Aupair adalah Cara Tercepat Menguasai Bahasa Asing

Posted on

Aupair adalah – Ingin menguasai lebih dari dua bahasa? Kamu bisa memilih bahasa ketiga dengan menjadi aupair. Tidak tanggung-tanggung, mempelajari bahasa ketiga ini bisa dilakukan di negara asalnya. Belajar bahasa asing dari negara tersebut berasal tentu akan mempercepat penyerapannya.

Jika kamu adalah wanita atau pria yang berumur 18 hingga 30 tahun maka kesempatan untuk menjadi aupair masih terbuka lebar. Bahasa apa saja yang ingin kamu kuasai? Perancis, Jerman, Inggris, Belanda, Italia semua bisa dipelajari dengan mudah.

Tidak sedikit juga wanita atau pria asal Indonesia yang mengambil program aupair untuk bisa belajar bahasa Jerman dan Perancis. Persiapan juga wajib dilakukan karena mengikuti program ini mewajibkan kamu paling tidak menguasai bahasa dasar dari negara yang dituju.

Aupair adalah Cara Tercepat Menguasai Bahasa Asing

Apa itu Aupair dan Keuntungannya Bagi Dua Belah Pihak

Jadi apa itu aupair dan apa keuntungannya mengikuti program ini untuk menguasai bahasa asing? Aupair adalah program yang dicanangkan oleh beberapa lembaga dan sudah diakui oleh pemerintah.

Program ini memberikan kesempatan kepada siapa saja yang masih berumur 18 hingga 30 tahun untuk tinggal di negara asing dan menjadi perawat anak-anak. Bukan di lembaga khusus seperti panti asuhan namun di sebuah keluarga yang memiliki anak-anak untuk diasuh.

Kebutuhan pengasuh untuk anak-anak sendiri sangat mahal jika harus mempekerjakan pengasuh dari negara mereka. Maka keluarga ini mencari pengasuh yang berasal dari negara lain untuk mengurangi biaya.

Tenang saja, tugas untuk aupair berbeda dengan banyak pengasuh lainnya. Jadi aupair adalah program yang menguntungkan kedua belah pihak baik itu pengasuh dan keluarga yang membutuhkan.

Keluarga yang membutuhkan aupair akan mendapatkan keuntungan seperti anak-anak mereka terjamin kegiatannya sehari-hari mulai dari makan, antar jemput sekolah dan teman bermain di rumah. Selain itu keluarga juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pengasuh pada umumnya.

Baca Juga:  Kursus Bahasa Jerman di Serpong Berpengalaman

Sedangkan keuntungan bagi aupair sendiri sangat banyak yaitu sebagai berikut ini :

  • Mempelajari bahasa asing. Bahasa mana yang ingin dikuasai maka kamu bisa memilih negara yang membutuhkan aupair. Kebanyakan negara yang membuka program ini adalah negara di Eropa.
  • Mengenal budaya lebih dekat. para aupair dari Indonesia atau negara Asia lainnya bisa mengenal lebih dekat dengan budaya asing. Budaya ini tentunya akan melekat selama tinggal di sana.
  • Kesempatan tinggal selama 6 atau 12 bulan. Aupair akan tinggal di negara yang membutuhkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Kamu bisa belajar bahasa sesuai keinginan dalam kurun waktu tersebut.
  • Tempat tinggal, asuransi dan transportasi terjamin. Keluarga yang membutuhkan aupair akan menjamin semua akomodasi dan transport. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya hidup selama di sana.
  • Mendapatkan uang saku, sudah bisa belajar bahasa asing dengan gratis kamu juga akan mendapatkan upah selama bekerja. Masing-masing negara di Eropa memiliki kebijakan yang berbeda mengenai upah ini. Rata-rata upah yang akan didapatkan adalah 300 euro hingga 500 euro.
  • Mendapatkan waktu libur, pada perjanjian kontrak awal kamu akan mendapatkan waktu libur di akhir pekan. Jika keluarga membutuhkan di waktu akhir pekan maka mereka akan mengganti hari libur di hari berikutnya.

Setelah mengenal apa itu Au Pair , mengikuti program au pair tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak.

Au pair sendiri harus mengenal tugas dan tanggung jawab mereka selama tinggal di sana. Semua sudah tersedia dalam kontrak namun alangkah baiknya untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab sebelum mengikuti program ini.

  • Membantu menyiapkan makan untuk anak-anak dan juga snack
  • Membantu anak untuk menggunakan pakaian dan bersiap untuk sekolah
  • Membantu anak untuk mengikuti aktivitas sekolah dan antar jemput
  • Menemani anak untuk bermain
  • Membantu anak untuk belajar di rumah dan mengerjakan tugas sekolah
  • Memastikan kamar anak selalu bersih
  • Membantu anak untuk tidur
Baca Juga:  Struktur dan Contoh Perkenalan Bahasa Jerman Sederhana

Inilah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang aupair sesuai jam kerja yang telah ditentukan.

Syarat Au Pair yang Harus Dipenuhi

Jika kamu benar-benar berminat untuk menjadi aupair maka penuhi syarat-syaratnya memulai dari sekarang. Berikut ini apa saja syarat Au Pair yang harus dipenuhi.

  • Belum menikah dan memiliki anak
  • Masih berusia 18 hingga 30 tahun atau sesuai usia yang dibutuhkan
  • Memiliki sertifikat penguasaan bahasa dasar sesuai negara yang dituju
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  • Surat keterangan bebas dari catatan kriminal
  • Memiliki surat izin mengemudi dan bersedia mengikuti tes mengemudi bagi yang belum memiliki
  • Bersedia mengikuti kontrak yang diajukan sesuai dengan waktu yang ditawarkan
  • Mempersiapkan biaya untuk visa

Penuhi kedelapan syarat di atas khususnya untuk kemampuan bahasa asing dasar. Jika negara yang kamu tuju adalah Jerman maka sertifikat B1 atau B2 dibutuhkan. Kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang melalui program persiapan aupair di virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *