Beasiswa Prancis S1 dan S2 Untuk Masyarakat Indonesia

Posted on

Beasiswa Prancis S1 – Prancis adalah negara maju yang terletak di Eropa Barat. Menjadi bagian dari kawasan negara-negara uni eropa yang memiliki sistem perekonomian yang baik. Sistem pendidikan yang tidak jauh beda dari tetangganya. Yang juga memiliki sistem pendidikan gratis untuk jenjang sarjana: yaitu Jerman. Serta sistem pendidikan yang tidak kalah baik dibandingkan dengan Inggris.

Sistem pendidikan dan perekonomian Prancis yang baik. Banyak ditopang pengalaman Prancis yang telah lama mengalami sejarah yang begitu panjang. Prancis merupakan pusat kemunculan filsuf-filsuf ternama (seperti Rene Descartes). sejajar dengan Jerman yang juga menelurkan fisuf-filsuf ternama. Prancis dan Jerman sendiri memiliki segudang ilmuwan yang beberapa diantaranya meraih nobel dalam bidang kimia, fisika dan perdamaian.

Karena sistem pendidikan yang ditopang pengalaman panjang dalam bisang pendidikan dan ekonomi. Mudah bagi perancis dalam memberikan subdisi pendidikan bagi prodi jenjang sarjana. Sementara untuk ekonomi prancis banyak ditopang industri-industri dan juga industri kreatif seperti mode busana, pariwisata hingga kuliner.

Prancis sendiri telah menjalin erat dalam berbagai bidang dengan Indonesia. Seperti sebelumnya pernah dijelaskan. Bahwa prancis dengan beberapa negara donor uang berkumpul di Paris (yang kemudian disebut dengan Paris Group). memberikan skema peminjaman dana bagi pengembangan ekonomi Indonesia. Paris Group sendiri kemudian dibubarkan saat Pemerintahan Presiden SBY. Bersamaan dengan pelunasan peminjaman International Monetary Funda (IMF).

Selain itu, perusahaan penerbangan ternama dari Prancis, yaitu Airbus. Banyak mengekspor pesawat-pesawat terbaru yang telah dipesan oleh industri penerbangan di dalam negeri. Industri dalam negeri sendiri, selain mengimpor dari Airbus Prancis juga mengimpor pesawat komersial dari Boeing Amerika. Kedua-duanya diimpor karena Boeing dan Airbus sama-sama memiliki pesawat berbedan besar yang cukup mampu menampung banyak penumpang.

Baca Juga:  Mengenal Posisi Menteri Pendidikan Prancis

 

Walaupun demikian, kerjasama prancis dengan Indonesia tidak hanya terbatas pada masalah ekonomi dan keuangan saja. Prancis banyak menggelontorkan skema beasiswa pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Tidak tanggung-tanggung. Beasiswa yang diberikan langsung untuk jenjang master dan doktoral.

Beasiswa jenjang master dan doktoral (beasiswa S2 Prancis) ini. Terdiri atas beberapa skema yang bisa anda lihat di list-list yang ditawarkan vendor beasiswa. Berikut beberapa beasiswa skema kerjasama Prancis Indonesia yang bisa diakses masyarakat Indonesia:

1.Beasiswa Eifel (Eifel Scholarship).

beasiswa ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai jenjang untuk studi di tingkat master dan doktoral di Prancis. Persyaratan beasiswa eifel cukup lumayan ketat. Karena anda diminta menyiapkan berkas berkas akademik pribadi, serta termasuk sertifikat kemampuan bahasa Prancis. Jika anda belum memiliki sertifikat bahasa prancis. Akan lebih baik anda mengikuti kursus dahulu baru mendaftar tahun depannya. Beasiswa ini juga meminta syarat sertifikat TOEL/IELTS sebagai sertifikat pendamping. Jika anda belum memiliki, anda bisa mengikuti tes TOEFL atau IELST dan kemudian baru melamar.

2.Beasiswa Kemitraan DIKTI Prancis.

Beasiswa ini khusus untuk dosen yang akan studi jenjang master dan doktoral (beasiswa S2 Prancis). Karena bersifat kemitraan, beasiswa ini mengikuti skema yang dibangun antara dikti dengan pemerintah Prancis. Semisal bahwa beasiswa doktoral banyak ditawarkan dibandingkan master. Syarat-syarat program ini dapat dilihat di website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini juga sama mensyaratakan anda untuk berstatus dosen, memiliki sertifikat TOEFL/IELTS dan juga sertiifkat kemampuan bahasa prancis.

3.Beasiswa Kemitraan uni eropa (beasiswa S2 Prancis dan Uni Eropa).

merupakan gabungan beasiswa erasmus mundus yang memperbolehkan pesertanya mengambil dua kampus di negara-negara uni eropa untuk studi jenjang master dan doktoral. Kunjungi website erasmus mundus untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga:  Hitungan Biaya Hidup di Perancis

Jika beasiswa S2 Prancis banyak ditawarkan. Maka beasiswa S1 Prancis banyak menggunakan skema universitas negeri yang gratis. Sehingga anda perlu memperhatikan dimanakah universitas negeri di prancis yang menawarkan program sarjana gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *