Ini Bedanya AM dan PM dalam Pergaulan Internasioal

Posted on

Bedanya AM dan PM – Pembagian waktu dalam bahasa inggris ternyata tidak hanya berkutat pada pagi, siang, sore dan malam saja (morning, afternoon, evening dan night). tetapi juga mengenal cara cara penulisan jam yang berbeda dan juga penyebutan aturan waktu internasional yang biasanya disebut dengan am dan juga pm.

Bedanya am dan pm sangat tergantung dengan pemahaman kita atas dunia waktu internasional atau bahasa inggris. Jika hitungan waktu internasional berpatokan pada greenwich mean time di London, maka memahami bedanya pm dan am juga harus berpatokan dengan aturan ini.

Baca juga ” Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris pada surat menyurat formal “

Jika aturan penamaan waktu dan jam di Indonesia berpatokan pada penyebutan 12 jam dan juga 24 jam, maka penyebutan waktu internasional hanya mengenal penyebutan 12 jam untuk memudahkan memahami perbedaan penyebutan am dan pm.

Contoh penyebutan waktu 12 jam dan 24 jam yang sering terjadi Indonesia seperti ini, jika kita menyebutkan sebuah waktu antara jam 9 pagi sampai 12 siang, maka kita akan menyebutkannya sesuai angkanya kan? Misal pukul 09.00 pagi, atau pukul 11 siang.

Nah, pola penggunaan ini makin tidak konsisten ketika menyebut jam 1 siang ke atas. Terkadang kita menyebut ‘”rapat akan dimulai pukul 1 siang” atau “rapat akan dimulai tepat pukul 13.00”. nah pada posisi ini penggunaan waktu di Indonesia seringkali mencampurbaurkan antara penggunaan waktu 12 jam dengan 24 jam.

Jika anda konsisten dengan penggunaan waktu 12 jam, maka dari jam 1 malam hingga 12 siang akan menggunakan angka-angka yang berada di jam dinding, begitu juga jam 1 siang sampai 12 malam akan menggunakan angka yang sama seperti angka jam dinding.

Baca Juga:  Inilah Definisi, Bentuk, dan Contoh Present Continuous Tense

Sementara jika anda konsisten menggunakan waktu 24 jam, maka anda akan mengikuti penggunaan waktu jam 1 malam dini hari sampai 12 siang, kemudian lanjut pukul 13 hingga seterusnya menjadi pukul 24 malam. Ini disebut dengan penggunaan waktu 24 jam secara penuh.

bedanya am dan pm

Nah, bedanya am dan pm dalam penggunaan pergaulan internasional mengikuti pola pertama yaitu pola 12 jam dimana dibagi antara 12 jam pertama di sebut dengan am (ante meridien) sementara 12 jam kedua disebut dengan pm (post meridien). sampai sini paham bedanya pm dan am dalam pembagian waktu ya?

Ante meridien menghitung penggunaan waktu 12 jam pertama dari jam 1 dini hari (biasanya disebut dengan 01.00 am) dan berakhir sampai 12 siang (biasanya disebut dengan 12.00 am). kemudian post meridian akan memulai dari jam 1 siang (biasanya disebut dengan 01.00 pm) dan berakhir pada jam 12 malam hari (biasanya disebut dengan 12.00 pm).

Beberapa orang mencampuradukkan antara bedanya am dan pm yang 12 jam dengan penggunaan 24 jam, seperti misalnya jam 13.00 pm sampai 24.00 pm, tapi ini sangat tidak lazim dan bisa membingungkan anda, jadi fokus saja pada penggunaan versi 12 jam yang lebih mudah dimengerti.

Kenapa bedanya am dan pm ini perlu diperhatikan? Karena rata rata penggunaan jam dan waktu di luar negeri (dunia internasional) memakai sistem ante meridien dan post meridien 12 jam, jadi jangan sampai anda salah mentafsirkan karena bisa berakibat fatal.

Bedanya am dan pm ini sering digunakan dalam jadwal kereta, jadwal pesawat terbang dan juga jadwal sistem perkuliahan ataupun jadwal jadwal resmi. Jangan sampai anda salah mengira bahwa 01.00 am adalah pukul 12 siang. Ingat rumusnya bahwa am dimulai dari dinihari sampai siang, sementara pm dimulai dari siang sampai malam.

Baca Juga:  Permainan Bahasa Inggris Paling Populer

Pemahaman yang salah akan tafsir pembagian waktu ini akan merepotkan anda, anda tidak mau kan mengira jadwal pesawat dini hari 01.00 am lantas dikira siang harinya? Yang terjadi justru anda akan ketinggalan pesawat terbang. Begitu juga dalam undangan-undangan resmi sering menggunakan pembagian waktu ini. Jadi, pahami bedanya pm dan am secara seksama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *