bahasa perancis dasar

4 Pertanyaan Yang Muncul Saat Belajar Bahasa Perancis Dasar

Posted on

Bahasa Perancis Dasar – Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi yang perlu anda ketahui mengenai bahasa Perancis serta bagaimana cara mulai mempelajari bahasa yang sangat indah ini. Jika salah satu dari beberapa pertanyaan di bawah ini pernah terlintas di pikiran, maka anda harus membaca artikel ini.

bahasa perancis dasar

1. Mengapa harus belajar bahasa Perancis?

Ada banyak alasan yang membuat seseorang belajar bahasa Perancis. Mungkin anda akan tinggal di Perancis, atau sekedar mengunjungi perancis maupun negara berbahasa Perancis dalam waktu singkat, atau mungkin atasan anda adalah penutur asli bahasa Perancis. Apapun alasannya, anda harus semangat.

Kenapa?

Karena bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan salah satu yang bermanfaat untuk dipelajari.

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Les Bahasa Perancis di Jakarta dan Biayanya

Bahasa Perancis telah menjadi bahasa global yang digunakan sebagai bahasa ibu bagi sekitar 110 juta orang. 29 negara di dunia dan juga berbagai organisasi dunia telah menjadikan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi.

Bahasa Perancis tidak hanya digunakan di Perancis, tapi juga di Belgia, Swiss, Kanada, AS dan di banyak bekas koloni Perancis di Afrika. Jadi dengan mempelajari bahasa Perancis, berarti anda membuka peluang bagi diri anda sendiri.

2. Apa fitur utama bahasa Perancis?

Pada bagian ini kita akan melihat fitur utama dari bahasa Perancis

Jenis kelamin atau gender dalam kosakata bahasa Perancis

Dalam bahasa Perancis, semua kata benda memiliki jenis kelamin, baik maskulin atau feminim. Ketika berbicara tentang orang, itu mudah. Seorang anak laki-laki maka masuk kelompok un garçon (maskulin), dan seorang anak perempuan masuk kelompok une fille (feminim).

Dalam banyak kasus, jenis kelamin biasanya hanya perlu diingat. Tapi jangan khawatir, ada banyak trik untuk membantu mengingat jenis kelamin dari kata benda yang berbeda-beda. Dan tidak perlu takut salah, karena kalaupun kita salah dalam menggunakan aturan jenis kelamin, orang Perancis tetap akan memahami yang kita sampaikan.

Konjugasi kata kerja bahasa Perancis

Seperti halnya dalam bahasa Inggris, bahasa Perancis juga mengenal konjugasi kata kerja. Konjugasi merupakan perubahan bentuk kata kerja yang mengikuti subjeknya. Misalnya dalam bahasa Inggris kita bisa mengatakan “I swim”, “you swim”, “he/she/it swims”

Dalam bahasa Perancis kita akan mengatakan “je nage”, “tu nages”, il/elle/on nage. Simple kan?

bahasa perancis dasar

Ejaan alfabet dalam bahasa Perancis

Alfabet bahasa Perancis sama dengan bahasa Inggris, tapi beberapa alfabet harus diucapkan dengan cara berbeda. Agar jelas, berikut ini cara pengucapan alfabet dalam bahasa Perancis

A (a) – B (be) – C (se) – D (de) – E (ɜ) – F (ɛf) – G (je) – H (ash) – I (i) – J (ji) – K (ka) – L (ɛl) – M (ɛm) – N (ɛn) – O (o) – P (pe) – Q (kyu) – R (ɛr) – S (ɛs) – T (te) – U (y) – V (ve) – W (duble ve) – X (iks) – Y (igrɛk) – Z (zɛd)

Khusus untuk huruf vokal “e”, ada 3 cara pengucapan

e : diucapkan “ay” seperti pada bahasa Inggris “day”
ɛ : diucapkan “e” seperti pada bahasa Inggris “set”
ɜ : diucapkan “a” seperti pada bahasa Inggris “about”

3. Apakah bahasa Perancis sulit dipelajari?

Bahasa Perancis sering disebut sebagai bahasa yang sulit dipelajari. Hal ini mungkin karena kita belum terbiasa dengan kosakata bahasa Perancis. Wajar saja karena memang bahasa Perancis tidak diajarkan di sekolah umum di Indonesia. Tapi sebenarnya bahasa Perancis tidak sulit, terutama bagi yang memiliki dasar bahasa Inggris sangat baik.

Ada sangat banyak kosakata sama dalam bahasa Inggris dan Perancis, sehingga kalau kita punya kemampuan bahasa Inggris baik, kita bisa mengambil dari kosakata bahasa Inggris. Beberapa kosakata umum dalam bahasa Inggris yang sama dengan bahasa Perancis diantaranya :

Bus = bus
Table = table
Reservation = reservation
Responsible = responsable

4. Apa cara terbaik agar lancar bahasa Perancis

Jika anda bertanya-tanya bagaimana cara belajar bahasa Perancis dasar, maka inilah yang bisa anda lakukan

Temukan penutur asli untuk diajak bicara
Dengarkan radio Perancis, menonton TV atau film berbahasa Perancis, usahakan tanpa terjemahan
Baca buku cerita berbahasa Perancis disertai gambar
Bergabung dengan grup pembelajar bahasa Perancis melalui situs online atau aplikasi smartphone

Baca Juga:  Fasih Bahasa Jerman Dalam 6 Bulan Dengan Kursus Bahasa Perancis

Berani bicara sejak hari pertama belajar adalah cara paling cepat dalam belajar bahasa Perancis. Kalaupun tidak ada komunitas bahasa Perancis, kita bisa berinteraksi dengan dengan teman dari seluruh dunia secara online.

Nah, demikian tadi 4 pertanyaan yang sering muncul ketika kita belajar bahasa Perancis dasar. Semoga artikel di atas membantu anda untuk belajar bahasa Perancis dasar dengan cara yang tepat. Ingin tahu lebih banyak mengenai cara pembelajaran bahasa Perancis? Kunjungi www.virtueducation.org.

Baca Juga:  7 Universitas Terbaik di Perancis dan Jurusannya yang Paling Diminati

Virtu Education merupakan konsultan pendidikan tinggi Eropa yang siap membantu para pelajar Indonesia untuk bisa kuliah di Eropa, termasuk Perancis, berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *