beasiswa jerman s2

Ini Caranya Kuliah S2 di Jerman dengan Beasiswa Jerman S2

Posted on

Beasiswa Jerman S2 – Mendapatkan kesempatan kuliah di Jerman merupakan sebuah prestasi yang bisa dibanggakan. Terlebih lagi jika kamu mendapatkan kesempatan kuliah S2 di Jerman melalui beasiswa. Namun, setiap beasiswa Jerman S2 memiliki persyaratan seperti persyaratan umum, persyaratan akademik, dan juga syarat keterampilan bahasa yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa.

Baca Juga:  Rekomendasi 4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

Nah, itu sebabnya para pemburu beasiswa harus mempersiapkan semua berkas dan persyaratan yang diminta sedini mungkin. Apabila masih ada berkas yang kurang, Anda masih memiliki waktu untuk melengkapinya.

Oleh karena itu Anda harus memulai mencari berbagai informasi beasiswa jauh – jauh hari sebelum Anda mendaftar beasiswa. Simak beragam beasiswa Jerman S2 berikut ini.

Beasiswa Jerman S2 yang Bisa Kamu Dapatkan Secara Gratis

Kuliah S2 di Jerman akan menjadi lebih ringan bahkan gratis dengan adanya beasiswa S2 Jerman, beberapa diantaranya yaitu:

• Beasiswa DAAD. DAAD (German Academic Exchange Service) menawarkan banyak beasiswa S2 Jerman, diantaranya ada PPGG dan EPOS. Kedua beasiswa kuliah S2 di Jerman ini memberikan berbagai tunjangan pada penerima beasiswa.

Beasiswa PPGG dikenal juga dengan nama Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance. Beasiswa PPGG secara rutin disediakan untuk jenjang S2 dan S3 bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca Juga:  Ingin Kuliah di Jerman? Ini Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

Selain PPGG, beasiswa dari DAAD lain yang populer adalah beasiswa EPOS. Beasiswa EPOS juga tersedia untuk kalian yang ingin melanjutkan S2 maupun S3 dengan durasi 12 – 24 bulan untuk program master. Beasiswa EPOS dikenal juga dengan nama Helmut – Schmidt Programme.

Nah, salah satu perbedaan dari beasiswa PPGG dan EPOS yaitu beasiswa PPGG terbuka untuk fresh graduate maupun yang sudah bekerja. Sedangkan beasiswa EPOS salah satu kriterianya adalah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.

• Beasiswa Heinrich Boll

Beasiswa Heinrich Boll terbuka untuk mahasiswa internasional yang akan melanjutkan pendidikan S2 dan S3. Beasiswa ini terbuka untuk semua program studi di Jerman. Beasiswa Jerman S2 ini memberikan tunjangan sekitar 850 Euro tetapi beasiswa ini tidak menanggung biaya perkuliahan di universitas sehingga Anda harus membayar biaya perkuliahan secara mandiri atau bisa juga mencari sumber pendanaan lainnya.

• Beasiswa Erasmus +

Beasiswa Erasmus + yang didanai oleh European Commision ini menawarkan berbagai program untuk studi di Jerman dan di negara Eropa lainnya. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah di Eropa, biaya hidup, tempat tinggal, biaya perjalanan, dan asuransi.

Ini Caranya Kuliah S2 di Jerman dengan Beasiswa Jerman S2

kuliah s2 di jerman

Untuk bisa kuliah di Jerman melalui jalur beasiswa, beberapa cara yang harus dilakukan yaitu:

1. Mencari informasi beasiswa secara detail, mulai dari persyaratan hingga apa yang diberikan program beasiswa tersebut.

2. Tentukan beasiswa dan program studi apa yang ingin di apply.

3. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Secara umum dokumen yang dibutuhkan untuk melamar beasiswa Jerman S2 yaitu:

Baca Juga:  7 Daftar Universitas di Jerman Terbaik Ini Perlu Diketahui

– Ijazah dan transkip nilai S1 yang sudah diterjemahkan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Jerman.dengan penerjemah tersumpah.

– Ijazah dan daftar nilai ujian akhir SMA yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Jerman.

– TOEFL atau IELTS dengan skor tertentu.

– Sertifikat kompetensi bahasa Jerman

– Curriculum Vitae

– Motivation letter

– Recommendation letter atau surat rekomendasi

4. Mengirimkan dokumen – dokumen tersebut ke institusi atau universitas yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *