6 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Cepat

Posted on

Belajar Bahasa Inggris Cepat – Pertanyaan yang sering muncul bagi orang yang baru belajar bahasa Inggris adalah apakah mereka bisa belajar bahasa Inggris cepat? Apakah mungkin kemampuan speaking, writing, listening meningkat pesat dalam waktu 2-3 bulan?

Setiap orang ingin belajar bahasa Inggris secepat mungkin. Karena mungkin mereka ingin segera wawancara kerja dengan perusahaan luar negeri atau multinasional. Atau bisa juga untuk mendapat visa kerja atau liburan ke negara-negara berbahasa Inggris.

Nah, buat anda yang ingin segera fasih berbahasa Inggris, anda saat ini berada di tempat yang tepat. Karena kami akan mengulas beberapa rahasia cara belajar bahasa Inggris cepat. Ada beberapa langkah yang harus diikuti sehingga anda tidak membuang waktu belajar.

1.Obsesi

Hal pertama dan paling penting yang harus anda miliki adalah obsesi yang luar biasa. Anda harus memiliki kekuatan yang besar untuk belajar bahasa Inggris cepat. Kenapa? Karena anda akan belajar bahasa Inggris setiap hari. Dan setiap kali belajar, anda harus melakukannya dengan semangat dan antusias. Ingat, dibanding bakat dan metode, emosi lebih berpengaruh untuk meraih kesuksesan.

Agar bersemangat, anda harus menemukan alasan hebat dan sepesifik untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya, “saya ingin ikut program pertukaran pelajar ke Eropa dalam waktu 6 bulan ke depan”. Alasan ini spesifik dan ada batas waktunya. Tujuan ini bisa dicapai tapi anda harus ambisium dalam belajar.

2.Pelajari bahasa Inggris setiap hari

Setelah memiliki tujuan yang besar, sekarang saatnya menentukan strategi agar lancar berbahasa Inggris dalam waktu singkat. Mau tidak mau, anda harus komitmen belajar dan berlatih bahasa Inggris tiap hari. Kenapa harus setiap hari?

Karena hanya dengan itu anda bisa belajar bahasa Inggris secara cepat dan anda akan terbiasa melakukan segala sesuatu dengan bahasa Inggris. Anda tidak bisa berharap kemampuan bisa meningkat dengan cepat hanya dengan menghadiri kursus bahasa dua kali seminggu.

Baca Juga:  Materi Yang Harus Dikuasai Saat Belajar Bahasa Inggris Dasar

Dunia juga sudah berubah. Kita sekarang bisa mengakses sumber belajar dengan tanpa batas. Ada banyak aplikasi maupun website yang membuat belajar bahasa Inggris menjadi mudah.

3.Fokus pada listening dan reading

Tujuan utama belajar bahasa Inggris adalah bisa berkomunikasi. Metode tercepat dan paling efisien untuk lancar berbicara bahasa Inggris adalah dengan lebih menfokuskan diri pada listening dan reading. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari grammar secara mendetail.

Meski tata bahasa berguna untuk membuat kalimat yang sesuai aturan baku, tapi itu tidak terlalu penting, setidaknya ketika kita diharuskan belajar speaking dalam waktu yang terbatas. Penutur asli masih memaafkan kesalahan grammar yang anda lakukan asalkan anda menggunakan kosakata yang tepat.

Salah satu cara melatih listening adalah dengan sering mendengar siaran radio maupun berita berbahasa Inggris. Cara lainnya bisa dengan memanfaatkan podcast. Ada banyak topik di podcast yang bisa anda dengarkan. Apakah anda berminat dengan berita politik, olahraga, hiburan, maupun tentang teknologi. Semua tersedia di podcast.

4.Ciptakan lingkungan berbahasa Inggris

Salah satu cara kreatif dan menyenangkan agar lancar berbahasa Inggris Inggris adalah dengan menciptakan lingkungan yang bernuansa Inggris. Kita bisa menempeli barang-barang di dalam rumah dalam bahasa Inggris. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menulis jadwal harian, menulis email, maupun membuat daftar belanja dalam bahasa Inggris.

5.Lakukan percakapan

Ibarat pemain sepakbola, belajar teori bahasa Inggris itu ibarat latihan teknik sepakbola sementara bercakap-cakap seperti halnya bermain sepakbola 11 lawan 11. Kedua jenis latihan ini dibutuhkan agar bisa bahasa Inggris cepat.

Lalu bagaimana cara agar bisa berlatih percakapan? Secara umum ada 2 cara : ikut kursus atau memiliki partner berlatih. Cara paling mudah adalah dengan ikut kursus. Tidak sulit menemukan tempat kursus bahasa Inggris yang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia. Pastikan lembaga kursus tersebut memiliki native speaker di tiap kelasnya.

Baca Juga:  Mulai Hari Anda Dengan Kata-Kata Motivasi Bahasa Inggris

Cara lainnya adalah dengan menemukan partner berlatih. Kamu bisa manfaatkan teman kerja atau teman sekelas yang mampu berbicara bahasa Inggris, lebih bagus lagi kalau levelnya di atasmu. Atau bisa juga dengan bergabung dengan komunitas bahasa.

Ada banyak komunitas bahasa Inggris di kota-kota besar. Kalaupun tidak menemukan, anda bisa bergabung dengan komunitas bahasa Inggris online. Bergabung dengan komunitas online berarti anda berkesempatan ikut dalam pertemuan rutin dengan semua pembelajar bahasa Inggris dari seluruh dunia.

6.Fokus pada bahasa Inggris yang benar-benar diperlukan

Karena waktu yang tersedia singkat, fokuslah pada jenis bahasa Inggris yang akan anda gunakan. Memilih topik yang yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat pembelajaran lebih efektif. Jangan membuang-buang waktu untuk mempelajari hal yang tidak perlu.

Jadi misalnya anda mempersiapkan bahasa Inggris agar lancar melakukan pekerjaan tertentu. Fokuslah pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Atau anda ingin lulus ujian IELTS, fokuslah pada bidang ini.

Jadi tadi itu ya, tips sederhana agar lancar berbahasa Inggris dalam waktu singkat. Tentu saja tidak semua orang butuh waktu singkat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sehingga tidak perlu belajar berjam-jam dalam sehari. Tapi bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan tapi waktunya sangat terbatas, silakan ikuti tips di atas. Semoga berhasil!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *