Apa itu SEO

Apa itu seo? Mengenal Strategi Pemasaran di Internet

Posted on

Apa itu seo – Bagi anda yang telah lama berkecipung di dunia internet atau dunia pemasaran digital internet pastinya telah mengenal apa itu seo bukan? Sementara bagi anda yang belum memahami, tenang saja, konsep apa itu seo sangat mudah dipahami oleh pemula. Bahkan oleh anak usia sekolah menengah saja sudah bisa dipahami hanya dalam hitungan jam.

Konsep apa itu seo secara sederhana jika diterjemahkan adalah search engine optimization, dengan artian seo adalah suatu cara untuk mengoptimalisasi sebuha website agar tampil di halaman muka sebuah mesin pencari ketika diketikkan kata kunci oleh seseorang.

Baca juga “Ini Bedanya AM dan PM dalam Pergaulan Internasioal “

Jadi gampangannya adalah, apa itu seo, merupakan sebuah cara agar website anda bisa terpampang di halaman pertama mesin pencari (entah google, yahoo atau bing). dan kenapa apa itu seo sering disebut dan didekatkan dengan pemasaran internet? Karena biasanya yang mempelajari dan mempraktekkan apa itu seo biasanya adalah pengusaha dan pebisnis.

Eits tetapi tenang saja, bagi anda yang bukan kalangan pengusaha dan pebisnis, ilmu apa itu seo akan sangat bermanfaat bagi anda yang masih awal mengembangkan sebuah website, blog atau bahkan mengembangkan jejaring media sosial, karena pada nantinya jejaring media sosial ini akan di ikat dengan website-website kita.

Konsep seo sendiri muncul karena adanya logaritma dalam pencarian mesin pencari, untuk memahami apa itu seo secara mendasar anda harus tahu cara kerja mesin pencari karena ini adalah kata kunci utamanya untuk memenangkan persaingan di dunia per-seo-an di jagat internet yang sangat luas.

Logaritma mesin pencari adalah mengindeks, atau mencari kata kunci yang diketikkan dengan mencari ratusan, ribuan hingga puluh ribuan website, blog dan juga aplikasi. Nah, logaritma ini akan memunculkan pada halaman pertama, website-website yang mempunyai kedekatan, kemiripan atau menulis kata kunci tersebut. Selanjutnya pada ranking di halaman pertama akan diurutkan dari website yang sering dikunjungi banyak orang, dari bagian paling atas merupakan website yang paling sering dikunjungi untuk kata kunci tersebut, selanjutnya terus ke bawah sesuai dengan urutan.

Baca Juga:  Bingung buat logo? Gunakan 3 Aplikasi Pembuat Logo Secara Online

Apa itu SEO

Jika anda telah memahami logaritma mesin pencari ini, maka bisa diambil kesimpulan bahwa syarat mutlak sebuah website untuk bisa tampil di halaman muka sebuah mesin pencari adalah adanya kata kunci yang presisi, sering dicari publik, sesuai dengan tema website anda dan juga sering dikunjungi oleh pengunjung di internet.

Jadi, kerja mesin pencari hanyalah menyodorkan website yang dicari oleh sebuah “kata kunci” yang diketikkan, kemudian mesin pencari akan mengurutkan. Tugas anda selanjutnya adalah mencari kata kunci yang sering diketikkan pada minggu atau bulan tersebut agar bisa anda tulis di website anda. Lalu bagaimana caranya?

Nah, ini adalah tahapan selanjutnya untuk memahami apa itu seo, setelah memahami cara kerja mesin pencari, selanjutnya anda perlu memahami cara kerja melihat keyword yang populer, anda bisa menggunakan fasilitas google keyword atau ubersuggestion untuk melihat kata kunci yang sedang populer pada jam, hari, minggu dan bahkan bulan tertentu.

Lalu bagaimana kerjanya? Tugas anda adalah menulis artikel yang sesuai dengan kata kunci mesin pencari populer yang sedang booming, inilah mengapa apa itu seo sangat bermanfaat bagi pengusaha dan pebisnis. Karena mereka bisa mengindeksakn sebuah kata kunci yang sedang populer di mesin pencari dengan artikel produk bisnis mereka.

Misalnya di bulan oktober terdapat pencaran 5000 kali, berjudul “kafe kopi jakarta”, maka para pengusaha dan pebisnis ini akan memproduksi ratusan artikel dengan tema kata kunci “kafe kopi jakarta”, “jakarta kopi kafe” atau sebaliknya “jakarta kafe kopi”, tujuan utamanya adalah agar para pencari kata kunci tersebut mampir di website mereka dan kebetulan website mereka adalah website mengenai kafe kopi di jakarta. Sampai sini sudah paham kan apa itu seo secara sederhana?

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

Cara kerja apa itu seo modern ini kemudian diadaptasi dalam bentuk tagar di instagram, twitter dan juga facebook, dibandingkan dengan facebook, tagar lebih ampuh diterapkan di twiter dan instagram, para penjual produk akan mengetikkans sebuah tagar yang populer agar postingan mereka masuk ke dalma daftar produk yang sedang dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *