Apa itu igcse? Kenali lebih dekat kegunaan sertifikat igcse

Posted on

Apa itu igcse – Pernah mendengar apa itu igcse? Biasanya banyak yang tidak mengenal apa itu igcse karena ujian igcse tidaklah populer untuk masyarakat umum. Ujian igcse hanya populer bagi kalangan akademik, para pencari pendidikan ke luar negeri dan orang tua yang melek secara pendidikan terutama mereka yang berlatar belakang lulusan luar negeri.

Dibandingkan dengan ujian igcse, publik lebih mengenal tes GRE, GMAT, TOEFL dan bahkan IELTS. Tetapi bagi anda yang ingin menyekolahkan anak anda ke luar negeri, atau anda adalah siswa sekolah menengah atas dan ingin melanjutkan studi sarjana ke kampus-kampus luar negeri, maka anda perlu dan wajib mengenal apa itu igcse.
Apa itu igcse? Igcse adalah tes berstandar internasional untuk siswa sekolah menengah dengan materi menguji kemampuan matematika, bahasa inggris dan beberapa pelajaran dasar lainnya. Igcse sendiri merupakan singkatan dari international general certificate of secondary school, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan menjadi sertifikat standar internasional untuk siswa sekolah menengah.

Nah, karena berstatus internasional dan dipergunakan oleh siswa sekolah menengah, status sertifikat igcse juga berstandar internasional. Tes igcse sendiri adalah tes semacam ujian nasional, tetapi mempunyai bobot ujian lebih berat dibandingkan ujian nasional semacam yang ada di Indonesia. Kenapa igcse test jauh lebih berat? Karena disusun menggunakna standar kurikulum Cambridge University.

Selain itu beberapa hal yang mesti anda ketahui dari apa itu igcse adalah sistem ujian yang berbeda dan juga materi-materi yang diujikan tidaklah sama dengan ujian nasional Indonesia. Test igcse menguji kemampuan dasar matematika, bahasa inggris, serta ilmu sains seperti fisika, kimia dasar dan beberapa sastra serta komputer dan juga pengetahuan mengenai geografi lingkungan sekitar dan lain-lain.

Baca Juga:  TOEFL IBT, Tes TOEFL Online Yang Berlaku Internasional

Wawasan tambahan mengenai apa itu igcse selanjutnya adalah mengenai jumlah soal dan jenis test igcse yang berbeda dengan tes sejenis berstandar internasional lainnya. Test igcse memiliki dua sistem soal, yang pertama adalah pilihan ganda (multiple choice), sementara soal kedua adalah soal esai, kejutannya adalah karena test berstandar internasional, maka seluruh ujian igcse menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, termasuk cara mengisi esainya.

Pertanyaan selanjutnya yang masih terkait dengan apa itu igcse adalah bagaimana dengan status sertifikat igcse. Sertifikat igcse berstandar internasional dan diakui di mayoritas negara negara maju seperti Amerika dan Inggris. Karena sertifikat igcse menjadi sertifikat pengganti ujian nasional di Indonesia (yang belum tentu diakui di seluruh negara maju), maka jika anda memegang sertifikat igcse sudah bisa dipastikan anda tinggal selangkah lagi untuk diterima di kampus di luar negeri.

Sertifikat igcse biasanya diminta oleh kampus-kampus jurusan sarjana yang diminati siswa sekolah menengah di Indonesia. Karena belum adanya pengakuan ujian nasional Indonesia di beberapa negara maju, maka mereka meminta sertifikat igcse dilampirkan sebagai syarat utama dan sebagai bahan pertimbangan utama.

Pertimbangan utama sertifikat igcse ini juga bukanlah opsional, tetapi menjadi wajib (mandatory) karena rata rata kampus yang membuka progam sarjana membutuhkan alat ukur kemampuan siswa sekolah menengah untuk ilmu-ilmu sains dan matematik dasar serta kemampuan bahasa inggris yang hanya bisa diwujudkan dengan sertifikat igcse.

Selain sertifikat igcse, beberapa test lain yang diminta adalah sertifikat toelf atau sertifikat ielst sebagai data tambahan saja. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk mengikui igcse test agar mendapatkan sertifikat igcse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *