Apa itu SAT ? Berikut penjelasannya

Posted on

Apa itu SAT – Ketika kamu ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta pasti ada tahap yang harus dilalui berupa tes. Entah itu tes tulis, tes lisan, maupun tes-tes lainnya yang terkadang tes tersebut baru pertama kali mendengar dan melihat.

Sebelumnya benar-benar tidak tahu dengan tes tersebut. Pusing? Tentu saja. Untuk sebagian orang, ketika mengenal hal baru harus melakukan adaptasi dan proses dari adaptasi tersebut (walaupun hanya pada tes) membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  Ujian SAT Test Adalah Terbagi Menjadi 2 Tipe, Apa Sajakah Itu?

Tes untuk masuk perguruan tinggi baik dalam negri maupun luar negri kini sudah sangat berkembang pesat. Mengapa dikatakan seperti itu? Tes ini sudah mulai beraneka ragam jenisnya. Setiap tes memiliki tugas yang berbeda walaupun ada beberapa tes yang meneliti aspek yang sama.

Bukan hanya mengenai aspek yang dinilai, tetapi cara mengerjakannya layaknya serupa tapi tak sama. Tes juga sering mengalami evaluasi sehingga ada beberapa tes yang selalu diperbaharui agar bisa mencapai standar yang diinginkan.

Lantas apa saja tes tersebut? Setelah sebelumnya di bahas mengenai GRE, kali ini tes selanjutnya yang biasa digunakan untuk tes perguran tinggi bertaraf internasioal adalah SAT. Secara teknis banyak yangn menyebutkan bahwa GRE dan SA tidak jauh berbeda.

SAT  adalah singkatan dari Scholastic Aptitude Test adalah sebuah tes dengan standar internasional yang diperlukan oleh seseorang dan digunakan untuk mengukur penguasaan materi yang sudah dipelajari dan sebaik apa orang tersebut dapat menerapkan ilmu pengetahuannya tersebut.

Baca Juga:  Ujian Persiapan SAT Test Indonesia Wajib Anda Ikuti

Apakah semua perguruan tinggi menggunakan tes tersebut?

Yang jelas, Indonesia sepertinya belum menjadikan tes ini sebagai standar. Tes SAT ini sering digunakan di perguruan tinggi internasional seperti di negara Inggris dan Amerika Serikat. Jadi tidak heran jika masih terasa asing, atau mungkin yang mengetahui tes SAT ini hanya orang-orang tertentu.

Lalu seperti apa sebenarnya SAT?

Ciri khas dari tes SAT ini digunakan untuk menilai mengenai pengetahuan tentang membaca kritis, menulis, dan keterampilan matematika yang sudah pernah dipelajari sebelumnya. Tes SAT semacam tes pengulangan pelajaran dan ilmu pengetahuan.

Struktur pada tes SAT dengan tes yang sebelumnya tidak jauh berbeda. Tes SAT ini digunakan untuk mengukur sejauh mana seseorang mengingat dan paham tentang pengetahuan yang pernah dipelahjarinya, dan mampu atau tidaknya orang tersebut menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari.

Tes SAT ini terdiri dari tiga bagian. Lebih jelasnya, akan dijelaskan secara singkat mengenai tes SAT ini, sebagai berikut :

  • Critical Reading

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tes SAT ini memiliki ciri khas yaitu tentang pengulangan ilmu pengetahuan yang pernah dipelajari salah satunya dalam membaca.

Namun  dalam tes SAT ini bukan membaca seperti biasa, tapi di dalam tes ini critical reading ini digunakan untuk mengukur kemampuan memahami soal-soal setingkat akademi yang tertulis dalam bahasa inggris.

Bentuk dalam tes ini yaitu dengan mengisis kalimat dengan kata yang tepat atau kata-kata untuk menjawab pertanyaan yang menunjukkan pemahaman dalam membaca cerita pendek dan cerita panjang.

  • Matematika

Hampir di setiap tes, materi tentang matematika akan selalu ada. Dalam tes SAT ini  bertujuan untuk mengukur seberapa baik menganalisa dan keterampilan dalam memecahkan masalah yang nantinya akan dibutuhkan ketika melalui masa-masa di universitas. Bentuk soal yang harus diawab berupa pertanyaan aljabar, fungsi linear, geometri, dan analisis data.

  • Menulis

Bentuk soal dalam tes ini adalah mencakup pertayaan-pertanyaan pilihan ganda yang digunakan untuk menguji seberapa baik standar menulis dalam bahasa inggris. Tidak hanya itu, seseorang yang melakukan tes ini akan diminta untuk membuat esai singkat. Pertanyaan pilihan ganda pada bagan tes ini digunakan untuk menhukur kemampuan dalam mengidentifikasi kesalahan kalimat, memperbaiki kalimat, dan meningkatkan kualitas paragraf.

Tes SAT merupakan salah satu tes yang diwajibkan di negara Amerika Serikat, sehingga bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikannya di Amerika pasti akan bertemu dengan tes ini dan tes ini juga menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris.

Seperti yang sejak awal dijelaskan bahwa tes ini adalah tes yang berstandar internasional jadi wajar saja jika harus menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. Seseorang yanng ingin melakukan tes ini adalah seseorang yang secara bahasa pun sudah mampu.

Untuk tes SAT di Indonesia sudah banyak orang yang tahu dan tersebar di beberapa kota besar. Seiring dengan perkembangan zaman dan berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi.

Membuat peminat dalam sekolah lanjutan di bidang bisnis ikut bertambah dan bisa saja tempat untuk melakukan tes tersebut sudah mulai tersebar semakin luas khususnya di wilayah Indonesia. Jadi, untuk tes SAT tingkat kesulitannya adalah harus menikuti standar akademi di Amerika, walaupun hampir semua tahu tentang SAT.

Bagi anda yang masih bingung dengan Tes SAT Preparation, silahkan simak artikel berikut : Ingin Masuk Perguruan Tinggi? Namun Bingung Dengan Tes SAT Preparation?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *