Apa Itu IELTS, jenis, kegunaan, dan Apa Saja Yang Diujikan

Posted on

Saat mendaftar kuliah di luar negeri, pernahkan kamu melihat nilai IELTS sebagai salah satu persyaratannya? Nah, kali ini kita akan kupas tuntas apa itu IELTS, apa saja yang diujikan, serta kegunaan IELTS test.

Apa itu IELTS?

International English Language Testing System atau IELTS adalah salah satu tes paling populer untuk menguji kemampuan bahasa Inggris orang yang mau belajar atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Umumnya, hasil tes IELTS digunakan diterima di negara-negara berbahasa Inggris British seperti United Kingdom, Australia, Selandia Baru. Tapi sekarang sudah banyak Universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang menerima hasil tes IELTS.

Untuk apa diadakan IELTS test?

IELTS diperlukan karena Universitas atau negara pemberi visa ingin memastikan orang asing yang akan bekerja atau belajar tidak memiliki masalah komunikasi saat tinggal di negara tersebut. Kita perlu menunjukkan bahwa kita memiliki pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris yang kuat. Bukti kemampuan bahasa Inggris tersebut bisa kita tunjukkan dengan skor IELTS.

Apakah IELTS wajib diperlukan di semua Universitas?

Pertanyaan yang sering diajukan oleh calon mahasiswa yang mau kuliah di luar negeri adalah apakah IELTS wajib atau tidak? Jawabanya adalah tidak wajib. Banyak Universitas yang tidak memerlukan skor IELTS sebagai syarat penerimaannya. Tapi ingat, peluang mendapatkan visa pelajar bisa mengecil kalau kamu tidak mencantumkan skor IELTS.

Pihak kedutaan bisa tidak yakin dengan kemampuan bahasa Inggrismu kalau kamu mendaftar visa pelajar tanpa sertifikat IELTS. Jadi akan lebih aman kalau kalian mengikuti tes IELTS terlebih dahulu sebelum mendaftar kuliah di luar negeri.

Jenis-jenis IELTS

Saat ini ada 3 jenis tes IELTS, yaitu Academic, General Training and Life Skills

  • IELTS Academic – Tes IELTS ini diperlukan buat kamu yang mau kuliah di Universitas atau perguruan tinggi di negara berbahasa ibu bahasa Inggris. Skor IELTS ini digunakan ketika mendaftar studi pada semua level, dari program Sarjana hingga Doctoral. Kita juga diharuskan mencantumkan skor IELTS ketika ingin bergabung dalam organisasi profesi di negara berbahasa Inggris.
  • IELTS General Training – IELTS jenis ini diperlukan jika kamu ingin bekerja, masuk sekolah menengah, magang, atau pelatihan non akademik di negara berbahasa Inggris. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris menerima IELTS General Training sebagai bukti kompetensi bahasa Inggris
  • IELTS Life Skills – Tes IELTS ini diperlukan oleh imigrasi Inggris buat kamu yang ingin berimigrasi atau mendapatkan kewarganegaraan Inggris. Tes IELTS ini hanya menguji kemampuan speaking dan listening. Diperlukan sertifikat IELTS Life Skills level A1 untuk mendapatkan visa dengan alasan berimigrasi mengikuti keluarga. Dan dibutuhkan sertifikat IELTS level B1 untuk mendapatkan kewarganegaraan atau permanent residence

Apa saja yang diujikan pada tes IELTS?

Seperti TOEFL, IELTS juga menguji empat jenis keterampilan dasar bahasa Inggris, yaitu listening, reading, speaking, dan writing.

  • IELTS Speaking – Ini merupakan salah satu bagian tes tersulit. Tes speaking dirancang untuk memeriksa apakah peserta tes mampu berbicara dengan lancar, jelas, dan mudah dimengerti. Peserta diharuskan berbicara langsung empat mata dengan penguji tentang masalah tertentu. Sesi ini biasanya dilakukan pada hari yang berbeda dengan 3 tes lainnya
  • IELTS Writing – Pada sesi writing, peserta harus membuat 2 jenis esai : analisa grafik dan analisa masalah. Yang pertama, peserta akan diberikan informasi atau data dalam bentuk grafik lalu menjelaskannya dalam bentuk esai sebanyak 150 kata. Dan yang kedua, peserta dihadapkan pada suatu masalah dan diminta membuat esai sebanyak 250 kata untuk menganalisa masalah tersebut
  • IELTS Listening – Sesi listening terdiri dari 4 bagian dimana kamu harus mendengarkan rekaman audio berdurasi pendek dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan pada rekaman audio tersebut. Materi listening terdiri dari 50% topik akademik dan 50% topik umum.
  • IELTS Reading – Bagian yang menguji kemampuan memahami bacaan ini berisi 3 teks bacaan dan 40 pertanyaan. Kamu harus menyelesaikan seluruh pertanyaan dalam waktu 60 menit. Hampir semua jawaban dalam bentuk esai. Peserta harus memahami gaya bahasa pada teks bacaan dan diminta menentukan pokok pikiran dari tiap paragrafnya.

Yang unik dari IELTS adalah semua soal dijawab dengan tulisan tangan sehingga lebih mampu menggambarkan kemampuan sebenarnya. Hasil skor IELTS diberikan dalam 4 jenis hasil tes yang terpisah dan hasil keseluruhan dengan skor berkisar antara 1 hingga 9. Peserta tes IELTS harus mendapatkan minimal skor 7 untuk memperoleh predikat good user (baik).

Cara mendaftar IELTS

Terdapat sekitar 1000 IELTS di lebih dari 140 negara. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di www.ielts.org. kunjungi laman tersebut, kamu akan mendapat informasi lengkap mengenai lokasi test centre, jadwal, biaya, serta pengumuman skor tes IELTS.

Nah itu tadi berbagai informasi menarik mengenai IELTS test. Untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai IELTS dan persiapannya, kalian bisa hubungi 0812-100600-75 atau kunjungi www.westwoodprep.com berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *