Mengenal Apa Itu Internet untuk Pemula

Posted on

Apa Itu Internet – Bagi mereka yang sering berselancar di internet, biasanya sudah begitu familiar dengan internet, tetapi ketika ditanya apa yang dimaksud dengan internet? Maka belum tentu para pemakai media sosial dan pembaca media berita online itu paham kan? Nah, apalagi dengan mereka generasi tua yang tidak terlalu dengan internet bahkan malah tidak paham manfaat internet.

Bagi kalangan yang setiap hari berkutat dengan internet, atau para pemula yang sedang belajar manfaat internet, maka akan lebih baik membaca artikel manfaat internet ini sampai habis. Internet adalah singkatan dari bahasa inggris yaitu interconnection networking, yang jika diartikan secara harfiah adalah keterpaduan seluruh jaringan komputer menggunakan jaringan khusus yang disebut dengan TCP atau Internet protocol.

Kamu mesti sudah pernah baca artinya IP address bukan? Nah IP address adalah alamat masing-masing komputer yang terhubung dalam transmission control protocol (TCP) ke seluruh dunia. TCP sendiri adalah jaringan paket yang berguna melakukan switching (pertukaran data) di antara miliaran data dan komputer di seluruh penduduk dunia.

Jadi bisa disimpulkan, internet adalah jaringan komputer yang tergabung ke dalam jaringan protokol global yang berguna dalam pertukaran data dan pertukaran informasi. Namun, walaupun demikian, pada awalnya penemu internet yaitu Departemen Pertahanan Amerika tidak bertujuan untuk melakukan pertukaran data secara global.

Penemu internet departemen pertahanan amerika saat itu hanya berusaha menggabungkan perangkat software dan hardware yang berbasis UNIX (sebuah nama sistem operasi) agar bisa terhubung tanpa menggunakan saluran telepon. Proyek ini dikerjakan pada tahun 1969 dalam sebuah riset bernama ARPA atau biasa disebut dengan Advanced Research Project Ager Network).

Proyek riset Departemen Pertahanan Amerika Serikat ini kemudian dikembangkan untuk sistem jaringan komunikasi antara komputer seamerika dan bahkan menjadi sistem jaringan pertahahan, sebelum akhirnya oleh beberapa peneliti diubah menjadi jaringan komputer global yang bisa kita nikmati hingga saat ini.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Manfaat internet sendiri awalnya digunakan sebagai jaringan data antar komputer di lembaga khusus di amerika serikat, misalnya dari dan antar departemen pertahanan. Kala itu namanya belum internet, masih disebut dengan intranet, nah intranet sendiri masih bisa dipakai hingga sekarang misalnya dalam jaringan lingkungan kantor saja untuk absensi atau untuk kontrol dokumen (ini biasanya dinamakan intranet).

Sementara manfaat internet secara global terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada awal kelahirannya internet di amerika, orang orang juga masih bertanya-tanya apa itu yang dimaksud dengan internet. Mereka baru memahami manfaat internet ketika perusahaan teknologi meluncurkan untuk pertama kalinya mesin pencari, misalnya Yahoo dan Microsoft.

Mesin pencari sebagai manfaat awal internet ini digunakan untuk menghubungkan dari satu komputer ke komputer lain, pada waktu itu masih dalam sarana lingkup satu kantor, kemudian berkembang menjadi satu negara dan berkembang menjadi satu dunia.

Manfaat internet ini juga terus berkembang seiring dengan lahirnya electronic mail (email), perusahaan teknologi yang telah mengembangkan mesin pencari kemudian menawarkan email, menawarkan situs berita, dan mulailah manfaat internet masuk ke dalam bisnis sejak Amazon, website penjual buku kala itu bersama Ebay (sistem jual beli online) mulai menjajaki internet.

Nah, sejak saat itu internet yang dari awalnya bersifat eklsklusif (hanya untuk keperluan internal departemen pertahanan), mulai berhasil digunakan sebagai mesin berbisnis dan mesin politik, apalagi semenjak kampanye-kampanye di amerika serikat menggunakan internet dan facebook, hingga kini manfaat internet di Indonesia pun masih sering mengekor perkembangan internet di amerika serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *