Tutorial Belajar Android Studio untuk Pemula

Posted on

Belajar Android Studio – Halo, selamat datang di artikel yang membahas proses belajar android studio, dimana artikel ini dikhususkan bagi anda yang ingin membangun sebuah aplikasi di android dan digunakan oleh banyak orang. Oleh karenanya salah satu hal mendasar yang wajib diketahui adalah dengan memahami tutorial android studio.

Apa saja yang mesti diketahui dari belajar android studio? Kira-kira ada beberapa bagian yang mesti anda pahami sebelum melangkah lebih jauh. Android studio sendiri adalah semacam lab atau wahana pemrograman yang bisa dijadikan lahan sarana untuk membuat program-program terbaru di dalam sistem operasi android. Jadi dengan mengawali pemahaman pengenalan akan sistem operasi android dan bahasa pemrogramannya akan membantu anda mengenali android studio menjadi lebih gampang.

Pada bagian awal, ketika anda belajar tutorial android studio disarankan untuk mengenali bahasa bahasa pemrograman di sistem operasi android, baru kemudian bisa dilanjutkan dengan mengenali istilah activity dan juga intent dalam penggunaan android studio.

Setelahnya anda baru bisa atau melangkah ke proses penggunaan layout, tata letak dan beberapa desain yang sering digunakan dalam aplikasi-aplikasi yang ada di android. Kemudian menyusul pengenalan widget-widget atau fitur tambahan yang ada di android studio. Anda tentu pernah mendengat widget bukan? Nah jika anda sering bermain blog seperti blogspot dan wordpress maka akan sering menggunakan widget atau fitur fitur tambahan yang mempercantik dan membuat blog anda semakin keren.

Pada proses selanjutnya tutorial android studio akan belajar mengenai pengenalan-pengenalan dasar dan penerapan material desain yang ada di dalam aplikasi aandroid. Serta kemudian biasanya akan ada praktek-praktek sederhana dalam membuat aplikasi-aplikasi berskala kecil atau beta.

Baca Juga:  2 Cara Transfer ke Luar Negeri Paling Mudah

Untuk penjelasan teknisnya, artikel ini akan mengulas lebih mendalam belajar android studio step by step, misalnya dimulai dari memahami apa itu android dan apa itu android studio? Android sendiri adalah sistem operasi yang berbasis pada linux. Pernah mendengar linux? Linux adalah sistem operasi komputer yang bersifat open source (kode terbuka), berbanding terbalik dengan windows yang bersifat close source (kode tertutup).

Karena bersifat open source inilah, android yang berasal dari linux kemudian dikembangkan secara independen oleh beberapa komunitas ke dalam smartphone, televisi hingga perangkat-perangkat elektronik lainnya. Penemu android pertama adalah Andy Rubin yang kemudian mengembangkan sistem operasi ini menjadi perangkat smartphone dan kemudian dibeli oleh Google.

Ketenaran android ini di indonesia terbukti bahwa 80 persen pengguna smartphone menggunakan android sebagai sistem operasi mereka, sementara di tingkat global penguna android menajdi nomor satu baru disusul oleh IOS dan kemudian sistem operasi yang lainnya.

Sementara android studio adalah lab atau wahana yang digunakan untuk menciptakan aplikasi-aplikasi berbasis android dan bisa digunakan dalam berbagai perangkat selama perangkat yang ditanamkan aplikasi tersebut berbasis android, misalnya tablet dan smartphone ataupun tv pintar berbasis android juga bisa.

Penjualan hasil belajar android studio juga bisa dijual ke dalam pasar bebas bernama app store ataupun play store. Biasanya jika masyarakat tertarik dan mulai mengunduh dan menggunakannya, maka pemilik, pendiri dan developer akan mendapatkan untungnya. Biasanya dari lisensi, pembayaran ataupun iklan-iklan yang diberikan di dalam aplikasi android tersebut akan menjadi sumber pendapatan.

Selain dijual di app store dan play store, aplikasi berbasis android juga dapat ditemukan di amazon store, opera mobile store dan juga mobogenie. Disana juga dapat ditemukan aplikasi-aplikasi gratis dan juga berbayar dari variasi game hingga aplikasi pendukung gaya hidup manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *