beasiswa kuliah di jerman

Kesempatan Emas, Ini 3 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Didapatkan

Posted on

Beasiswa Kuliah di Jerman – Menuntut ilmu setinggi – tingginya merupakan salah satu jalan yang dilalui setiap orang untuk meraih kesuksesan. Pendidikan bisa ditempuh dimana saja, bukan hanya di Indonesia. Banyak pelajar di Indonesia yang melanjutkan pendidikan tingginya di universitas – universitas di luar negeri, salah satu negara yang menjadi tujuan adalah negara Jerman.

Baca Juga:  7 Daftar Universitas di Jerman Terbaik Ini Perlu Diketahui

Jerman terkenal sebagai negara yang menggratiskan biaya kuliah atau tuition fee. Selain itu, Jerman juga memiliki banyak universitas yang memiliki peringkat tinggi. Itu sebabnya banyak mahasiswa – mahasiswa internasional yang tertarik untuk mengenyam bangku kuliah di negara Jerman.

Kesempatan Emas, Ini 3 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Didapatkan

Jika Anda ingin kuliah di Jerman namun terkendala dengan masalah biaya, maka manfaatkanlah 3 kesempatan emas ini karena ada beberapa beasiswa kuliah di Jerman, lalu apa sajakah beasiswanya itu? berikut ini adalah penjelasannya.

cara mendapatkan beasiswa kuliah di jerman

1. Deutschland Stipendium

Beasiswa kuliah di Jerman ini bisa diikuti oleh mahasiswa yang berbakat dan berprestasi. Bagi Anda yang berprestasi, dana yang akan Anda dapat dari pendanaan beasiswa Deutschland Stipendium ini sekitar 300 euro atau 4 juta rupiah per bulan.

Sedangkan untuk Anda yang berbakat, dana yang akan Anda terima dari beasiswa kuliah di Jerman ini mulai dari 150 euro, jika dirupiahkan sekitar 2 juta rupiah per bulan. Namun, jumlah pendanaan beasiswa ini biasanya tergantung sponsor yang mendukung beasiswa ini. Jika Anda tertarik untuk melamar beasiswa ini, info resmi mengenai beasiswa ini bisa Anda dapatkan di sini https://www.deutschlandstipendium.de/index.html.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Jerman yang Menarik Untuk Dikunjungi

2. DAAD

Beasiswa kuliah di Jerman lainnya yaitu DAAD atau German Academic Exchange Service. Beasiswa ini didanai oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman. Tersedia beberapa program beasiswa untuk S2 dan S3, baik penuh maupun parsial.

Selain menangung biaya perkuliahan, beasiswa DAAD juga mencakup asuransi kesehatan dan kecelakaan, subsidi studi dan riset, tunjangan perjalanan, subsidi biaya sewa tempat tinggal, bahkan menyediakan kursus bahasa Jerman gratis.

Baca Juga:  Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman melalui DAAD

Besaran beasiswa yang bisa Anda dapatkan dari program DAAD untuk program master sejumlah 850 euro per bulan. Sedangkan untuk program PhD beasiswa yang bisa Anda dapatkan yaitu 1.200 euro. Menarik bukan? Jika Anda ingin mencoba apply beasiswa ini cek link DAAD di sini https://www.daad.de/en/.

3. Heinrich Böll

Beasiswa Heinrich Böll Foundation merupakan beasiswa kuliah di Jerman yang disediakan untuk S1, S2 dan S3. Namun beasiswa S1 tidak diperuntukkan bagi mahasiswa non Uni Eropa, jadi mahasiswa non Uni Eropa hanya bisa melamar beasiswa S2 dan S3.

Beasiswa ini memberikan tunjangan sebesar 850 euro atau sekitar 14,5 juta rupiah per bulan. Bagi mahasiswa S3 tunjangan bulanan yang diberikan lebih besar yaitu 1200 euro atau sekitar 20 juta rupiah serta tunjangan pribadi lainnya.

Yang perlu Anda perhatikan, beasiswa ini tidak menanggung biaya perkuliahan. Jadi, Anda perlu membayar uang perkuliahan secara mandiri ataupun dari sumber dana yang lainnya. Persyaratan umum beasiswa ini untuk program master yaitu pelamar sudah menyelesaikan gelar sarjananya dan memiliki kemampuan bahasa Jerman TestDaflevel B2 atau level DSH 2.

Baca Juga:  Rekomendasi 4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

Sedangkan untuk program doktor, pelamar diharuskan mendaftar di universitas – universitas yang diakui di Jerman terlebih dahulu, setelah itu baru bisa melamar beasiswa ini serta memiliki kemampuan bahasa Jerman TestDaflevel B2 atau level DSH 2.

Jika Anda belum memiliki kemampuan bahasa Jerman, Anda bisa mengikuti kursus bahasa Jerman di Virtu Education. Virtu Education memiliki sistem pembelajaran yang disesuaikan untuk persiapan kuliah di Jerman. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai informasi mengenai kuliah di Jerman tanpa perlu melalui agen. Untuk informasi dan pendaftaran, Anda bisa mengunjungi laman www.virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *