantor’ berjam-jam seperti karyawan perusahaan. Anda bisa bekerja dari mana saja baik di rumah, cafe atau sambil liburan. Cukup memiliki koneksi internet yang lancar dan laptop atau smartphone saja. Karena tugas dan tanggung jawab Anda adalah menawarkan produk secara online.

Pasif Income

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan pendapatan secara pasif? Tanpa bekerja terlalu berat uang akan terus mengalir. Inilah yang akan Anda dapatkan jika bekerja menjadi afiliator. Cukup mempromosikan produk di awal melalui tulisan atau review di Youtube uang akan datang sendiri.

Penjualan bisa terjadi kapan saja dan selama Anda masih memiliki postingan promosi produk maka pendapatan bisa terus menerus masuk. Sama saja dengan pasif income yang bisa masuk hingga berbulan-bulan.

Mengikuti Lebih dari Satu Program

Afiliasi Dengan jam kerja yang fleksibel, tak hanya satu program saja yang bisa diikuti. Jika ingin mendapatkan pasif income yang banyak maka ikuti juga banyak programnya. Tidak ada batasan atau aturan khusus yang mewajibkan seorang afiliator hanya mempromosikan satu produk saja. Artinya satu orang bisa mengikuti beberapa program selagi mampu.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video Vlogger Paling Direkomendasikan

Dengan banyaknya keuntungan ini, menjadikan afiliasi adalah sebuah pekerjaan yang sangat menggiurkan untuk dilakoni bukan?

Mengenal Sistem Kerja Program Afiliasi

Keuntungan memang menggiurkan tapi berbarengan dengan itu ada juga tugas yang harus diemban sebagai affiliate marketer. Sistemnya sudah dibuat dengan sangat mudah, yaitu mendaftarkan diri untuk menjadi afiliator melalui website dari perusahaan yang menyediakan program. Setelah mendaftar diri, Anda akan mendapatkan kode referal dan ini nantinya digunakan ketika promosi.

Saatnya bekerja, promosi yang bisa dilakukan sangat beragam. Pilih cara promosi yang biasa atau sudah dikuasai sebelumnya. Berikut ini macam-macam cara promosi yang bisa dilakukan sebagai afiliator.

Promosi melalui forum online

Saat ini sudah banyak forum online yang dibuka untuk membahas permasalahan sekaligus promosi produk. Nah untuk bisa promosi cukup ikuti di beberapa forum online, jika Anda sering melakukannya maka cukup dengan berkomentar dan cantumkan kode referal supaya konsumen membeli melalui link tersebut. Cara ini banyak dilakukan bagi afiliator yang bukan influencer, kuncinya adalah rajin-rajin mengunjungi forum online.

Promosi melalui blog

Biasanya ini banyak dilakukan oleh para blogger yang sudah memiliki blog pribadi bahkan lebih dari satu. Jika Anda adalah salah satunya dan sudah memiliki traffic tinggi di blog, tak jarang juga banyak affiliate merchant yang mencari Anda. Jika ingin menulis review, kuncinya adalah produk yang ditawarkan sesuai dengan sasaran audien. Misalnya blog mengenai life style wanita maka produk yang dipromosikan juga harus berkaitan seperti pakaian atau produk kecantikan.

Promosi yang dilakukan melalui blog bukan hanya sebatas tulisan review saja, bisa juga dalam bentuk banner. Buat banner dengan gambar atau grafis yang menarik dan buat link referral pada banner tersebut sehingga audien nantinya bisa langsung masuk ke produk terkait.

Promosi Media Sosial

Sosial media seperti instagram, facebook, youtube, twitter juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Income akan cepat masuk jika sosial media yang Anda gunakan sudah memiliki banyak pengikut aktif. Hal ini biasanya dilakukan juga oleh para influencer, tapi jika bukan dan tetap memiliki banyak pengikut juga tak masalah.

Afiliasi Adalah

Perlu strategi sosial media marketing khusus untuk promosi karena karakter pengguna sosial media cukup berbeda dengan pengunjung blog. Setiap postingan yang Anda buat nantinya juga harus dipasang link kode referral juga ya.

Apabila semua langkah promosi sudah dioptimalkan, saatnya menunggu komisi. Cukup mudah bukan sistemnya?

Jenis-Jenis Komisi dalam Afliasi Marketing

Mendapatkan komisi adalah hal paling menyenangkan ketika menjadi afiliator, apalagi komisi yang didapatkan jumlahnya sangat banyak. Artinya usaha yang sudah dilakukan sejak awal membuahkan hasil. Ada beberapa jenis komisi yang harus kamu pelajari karena berbeda-beda di masing-masing perusahaan.

Baca Juga:  Kursus Motion Graphic Serpong Paling Direkomendasikan

Mengenal berapa jenis komisinya memudahkan Anda untuk menghitung sendiri berapa dan bagaimana komisi bisa didapatkan.

Pay per Sale

Jenis ini merupakan komisi yang paling banyak diterapkan. Bagi member afiliator mereka akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah penjualan yang berhasil dilakukan. Jumlah komisi yang didapatkan mulai dari 30% hingga 70% dari setiap produk yang berhasil dijual. Karena targetnya adalah penjualan, maka Anda harus lebih berusaha dan bisa berkomunikasi secara intens kepada konsumen sehingga mereka akhirnya membeli.

Cost per Action

Jenis yang kedua ini lebih mudah, yaitu komisi bisa didapatkan apabila konsumen melakukan aksi seperti mendaftar atau mengisi formulir yang disediakan oleh perusahaan. Tanpa harus masuk ke tahapan penjualan, setiap konsumen yang mendaftar sudah masuk ke dalam hitungan.

Pay per Click

Pada komisi jenis ketiga ini adalah yang paling menguntungkan afiliator, apalagi jika pengunjung blog sudah sangat tinggi. Komisi akan didapatkan sesuai dengan jumlah klik dari pembaca atau konsumen yang datang. Semakin banyak klik maka akan semakin tinggi pula pendapatannya.

Tips Sukses Menjalankan Affiliasi Adalah

Tak sedikit yang mengalami kesulitan untuk menjadi afiliator karena belum berpengalaman, tapi hal itu bukanlah masalah. Karena tidak terikat kontrak dan target khusus seperti marketing pada umumnya, Anda masih bisa banyak belajar. Masih banyak waktu yang bisa dilakukan dan jangan terlalu memikirkan komisi ketika masih mempelajarinya.

Ada beberapa tips untuk menjalankan afiliasi adalah sebagai berikut: Jangan lupa dilakukan riset mendalam mengenai produk yang akan dipromosikan, jenis komisi yang didapatkan dan reputasi perusahaan. Riset menjadi hal penting untuk memulai afiliasi dan pertimbangkan apakah Anda sanggup melakukannya.

Pilih media promosi yang mudah dijalankan, cukup satu atau dua jika memang Anda menguasai salah satu diantaranya. Kreatif dalam membuat review adalah kuncinya dan harus disesuaikan dengan jenis media promosi. Masing-masing media memiliki karakter audien berbeda, Anda harus siap menghadapi mereka sehingga muncul ketertarikan.

Sisipkan call to action dengan jelas sehingga audien bisa langsung melakukan pembelian atau tindakan setelah mereka menemukan promosi yang telah dibuat. Menjadi affiliate marketer sangat mudah, sudah saatnya bagi Anda untuk mencoba mendapatkan pasif income dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *