Mendapat Kursus Gratis Dengan Belajar Bahasa Inggris Online

Posted on

Apakah anda seorang profesional yang sedang mengejar karier? Atau anda mahasiswa atau akademisi yang hendak melanjutkan studi di luar negeri? Siapapun anda, kemampuan bahasa Inggris tidak bisa ditawar lagi. Apapun profesinya, sebagian besar komunikasi bisnis tidak bisa dilepaskan dari bahasa Inggris

Dengan akses mudah ke dunia maya, ada peluang besar untuk memanfaatkan teknologi internet sebagai media belajar bahasa Inggris. Ada banyak media online yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris, di mana saja mereka berada.

Belajar bahasa Inggris Online

Mulai dari reading comprehension hingga berlatih speaking, belajar bahasa Inggris online sudah menjadi cara yang hebat untuk meningkatkan skill serta menambah kepercayaan diri pada kemampuan berbahasa Inggris anda. Sebagai bahasa internasional sekaligus paling banyak digunakan di dunia, belajar bahasa Inggris online bisa mengembangkan karir profesional serta memberikan pengembangan skill yang sangat berharga untuk masa depan anda.

Apa itu belajar bahasa Inggris online?

Pembelajaran bahasa Inggris online adalah proses belajar bahasa Inggris melalui media internet. Anda bisa belajar mulai dari pemula hingga menjadi mahir dengan menggunakan materi berupa tulisan, aural, serta video yang tersedia secara online di internet.

Belajar secara online menggunakan metode yang berbeda. Praktek membaca, tes interaktif, latihan listening, dll, semua dilakukan secara online  

Keuntungan belajar bahasa Inggris online

Belajar bahasa Inggris online menawarkan sejumlah keuntungan dibanding pembelajaran di lingkungan kelas secara tradisional, diantaranya

  • Untuk meningkatkan keterampilan, siswa bisa mengulang materi pelajaran dan latihan soal yang sulit
  • Anda bisa memilih materi bahasa Inggris apapun yang diinginkan tanpa harus pergi dari rumah. Anda tinggal mencari di google untuk materi pelajaran tersebut, maka akan ada banyak website yang menjelaskan materi tersebut
  • Anda tidak terikat waktu dan tempat. Anda bisa belajar kapanpun dan dimanapun, yang penting ada koneksi internet. Jadwal pelajaran bisa disesuaikan dengan jadwal kerja atau kuliah anda, ini kelebihan yang tidak bisa dimiliki sistem belajar di kelas.
  • Lebih nyaman dan lebih hemat. Anda tidak perlu membeli bensin, berangkat pagi-pagi, atau menggunakan transportasi umum untuk pergi ke kelas.
  • Anda akan berlatih mandiri dan menyelesaikan pelajaran sesuai target yang anda tentukan sendiri. Jadi dibutuhkan komitmen pribadi, jangan sampai aktivitas kurang penting mengganggu jadwal belajar anda

Cara belajar bahasa Inggris online

Ada banyak situs web gratis yang menawarkan pengajaran bahasa Inggris kepada anda. Selain itu, ada juga situs web berbayar. Mereka biasanya menawarkan kelebihan yang tidak ada pada situs gratis. Misalnya adanya interaksi antara murid dan guru melalui skype. Interaksi dengan guru benar-benar menjadikan anda seakan-akan berada di kelas dengan anda sebagai satu-satunya siswa.

Tetapi ada banyak situs web yang akan membantu anda belajar bahasa Inggris online secara gratis. Tapi ingat, walaupun sebagian besar berkonten gratis, mereka juga kursus bahasa Inggris, buku, buku audio, dll. Beberapa situs web gratis yang kami rekomendasikan diantaranya

  • www.Englishclass101.com
  • www.spokenenglishpractice.com
  • www.duolingo.com
  • www.engvid.com
  • www.letstalk.co.in
  • www.mooc.org
  • www.britishcouncil.org, dll

Selain menyediakan konten pembelajaran bahasa Inggris, biasanya mereka juga memiliki komunitas pelajar bahasa Inggris. Sehingga kita bergabung dalam forum tersebut untuk mempraktekkan pelajaran yang didapatkan.

Cara lainnya adalah dengan ikut forum komunitas belajar bahasa Inggris online, misalnya di www.Meetup.com atau www.Couchsurfing.com. Kalian bisa ikut dalam pertemuan rutin dengan sesama siswa bahasa Inggris dari seluruh dunia yang diadakan secara online. Berinteraksi secara online dengan teman-teman dari berbagai negara akan menngkatkan kepercayaan diri saat harus berkomunikasi langsung dengan penutur asli.

Yang harus dipertimbangkan saat memutuskan untuk belajar bahasa Inggris online

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ketika memutuskan belajar bahasa Inggris lewat internet. Yang pertama, apa alasan anda belajar belajar bahasa Inggris? Belajar bahasa Inggris untuk bekerja atau bisnis berbeda dengan bahasa Inggris untuk lingkungan akademik.

Yang kedua, anda harus tahu kelebihan dan kelemahan skill bahasa Inggris anda. Fokuslah pada materi yang menjadi kelemahan anda. Misalnya anda lemah pada writing dan listening, anda harus menambah pengetahuan mengenai materi tersebut sehingga anda memiliki skill bahasa Inggris yang lengkap.

Tapi tetap saja, yang terbaik adalah fokus untuk meningkatkan semua jenis keterampilan bahasa Inggris. Jika anda fokus pada semua jenis keterampilan dasar yang meliputi writing, vocabulary, listening comprehension, dan speaking, maka anda akan mendapatkan pemahaman bahasa Inggris yang menyeluruh.

Tantangan belajar bahasa Inggris online

Belajar bahasa Inggris lewat internet memang menawarkan banyak kelebihan, tapi juga memiliki beberapa tantangan dan hambatan yang harus dihadapi siswa. Karena belajar secara mandiri, anda perlu memiliki motivasi, kemauan, dan dedikasi tinggi yang muncul dari diri sendiri.

Pastikan anda memiliki jadwal belajar tersendiri dan anda harus disiplin dengan jadwal tersebut. Tantangan terbesar ada pada diri anda sendiri, tapi yakinlah bahwa anda bisa menjalani belajar mandiri secara online. Apalagi metode belajar interaktif yang tersedia di banyak website menjadikan belajar online lebih menyenangkan dan mudah.

Buat anda yang ingin memperbaiki karir atau ingin meningkatkan kemampuan speaking, reading, listening, dan writing untuk tujuan pendidikan, belajar bahasa Inggris online adalah cara terbaik. Yang paling penting adalah komitmen dan disiplin. Selamat belajar online dan sukses selalu ya!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *