apa itu kata kunci

Mengenal Pentingnya Apa Itu Kata Kunci dalam Internet Marketing

Posted on

Apa Itu Kata Kunci – Pernakah anda mendengar istilah apa itu kata kunci secara sekilas? Mungkin untuk mereka yang belum pernah berkecipung di dunia internet marketing atau digital marketing akan memahami bahwa pengertian kata kunci hanya sebatas dengan password saja. Secara sederhana memang betul dan tidak salah, akan tetapi apa itu kata kunci telah mengalami revolusi yang cukup mencengangkan dalam sepuluh tahun terakhir.

Kata kunci awalnya hanya dipahami sebagai password, atau akses seseorang untuk memasuki sebuah ruangan, atau sebuah ruangan digital yang telah terenkripsi. Jadi secara sederhana kata kunci adalah pintu pembuka untuk memasuki jaringan internet, jaringan akses data atau sebuah ruangan. Dan itu adalah pengertian kata kunci secara konservatif.

Baca juga ” Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris Secara Tematik

Sementara pada beberapa sektor, kata kunci dapat dipahami sebagai link penghubung untuk memasukkan sebuah data ke dalam data yang sama, misalnya dalam sektor penerbitan jurnal dan buku, maka apa itu kata kunci akan menjadi landasan dalam mengelompokkan sebuah data ke dalam data yang sama. Jika sebuah jurnal meneliti tanaman pakis, maka kata kunci yang digunakan untuk mengelompokkan menggunakan kata kunci: pakis, dan beberapa kata kunci lainnya.

Memasuki dunia internet marketing, pengertian kata kunci kemudian bergeser menjadi brand (merek) dan juga alat bantu untuk mempromosikan bisnis dan juga menemukan produk internet marketing yang kita cari. Penggunaan apa itu kata kunci kemudian berubah dari sekedar keyword pengelompokan dan akses kepada sebuah dokumen menjadi alat promosi internet marketing.

Bagaimana kata kunci benar benar menjadi sebuah “merek” dagang dalam dunia internet marketing? Contoh nyatanya adalah begini, apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata air mineral? Mungkin yang terbesit di kepala anda keluar beberapa merk nama air mineral seperti aqua dan le mineral. Lalu, apa yang akan anda bayangkan ketika membahas sebuah mesin pencari, apa yang keluar? Pastinya google kan? Nah inilah yang disebut dengan kata kunci dalam merek di dalam dunia internet marketing.

Baca Juga:  Mau Belajar Cara Membuat Blog? Ikuti 7 Langkah Mudah Ini

Pengembangan pengertian kata kunci dalam internet marketing kemudian diperluas dalam bisnis digital marketing, search engine optimization untuk berdagang, berbisnis dan bahkan untuk menaikkan promosi sebuah produk. Contoh-contoh penggunaan kata kunci dalam bisnis ini bisa anda temukan ketika mengetikkan sebuah kata kunci dalam mesin pencari, maka akan keluar banyak produk dan produk teratas biasanya produk yang telah berhasil memainkan penggunaan kata kunci dalam dunia internet marketing.

Mari kita coba bahas lebih spesifik, ketika anda mengetikkan di google “obat masuk angin”, maka bisa dipastikan mayoritas search engine akan merujuk pada bentuk produk “tolak angin”. ini bukan berarti sebuah mesin pencari dibayar oleh tolak angin. Melainkan karena kata kunci “tolak angin” telah didesain untuk dipertemukan dengan kata kunci “obat masuk angin”, sampai sini sudah paham ya?

Nah, inilah kegunaan apa itu kata kunci dalam dunia internet marketing dan digital marketing, menjadi alat bantu untuk memasarkan sebuah produk, sebuah misi perusahaan, misi seorang blogger, bahkan misi seorang politisi, dan bahkan disisi lain misi untuk menemukan pencarian yang tepat.

Bagaimana cara kerja sebuah kata kunci dalam digital marketing? Kita perlu membedakan dalam dua ranah kerja yang berbeda. Ranah kerja pertama adalah manfaat kata kunci untuk memasarkan sebuah produk, mengembangkan misi sebuah perusahaan dan menjadi alat bantu memperkenalkan produk. Sementara ranah kerja kedua adalah menemukan produk yang kita cari.

Bagaimana cara kerja apa itu kata kunci untuk ranah kerja pertama? Kita akan uraikan dalam tahap-tahap operasional kerja berikut ini:

Pertama, anda ditugaskan untuk memasarkan produk “jamu herbal diare”, lalu mempelajari search engine optimization (seo) untuk memasarkan produk ini di dalam internet marketing. Proses ini dinamakan dengan riset awal.

Baca Juga:  Apa itu digital marketing? Strategi penjualan yang bisa melejitkan omset usaha anda.

Kedua, anda mulai mencari kata kunci populer yang digunakan dalam mesin pencarian, misalnya menggunakan google keyword atau google ads dan atau website-website gratis pelacak kata kunci di internet. Website ini akan memberikan data ratuan kata kunci yang sering diakses oleh masyarakat dunia di internet. Anda bisa mencari lebih spesifik seperti berapa banyak kata kunci “jamu diare”, “jamu herbal diare” dan “jamu obat diare” untuk mendekatkan dengan target konsumen anda. Proses ini dinamakan dengan riset mendalam.

Ketiga, anda mulai mendesain program promosi dalam bentuk wesbite, akun instagram, facebook dan beberapa poster untuk sarana promosi kata kunci “jamu herbal diare”. setelahnya anda bayar google ads untuk mempromosikan produk anda dengan link terhubung ke website anda (landing page), akun instagram dan akun facebook yang sudah tersedia seluk beluk mengenai produk anda.

Keempat, ketika semakin banyak anda beriklan dengan kata kunci anda, atau semakin banyak anda melakukan promosi di media sosial dan membuat artikel-artikel di website, maka potensi orang yang mencari kata kunci “jamu herbal diare” untuk masuk ke dalam website anda akan semakin besar.

apa itu kata kunci

Kelima, selanjutnya mereka yang masuk ke dalam website atau akun anda akan membeli jamu herbal yang telah anda promosikan. Ini adalah cara kerja penggunaan apa itu kata kunci dalam proses digital marketing pada ranah kerja pertama.

Pada ranah kerja kedua, dibalik bahwa anda sedang mencari kata kunci tertentu untuk produk tertentu. Misalnya adalah anda mencari kata kunci “les bahasa korea di jogja”, maka anda bisa mengetikkan kata kunci yang berbeda-beda untuk menemukan tempat les yang bervariasi, seperti “les korea jogja”, “les bahasa korea di jogja”, “les bahasa korea jogja” atau kata kunci yang agak lebih panjang “les bahasa korea murah di jogja”.

Baca Juga:  Empat Aplikasi Pemotong Video Online

Pencarian apa itu kata kunci yang telah anda ketikkan di mesin pencari akan otomatis mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Ini tergantung dengan seberapa sering produk tersebut diiklankan atau seberapa sering pemilik les lesan mendapat kunjungan dari internet secara massif. Jadi ketika anda mengetikkan kata kunci di mesin pencari, biasanya website yang tampil pada sepuluh baris pertama adalah yang sering mendapat kunjungan dan sering beriklan juga.

Prosedur penggunaan kata kunci dalam internet marketing tidak hanya dipakai di dalam mesin pencarian website saja, tetapi juga bisa digunakan di media sosial seperti facebook dan instagram. Namun di dalam media sosial, kata kunci disebut dengan hastag. Jadi ketika anda berusaha mempromosikan sebuah produk, semakin banyak hastag yang anda buat untuk menakkan rating produk anda akan semakin berpengaruh. Hal ini juga sama ketika anda mencari produk tertentu di media sosial biasanya menggunakan mesin pencarian atau menggunakan hastag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *