Mengapa Memilih Ausbildung untuk Pergi Ke Jerman?

Posted on

Ausbildung – Apa saja program yang tersedia untuk bisa membawamu ke Jerman dan tinggal di sana untuk beberapa tahun? Pemerintah Jerman sangat terbuka soal orang asing yang akan masuk ke negara mereka mulai dari tujuan wisata dan pendidikan. Mereka tidak akan mempersulit kedatanganmu ke Jerman jika syarat-syarat yang dibutuhkan telah dilengkapi.

Dunia pendidikan adalah penyumbang terbesar untuk orang asing bisa masuk di Jerman. Ada banyak program pendidikan yang menarik untuk diikuti salah satunya adalah ausbildung. Bagi kamu yang tidak ingin belajar terlalu banyak teori bisa mengikuti program ini.

Pemerintah Jerman sangat memikirkan keberlangsungan masyarakat mereka yang siap di dunia kerja. Hal inilah yang membuat program ausbildung diciptakan sebagai alternatif sekolah di universitas. Bahkan program ini tidak hanya diperuntukan masyarakat Jerman namun untuk orang asing.

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di Jerman dan siap untuk bekerja bisa mengikuti program ini. Bisa dikatakan hampir 80% dari proses belajar dilakukan di kantor atau perusahaan yang tersedia untuk program ausbildung.

Tidak sedikit orang Indonesia yang mengikuti program setingkat dengan D3 ini. Bahkan jika nilai kamu cukup baik dan ingin melanjutkan ke universitas masih terbuka lebar.

Keuntungan Mengikuti Ausbildung di Jerman

Apa alasan kamu memilih program Ausbildung? Tentu saja alasannya untuk siap bekerja dan mendapatkan etos kerja yang tinggi. Mengingat masyarakat Jerman selalu memberikan etos kerja tinggi dengan kedisiplinan yang perlu ditiru.

Keuntungan mengikuti program ausbildung adalah alasan utama yang bisa membawamu ke Jerman. Berikut ini apa saja keuntungannya.

Jika kamu diterima di program Ausbildung maka tidak ada uang lebih yang diperlukan untuk mengurus visa. Kamu hanya perlu memberikan surat bahwa telah diterima dalam program Ausbildung kepada pihak imigrasi.

Baca Juga:  Kenali 2 Jenis Visa Jerman Ini

Memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan yang berpartisipasi dalam program Ausbildung. Karena kamu telah mengikuti program kerja maka kesempatan untuk diterima sebagai pegawai lebih tinggi.

Jika kamu mendapatkan nilai C+ setelah program selesai, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kamu bisa merasakan bagaimana rasanya bekerja bahkan ketika belum lulus. Materi teori yang lebih sedikit memberikanmu kesempatan yang tinggi untuk merasakan bagaimana bekerja secara profesional.

Waktu pendidikan yang ditempuh lebih singkat mengingat masa praktek yang lebih padat. Kamu hanya perlu menyelesaikan program ini dalam kurun waktu 3 tahun.

Mendapatkan upah selama praktek kerja, program ini juga memberikan upah berupa uang saku per bulannya. Biasanya upah ini juga akan menjadi salah satu syarat untuk bisa mendapatkan visa di Jerman.

Sebelum memilih untuk mengambil program ini, ketahuilah bahwa pada dua jenis program Ausbildung yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman. Jenis pertama Ausbildung adalah Duale Ausbildung yang akan ditempuh sekitar 2 hingga 3,5 tahun.

Pada program Duale Ausbildung ini kamu akan mengikuti tiga minggu teori dan sisanya bekerja di perusahaan. Ketika bekerja kamu akan langsung praktek dari teori yang telah disampaikan di kelas. Jika mengikuti program ini maka kamu bisa mendapatkan gaji bulanan sekitar 950 hingga 1200 euro.

Program yang kedua adalah Schulische Ausbildung, program ini akan menghabiskan teori dan praktek sama merata. Hanya saja kamu tidak akan mendapatkan upah karena praktek kerja ini berbentuk praktikum di lembaga.

Syarat Ausbildung Jerman yang Harus Dilengkapi

Kini saatnya mempersiapkan apa saja syarat yang diperlukan untuk mengikuti program Ausbildung. Kebutuhan yang utama adalah visa, untuk mendapatkan visa kamu bisa datang ke kedutaan besar Jerman di Jakarta atau ke pihak imigrasi jika kamu berada di Jerman.

Baca Juga:  Raih Masa Depan Cerah Dengan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Cukup menyerahkan bukti surat penerimaan Ausbildung dan menunggu surat tersebut disetujui. Jika kamu belum diterima maka kamu harus melamar terlebih dahulu untuk bisa masuk ke program Ausbildung.

Syarat lengkap yang dibutuhkan untuk melamar adalah lamaran kerja lengkap disertai dengan surat motivasi. Surat ini tentu saja ditulis dalam bahasa Jerman.

Selain itu dibutuhkan juga sertifikat bahasa Jerman yang membuktikan kamu menguasai bahasa Jerman. Karena semua materi dan ujian akan disampaikan dalam bahasa Jerman. Sangat penting perusahaan untuk mengetahui bahwa kamu siap menerima pelajaran dengan bahasa Jerman.

Nah bagi kamu yang ingin bisa mahir bahasa Jerman agar bisa masuk ke program Ausbildung, sebaiknya belajar bahasa Jerman sekarang melalui virtueducation.org. Kamu juga bisa mengikuti program khusus untuk persiapan Ausbildung di sana, berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *