Langkah Mudah Menembus Beasiswa S2 di Jerman, perhatikan syarat-syarat pentingnya.

Posted on

Beasiswa S2 di Jerman – Banyak masyarakat Indonesia bercita-cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri, salah satunya dengan melalui jalur beasiswa s2 luar negeri jerman, terutama setelah booming film Habibie dan Ainun dari seri pertama hingga yang naik tayang terakhir ini mengenai sesi perjalanan kuliah Habibie di Jerman.

Yapz, tidak salah lagi, mantan presiden republik Indonesia ini menamatkan hampir sebagian besar pendidikannya di Jerman. Habibie menyelesaikan program sarjana hingga doktoralnya di RWTH Aachen Jerman dengan program beasiswa s2 jerman teknik dari kementerian pendidikan dan ilmu pengetahuan pemerintah federal jerman. Beasiswa ini di dapat habibie saat masih di pertengahan kuliah di ITB bandung dan kemudian langsung berangkat ke jerman untuk memulai pendidikan barunya.

Sosok habibie di Jerman juga dikenal karena kepintarannya mendesain pesawat terbang, menemukan teori faktor habibie crack dan juga kisah romantisnya menemani istrinya dari awal hingga ujung hayatnya saat dirawat di rumah sakit Ludwig Maximilians Munchen Jerman. Film-film pendidikan Habibie dan kisah romantisnya kemudian banyak menginspirasi anak anak muda Indonesia untuk melanjutkan studi beasiswa s2 di jerman.

Baca Juga : Apa itu GRE dan dimana kursus GRE Surabaya bereputasi terbaik?

Beasiswa s2 di jerman sendiri hingga sampai saat ini terhitung sangat banyak, itu belum dihitung dengan beasiswa dari pemerintah Indonesia dan juga donor-donor asing yang bekerjasama dengan universitas di jerman. Beberapa beasiswa prioritas jerman antara lain beasiswa s2 jerman teknik yang mengkhususkan pada riset industri dan ilmu pengetahuan alam untuk kemajuan Indonesia kedepannya.

Selain beasiswa s2 di jerman, anda juga bisa melanjutkan studi s2 maupun s3 di jerman dengan biaya mandiri. Biaya mandiri kuliah s2 di jerman juga tidak terlalu mahal. Jerman termasuk negara yang menerapkan biaya pendidikan murah dan juga subsidi pada beberapa fasilitas pendidikan yang cukup banyak.

Baca Juga:  7 Tips Memilih Les Bahasa Jerman di Jakarta Agar Maksimal

Jika anda tertarik untuk melanjutkan studi ke jerman, atau mengincar beasiswa s2 luar negeri jerman, maka ada beberapa persyaratan dan beberapa langkah yang mesti anda perhatikan. Beberapa hal ini terlihat sangat administratif, tetapi jangan pernah disepelakan. Apalagi anda menggampangkan proses seleksi beasiswa s2 di jerman. Satu hal yang mesti diperhatikan, dimanapun proses seleksi beasiswa, akan terjadi persaingan ketat dan pemerintah jerman tentunya hanya akan memilih yang terbaik saja.

Sampai saat ini sudah ada puluhan beasiswa s2 di jerman yang ditawarkan baik pemerintah jerman, kementerian, universitas langsung ataupun donor pihak ketiga seperti perusahaan dan industri. Akan tetapi artikel ini akan mempertajam pada beberapa beasiswa s2 di jerman agar lebih fokus dan bisa menjelaskan langkah langkah mudah menembus beasiswa s2 di jerman dengan lebih detail.

Secara umum beasiswa s2 luar negeri jerman terbagi atas dua sponsor, pertama adalah kalangan pemerintah, baik itu dari pemerintah jerman, pemerintah Indonesia ataupun pemerintah negara lain yang tergabung, misalnya pemerintah uni eropa yang menjadi aliansi ekonomi jerman (dimana jerman termasuk negara berpengaruh di dalam aliansi uni eropa ini).

Sementara pada bagian kedua, beasiswa lain juga ditawarkan oleh pihak swasta meliputi universitas itu sendiri (biasanya beasiswa s2 jerman teknik banyak ditawarkan universitas dengan skema partial, artinya hanya dibiayai spp nya saja, sementara risetnya biaya sendiri ataupun sebaliknya). selain itu terdapat juga beasiswa dari pihak perusahaan, partai politik atau donor internasional (misalnya adalah bank dunia atau lembaga internasional).

kursus gmat surabaya

Untuk lebih memudahkan memahami langkah langkah mudah dalam menembus beasiswa s2 di jerman perhatikan beberapa hal berikut ini, termasuk juga bagian-bagian penting mengenai persyaratan dan dokumen apa saja yang mesti disiapkan:

Baca Juga:  Syarat Utama Diterima Sebagai Mahasiswa Kampus Di Jerman

Pertama, dan yang paling utama adalah menulis list daftar beasiswa s2 di jerman yang akan menjadi incaran anda. Ada tiga beasiswa s2 luar negeri jerman yang direkomendasikan untuk anda karena syarat-syaratnya berdekatan, sehingga anda bisa melamar ketika tiganya sekaligus atau melamar satu per satu untuk mencoba keberuntungan.

Beasiswa paling utama yang menjadi rujukan mahasiswa yang mengincar Beasiswa s2 di jerman adalah Beasiswa DAAD Jerman dari Pemerintah Federal Jerman. Beasiswa ini diberikan bagi negera negara berkembang seperti Indonesia dengan skema program Development Related Postgraduate Courses (EPOS), terdiri atas beragam jurusan yang ditawarkan seperti ekonomi, ilmu murni, matematik, perencanaan wilayah, pertanian, industri, ilmu sosial, kesehatan, kedokteran hingga pendidikan dan hukum.

Beasiswa EPOS ini meminta persyaratan cukup ketat seperti sertifikat TOEFL 550 hingga IELTS dengan skor 6 sampai dengan 7 serta sertifikat bahasa Jerman B1 (atau minimal kamus bisa mengumpulkan sertifikat A2 dulu juga bisa). surat keterangan pengalaman bekerja, serta mempunyai posisi di BUMN, aparatur negara ataupun swasta yang berhubungan dengan jurusan yang akan anda lamar. Beasiswa s2 di jerman ini memberikan beasiswa hingga 1000 euro (sekitar 15.000 x 1.000 euro= 15 juta rupiah setiap bulan), uang kesehatan, uang tiket dll.

Kedua, beasiswa alternatif selanjutnya yang menjadi rujukan mahasiswa Indonesia mengincar beasiswa s2 luar negeri jerman adalah LPDP Kementerian Keuangan. Beasiswa S2 di jerman ini murni dibiayai oleh pemerintah Indonesia dengan syarat berkas utama adalah LoA (surat penerimaan), sertifikat TOEFL 550 dan IELTS 7 serta dilampirkan sertfikat bahasa jerman B1 (atau A2 juga bisa diajukan). syarat paling khususnya adalah LPDP tidak membuka untuk semua universitas, hanya universitas-universitas tertentu di jerman yang direkomendasikan untuk dilamar.

Kelebihan beasiswa s2 di jerman ini dibandingkan yang lain adalah memberikan uang saku lebih besar, adanya uang kesehatan, uang tiket pulang pergi dan bagi yang sudah berkeluarga akan mendapatkan tunjangan hidup keluarga. Beasiswa ini cukup panjang dalam proses seleksinya karena sampia dengan empat tahap seleksi, jadi anda bisa bandingkan dengan beasiswa DAAD Jerman untuk memilih yang terbaik.

Baca Juga:  Meraih Mimpi Kuliah di Luar Negeri: Review Virtu Education

Pada bagian ketiga beasiswa s2 di jerman adalah Beasiswa Erasmus Mundus Uni Eropa, Beasiswa ini cukup ketat dan bersaing karena dari Indonesia hanya akan diambil dua atau tiga orang saja, tetapi merupakan beasiswa bergengsi karena dapat mengambil double degree dan kuliah di dua negara. Beasiswa s2 di jerman ini dapat di lamar di kantor erasmus mundus, dan anda bisa memilih dua universitas berbeda (satu di jerman, satu di luar jerman) untuk menyelesaikan studi s2 anda.

Syarat-syarat yang diminta beasiswa s2 di jerman erasmus mundus hampir sama yaitu sertifikat TOEFL 550 dan IELTS 7 serta melampirkan sertifikat bahasa jerman akan menjadi nilai plus bagi anda (kalau bisa B1 yang dilampirkan). beasiswa s2 luar negeri jerman erasmus mundus ini juga meminta syarat-syarat seperti surat rekomendasi dari profesiona, surat pengalaman bekerja dan cv serta letter of motivation yang ditulis dalam bahasa inggris.

Langkah-langkah selanjutnya anda dapat melamar beberapa beasiswa s2 di jerman diatas dan tinggal mengikuti seleksi yang diminta. Biasanya proses seleksi beasiswa s2 luar negeri jerman akan berkisar pada seleksi berkas, seleksi wawancara hingga proses pendaftaran ke kampus tujuan. Pastikan anda mencatat tanggal seleksi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *