Apa itu e commerce? Kenali Lebih Dekat Jual Beli Online

Posted on

Apa itu e commerce? Pastinya anda yang belum mendengar kata kata commerce pasti bertanya-tanya kan, jangan sampai tertukar dengan pemahaman bahasa inggris kamar dagang dan industri yang biasanya disebut dengan chamber of commerce and industry.
Apa itu e commerce berasal dari singkatan berbahasa inggris yaitu electronic commerce, jadi jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “perdagangan elektronik” atau menjadi “perdagangan online”

Perdagangan online dalam pengertian apa itu e commerce tidaklah berdagangan saham, investasi atau semacam investasi online yang diperdagangkan di bursa-bursa. Tetapi lebih berdekatan dengan pengertian meledaknya era internet di dunia modern kali ini.

E commerce atau biasanya ditulis menjadi e-commerce adalah perdagangan online yang lahir karena bergesernya pola transaksi jual beli manusia dari tatap muka fisik menjadi online, jadi inilah asal menguasal mengapa apa itu e commerce bisa disebut dengan jual beli online.

Dahulu orang melakukan transaksi jual beli barang dan jasa melalui tatap muka, baik dengan membuka ruko, kios atau menawarkan barang dari pintu ke pintu. Saat itu jual beli hanya diberi pengertian sebagai proses berjualan tatap muka antara penjual dengan pembeli sehingga belum ada pengertian apa itu e commerce.

Ketika meledaknya era internet di Amerika Serikat dan kemudian menjalar ke Indonesia, maka orang-orang ramai membuka toko online yang awalnya menggunakan website, toko online pertama yang bisa memberikan pengertian apa itu e commerce adalah pembukaan amazon.com dan ebay.com.

Amazon adalah pengertian apa itu e commerce paling awal sebagai toko online pertama yang menjual buku-buku secara online dan kemudian dikirim fisik, baru kemudian ebay.com mengikuti kesuksesan dengan menjual aneka kebutuhan rumah tangga, dapur dan segala macam kebutuhan manusia.

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

Booming toko online ini juga mewabah di Indonesia dengan hadirnya jasa-jasa pembuatan toko online, banyak penjual penjual beramai-ramai membuka toko online di internet, sehingga menimbulkan trend baru untuk berjualan menggunakan fitur toko online dengan domain dan hosting.

Seiring berjalannya waktu, perubahan toko online berbasis domain dan hosting mulai tergantikan setelah munculnya media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan line. Masyarakat beramai-ramai kemudian menjual barang dan jasa melalui media sosial ini. Pada tahap ini pengertian apa itu e commerce bergeser berubah menjadi terbentuknya forum-forum jual beli online di media sosial, tetapi makna asalnya sebagai jual beli online tetap sama.

Pengertian apa itu e commerce menemukan bentuknya semakin sempurna tatkala lahirnya marketplace pertama bikinan anak bangsa yaitu Bukapalak, yang kemudian diikuti masuknya Tokopedia di jagad e commerce Indonesia. Tokopedia dan bukapalak adalah contok e commerce Indonesia yang meniru kesuksesan amazon dan juga ebay.

Apa itu e commerce bagi kalangan pebisnis kemudian dijadikan momentum dengan lahirnya hari belanja online nasional yang diperingati menjelang akhir tahun di bulan sekitar september, oktober, november dan desember. Hari belanja online nasional ini menjadi penegas bahwa jual beli online di Indonesia mampu meningkatkan daya beli masyarakat melalui fitur online internet.

Jika anda berminat mempelajari apa itu e commerce, anda disarankan untuk berpraktek langsung dengan membuka toko di tokopedia atau bukalapak secara gratis, atau di beberapa marketplace lain seperti lazada dan juga shopee. Anda bisa memulai dengan menjual barang barang murah dan kemudian mengiklankan layaknya jualan secara fisik yang memerlukan promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *