Apa Itu Copywriter

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Copywriter yang diminati generasi milenial

Posted on

Apa Itu Copywriter – Generasi millenial hari ini pastinya sudah tidak asing dengan sebutan copywriting atau copywriter. Kedua istilah ini seringkali ditemui ketika anda berselancar di internet, khususnya di blog dan website yang mendiskusikan masalah masalah internet dan digital marketing.

Istilah copywriting dan copywriter sendiri lahir di era pesatnya perkembangan internet, pertumbuhan produk dan jasa di bidang e-commerce yang semakin sering diperjualbelikan. Perkembangan persaingan penjualan ini memicu alokasi anggaran periklanan yang juga besar, dalam artian perusahaan berusaha untuk berinvetasi di iklan-iklan berbasis online dengan lebih besar.

Pada faktanya investasi iklan online ini tidak sepenuhnya menarik minat konsumen. Banyak konsumen membenci iklan-iklan yang memenuhi ruang maya, jejaring sosial media dan bahkan websitw-website berita. Karena alasan inilah kemudian perusahaan mencari copywriter yang bertugas melakukan copywriting produk-produk mereka.

Baca Juga : Daftar Gelar S2 Luar Negeri Kampus Eropa, Amerika dan Australia

Apa itu copywriter dan tugas copywriting?

Copywriter sesuai dengan namanya yaitu copy= menggandakan writer= menulis. Jadi tugas seorang copywriter adalah menggantikan peran iklan konvensional menjadi penulis iklan kreatif. Proses penulisan iklan yang kreatif inilah disebut copywriting. Apa saja tugas copywriter? Tugas-tugas copywriter jangan dibayangkan seperti penulis iklan di tv atau radio yang sangat kaku, justru di era internet ini, tugas tugas copywriter sangatlah kreatif dan tidak bisa anda duga. Berikut beberapa daftar tugas copywriter yang dilakukan:

1.Tugas copywriter paling utama adalah membuat tulisan berbentuk promosi yang lebih bersifat mengajak, pesan-pesan atau menjual produk (tetapi tidak seperti iklan konvensional yang langsung mempromosikan). tulisan copywriter ini biasanya bersifat halus, tidak mengajak langsung tetapi mempromosikan. Tahu ya bedanya?

Baca Juga:  Kursus Motion Graphic Serpong Paling Direkomendasikan

2.Tugas copywriter selanjutnya adalah memastikan bahwa tulisannya tidak bersifat promosi langsung, tetapi tulisan bersifat promosi tidak langsung. Misalnya pernahkah anda menemui tulisan tulisan mengenai artikel kesehatan dan ternyata mengulas produk-produk kesehatan? Nah itu adalah contoh pekerjaan apa itu copywriter.

3.Tugas copywriter selanjutnya adalah mengikuti arahan dari perusahaan untuk membuat branding (pencitraan) perusahaan. Misalnya begini, tidak semua copywriter hanya bekerja untuk produk, tetapi juga arahan citra yang dibawa perusahaan. Sebuah perusahaan menginginkan citranya yang pro lingkungan, oleh karena itu dia menyewa jasa copywriter agar mempromosikan tulisan yang pro lingkungan dan berkaitan dengan aktivitas perusahaan tersebut. Sampai sini apa itu copywriter dan tugas-tugasnya bisa dipahami ya?

Apa Itu Copywriter

Lalu, apa pekerjaan copywriter bersifat freelance, part time atau tetap?

Jawaban atas pertanyaan ini tergantung dengan kontrak dari perusahaan dan tugas copywriter itu sendiri. Sebagian tugas copywriter bersifat freelance dan part time, dalam artian sesuai dengan kontrak dari perusahaan. Sementara sebagian yang lain, tugas copywrter bersifat tetap, biasanya yang bersifat tetap ini tergabung dalam tim dan bersifat kontinyu sesuai dengan arahan tim.

Pembedan jenis tugas copywriter ini menentukan gaji copywriter itu sendiri, untuk mendapat gambaran kasar berapa gaji copywriter baik yang bersifat freelance dan tetap dapat digambarkan dalam data di bawah ini:

1.Gaji copywriter yang bersifat freelance, dapat dilihat di situs-situs freelance seperti freelancer dan sribulancer setiap satu tulisan dapat dihargai 100 ribu sampai dengan 200 ribu. Daftar gaji setiap tulisan ini setara dengan dimuatnya satu artikel opini di koran.

2.Gaji copywriter yang bersifat tetap, biasanya sekitar 1,5 juta hingga 2 juta untuk perusahaan menengah, sementara untuk perusahaan besar multinasional bisa mencapai 3 juta. Tugas copywriter tetap ini jauh lebih berat karena mereka harus mensuplai beragam tulisan yang mendukung citra perusahaan dan bekerja memasarkan secara terus menerus.

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

Sebagai tambahan akhir, perlu digaris bawahi bahwa pekerjaan dan tugas copywriter berbeda dengan pekerjaan selebgram dan buzzer politik. Jika selebgram mengendorse produk, sementara buzzer politik bekerja untuk politik, maka copywriter adalah pekerjaan murni bisnis dan bisnis sosial (sociopreneuship). Sekian artikel mengenai apa itu copywriter. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *