Apa itu Spam? Mengenal Jenis-Jenis Spam di Internet

Posted on

Apa itu Spam – Pernah mendengar kalimat-kalimat umpatan kepada orang-orang yang ada di tongkrongan, kata kata seperti “spammer” sering kali dilontarkan. Lalu apa sebenarya spammer itu, spammer sendiri merupakan kata yang diambil dari kata spam. Apa itu spam? Spam bisa juga diartikan sampah atau setidaknya disebut sebut sebagai berpotensi sampah.

Apa itu spam? Istilah ini sebenarnya berawal dari meledaknya internet di era tahun 2000-an di Indonesia, sementara di luar negeri beberapa tahun lebih awal. Orang orang menjadi heboh, euforia dan terus menerus menggunakan internet sebagai sarana untuk menjalankan bisnis dan kepentingan. Penggunaan internet yang berlebihan inilah yang disebut dengan “overused” dan mengakibatkan terciptanya “spam” diberbagai kanal dan jejaring media internet.

Misalnya spam yang paling kentara adalah dengan meledaknya internet, timbulnya marketing online yang mengajari iklan di internet lebih menjual ketimbang iklan di koran fisik. Maka para pengusaha, pedagang dan orang-orang bermigrasi untuk berinvestasi sebanyak-banyak beriklan di internet. Mereka memasang iklan baris dimana saja, dan bahkan terus menerus membombardir seluruh email masyarakat dengan iklan-iklan mereka.

Bombardir ini tidaklah sesekali, bahkan setiap hari mereka akan mengirim email iklan, layanan produk dan bahkan informasi-informasi yang tidak penting.. Selain email, spam juga sering menghampiri pesan singkat sms dengan dibanjirinya promo-promo iklan dan layanan produk yang terus menerus.

Pengertian apa itu spam kemudian semakin diperhatikan ketika spam yang berbentuk sampah terus menerus mengganggu. Salah satu hal yang diperhatikan para vendor internet adalah dengan menyiapkan fitur penangkal spam, misalnya email google (gmail) membuat kotak sendiri untuk mengarahkan email spam masuk ke dalam kotak spam, nantinya para pemilik bisa mengecek apakah ini termasuk kategori spam atau bukan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Lemot

Lalu bagaimana google memilah milah email yang dimaksud spam atau bukan? Robot google akan mendeteksi sebuah email yang dikirim secara rutin, terus menerus dan bahkan dikirimkan menggunakan mesin juga akan dikategorikan spam. Jadi bagi anda yang berlangganana milis-milis penting atau milis alumni tertentu, anda bisa mensetting agar email-email dari milis bisa dikecualikan dari spam.

Selain spam email, para vendor internet juga semakin rajin menyisir spam-spam yang berteberan di internet setelah ditemukan kasus spam disisipi sebuah malware (virus). apa itu spam yang disisipi malware? Biasanya spam seperti ini terjadi pada spam iklan berbentuk banner. Pernahkah anda membuka sebuah website dan ternyata langsung pop-up banyak sekali banner-banner iklan, lalu tanpa sengaja anda mengklik satu bannernya dan masuk ke wesbsite tertentu.

Pop-up pop-up tertentu yang banyak sekali dalam sebuah website bisa dikategorikan sebagai salah satu spam terbanyak yang menjadi media perantara virus (malware) yang berpotensi merusak file dan komputer anda. Para vendor internet akhirnya menyiapkan penangkal anti-malware, anti-pop-up dan bahkan ad-blocker.

Pada pengertian apa itu spam maka tiga penangkal ini sangat jitu sekali jika anda ingin memasangnya di browser (mesin pencari). anti-malware akan otomatis menyaring iklan-iklan banner, iklan baris dan bahkan email email spam yang berpotensi ditumpangi oleh virus malware.

Sementara anti pop-up akan otomatis membersihkan website yang anda kunjungi langsung bersih dari iklan-iklan pop up yang selalu muncul di layar depan dan mengganggu kenyamanan anda membaca dan berselancar. Selain itu juga, salah satu yang memiliki manfaat paling besar adalah ad-blocker.

Ad-blocker bisa juga dipasang di browser anda, tujuan utamanya adalah menghadang, memblok munculnya semua iklan di website yang anda kunjungi. Ad-blocker ini juga berperan dalam menghemat kuota karena salah klik iklan atau loading iklan video yang akan menyedot kuota data anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *