Apa itu Copywriting? Strategi Kreatif dalam Pemasaran

Posted on

Apa itu copywriting? Copywriting adalah sebuah sistem strategi pemasaran berbasis internet yang seringkali dipraktekkan di media sosial atau jejaring internet seperti website dan juga iklan-iklan berbasis website, baik melalui google ads atau iklan-iklan sejenis.

Copywriting sendiri adalah jenis pemasaran baru yang berbeda dengan jenis pemasaran lama yang hanya memasang iklan baris atau memasang poster untuk disebarkan di facebook ads atau instagram ads. Copywriting adalah strategi baru dengan mempelajari logaritma internet dengan kemampuan menulis kalimat yang bagus.

Contoh-contoh copywiritng dapat ditemukan ketika anda berselancar dengan facebook lalu tiba-tiba menemukan postingan sponsor iklan yang biasanya berisi artikel singkat mengenai sesuatu dan berbicara mengenai sebuah produk. Biasanya copywriting tidaklah terlalu kaku seperti mengajak anda langsung membeli produk, atau menyarankan terlalu tendesius.

Copywriting adalah jenis menyampaikan informasi terbaru tanpa harus menggurui, sesuai dengan nama asalnya “copy” yaitu menggandakan, dan “writing” yaitu menulis. Maka tugas copywriting adalah menyebarkan tulisan atas sebuah produk dan jasa ke media sosial dengan cara yang sangat halus.

Biasanya copywriting dapat dilakukan tanpa seseorang harus melakukan training terlebih dahulu, tetapi bagi mereka yang belum berpengalaman akan menemui kesulitan untuk membuat apa itu copywriting. Biasanya hanya mereka yang sudah terbiasa bergelut dengan internet dan bergelut dengan penjualan dan strategi marketing mudah untuk melakukan.

Copywriting dalam bidang pemasaran tidak melulu hanya mengandalkan kelebihan produk dan jasa yang ditawarkan, atau kemudian membandingkan dengan produk dan jasa lawan saingannya, itu adalah teknik marketing lama. Sementara teknik marketing gaya baru adalah dengan mengulas keperluan masyarakat, mengulas hal hal keseharian dan bahkan mengetuk kesadaran seseorang.

Misalnya begini, ketika anda sedang berada dalam fase copywriting untuk menjual sebuah produk kebersihan seperti pembersih lantai atau pembersih kamar mandi. Maka copywriting akan memulai mengulas hal hal yang bersifat keseharian misalnya pentingnya menjaga kebersihan rumah, pentingnya menghindarkan bakteri dari lingkungan keluarga dan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Sudah Bisa Mengedit Foto? Saatnya Belajar Online Video Editor

Baru kemudian berbicara masalah-masalah mendasar mengenai kurangnya kepedulian masyarakat mengenai masalah-masalah kesehatan, banyaknya bakteri sebagai sumber masalah dan penyakit, penyalahgunaan antibiotik dan juga bisa disajikan data-data ilmiah sebagai pembanding.

Copywriting adalah seni untuk menulis mengetuk perasaan dan emosional orang lain, jika anda menjual produk-produk kesehatan, maka anda bisa gunakan seni untuk mejaga masyarakat dari terkena penyakit-penyakit yang sering mewabah di Indonesia. Pastikan disertai dengan sumber dan rujukan yang valid sehingga tidak terkena informasi yang bersifat hoax.

Beberapa contoh copywriting yang biasanya dipasang di instagram ads dan facebook ads tidak lebih dari satu paragraf, fungsinya hanya memberitahuka informasi dan mengajak orang yang ingin tahu untuk klik link selanjutnya yang akan menjad traffic untuk pembelian barang atau jasa kita.

Contoh copywriting dalam produk kesehatan pembersih:

Anak-anak rentan dengan serangan penyakit batuk, pilek dan juga influenza. Sudah saatnya sebagai orang tua kita perhatian dengan masalah lingkungan sekitar mereka, salah satunya dengan memperhatikan kebersihan lingkungan, mulai dari menyapu, membersihkan lantai rumah, membersihkan kamar mandi dan juga menguras bak penampungan.

Bagi anda yang masih mengandalkan penggunaan pembersih berbahan kimia, sudah saatnya memikirkan pembersih kamar mandi yang aman untuk anda sekeluarga, terhindar dari bahan bahan kimia dan tentu saja aman untuk lingkungan hidup sekitar. Ada produk-produk pembersih buatan indonesia yang dibuat dari sari kelapa dan diberi pengharum bunga mawar yang bisa menjadi pengganti pembersih kimia anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *