algoritma adalah

Defenisi Algoritma Adalah Dan Contoh Algoritma

Posted on

Algoritma adalah – Anda mungkin sering mendengar kata algoritma terlebih dalam matematika dan pemrograman, lalu apa itu algoritma? Untuk memahami algoritma berikut ini akan kita bahasa secara rinci defenisi dan juga contoh algoritma.

Baca juga : Cara Melacak Pemilik Nomor HP Lewat Internet

 

Algoritma Adalah

 

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan “urutan” sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Algoritma dapat juga diartikan sebagai urutan langkah secara sistematis dan logis. Dalam perkembangannya, algoritma banyak dipakai di bidang komputer.

 

Atau untuk memudahkan Anda memahami apa itu algoritma, Anda bisa membayangkan satu makanan dengan resep tertentu, misalkan Anda ingin memasak bolu gulung, dan untuk menciptakan satu loyang bolu gulung Anda harus menyiapkan beberapa bahan, mulai dari tepung, telur, baking soda, dll, lalu dilanjutkan dengan proses mixer, memanggang hingga menjadi satu loyang bolu yang siap santap.

 

Demikian juga dengan algoritma, ada tahapan-tahapan dan proses yang dibutuhkan untuk mememecahkan satu permasalahan atau untuk menghasilkan sesuatu tentu dengan cara yang sistemastis atau berurut dan juga menggunakan logika.

 

Manfaat Algoritma

 

Algoritma adalah mengacu pada sejumlah langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Arti historis kata ini pada dasarnya adalah prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan masalah aritmatika, seperti prosedur yang diperlukan untuk menemukan akar kuadrat. Saat ini, algoritma umumnya digunakan untuk merujuk pada prosedur apa pun untuk menyelesaikan tugas. Lebih jauh di bawah ini adalah manfaat dari algoritma.

algoritma adalah
 

1. Pemecahan masalah yang lebih baik

Mengembangkan suatu algoritma melibatkan mengidentifikasi proses, poin-poin keputusan utama serta variabel-variabel yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Identifikasi poin-poin keputusan dan proses membagi tugas menjadi berbagai langkah kecil yang lebih mudah dikelola. Ini berarti masalah yang biasanya tidak mungkin atau sulit untuk diselesaikan grosir akan didekati seperti serangkaian masalah yang jauh lebih kecil dan dapat dipecahkan. Dengan menggunakan algoritma, penyelesaian masalah dibuat lebih rasional.

 

2. Meningkatkan efisiensi

Baca Juga:  Cara Simpan Video dari Facebook Secara Cepat

Algoritma adalah membuat pengambilan keputusan lebih konsisten dan lebih efisien. Efisiensi adalah hasil langsung dari spesifikasi dan proses analisis . Algoritma bertindak seperti alat pengingat dan membantu memastikan bahwa semua variabel atau bagian kecil dari masalah atau tugas tertentu tidak diabaikan. Karena itu, menghadirkan proses solusi seperti algoritme memungkinkan komunikasi yang lebih akurat. Akhirnya, algoritma mempromosikan pengembangan keahlian karena memfasilitasi pembagian kerja di antara karyawan.

 

3. Memberikan kejelasan

Jika pemecah masalah tidak mengetahui apa yang dilakukan, ada kemungkinan bahwa dia tidak akan menyadari apa yang salah. Kehadiran proses solusi terperinci memungkinkan identifikasi kesalahan dan kelemahan yang lebih mudah dalam keseluruhan proses. Mengurangi tugas vital ke beberapa langkah yang ditentukan melalui penggunaan Algoritma adalah memberikan kejelasan dan itu adalah bagian penting dari evaluasi, kontrol dan analisis.

 

Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

1. Algoritma Penjumlahan 2 Angka

* Masukan angka pertama (X) dan kedua (Y)

* Jumlahkan dengan rumus X+Y

* Maka akan ditampilkan hasil dari X+Y

 

2. Algoritma Menghitung Umur

* Inputk tahun sekarang  (TS) : 2020

* Input tahun lahir (TL) : 1994

* Hitung menggunakan rumus : TS – TL : 2020 – 1994

* Tampilkan jumlah umur : 26 Tahun

 

3. Algoritma Mengirim SMS

* Ambil Hape

* Pilih menu esan

* Pilih ulis esan Baru

* Tekan kirim ke

* Pilih kontak

* Klik kirim

 

4. Algoritma Mengirim Email

* Buka aplikasi email

* Pilih tulis baru

* Masukkan alamat email

* Tulis judul email

* Masukkan lampiran email dan isi email

* Klik kirim

 

Sekian untuk defenisi Algoritma adalah dan contoh algoritma, dimana algoritma bukan hanya tentang pemograman dan juga matematika tetapi juga sering kita lakukan dalam kegiatan kehidupan sehari-hari, semoga bisa Anda pahami dengan baik dan bisa paham mana saja contoh algoritma yang biasa kita lakukan sehari-hari.