3 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Posted on

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak –¬†Belajar bahasa inggris bagi anak anak terutama anak usia sekolah dasar hingga TK memiliki tantangan tersendiri. Di satu sisi, anak anak yang masih belum begitu besar biasanya mampu menyerap materi bahasa dengan lebih cepat. Anda mesti pernah tahu bahwa memberi pelajaran bilingual sangat baik di masa anak anak dalam masa pertumbuhan karena biasanya otak mereka akan sangat sensitif dan mudah mencerna kosakata-kosakata baru yang diajarkan oleh orang orang terdekat di lingkungan mereka.

Itulah mengapa sebabnya attitude sangat berkaitan erat dengan pendidikan bahasa sejak masa kecil. Ada beberapa anak anak yang gemar berkata kata kotor karena semenjak kecil sering mendengarkan orang tua dan lingkungan sekitarnya berkata kata kotor. Sementara ada juga anak kecil usia sekolah dasar dan TK mampu berbahasa inggris dan bahasa indonesia dengan terbata bata, nah kunci utamanya adalah mendidik dengan ketelatenan di masa usia pertumbuhan emasnya.

Tantangan belajar bahasa inggris anak tk atau belajar bahasa inggris anak SD adalah mencarikan metode dan wahana yang pas dalam memberikan materi. Belajar bahasa inggris anak tidak bisa disamakan dengan belajar bahasa inggris anak usia SMP SMA atau kita yang sudah besar. Anak anak kecil tidak akan betah berlama-lama di depan meja atau memandangi buku atau lembaran kertas yang perlu mereka isi. Belajar bahasa inggris anak harus memperhatikan habit, karakter dan juga berorientasi pada pembelajaran menyenangkan (dengan kata lain belajar harusnya bermain).

Nah, belajar bahasa inggris untuk anak tk harusnya meniru ketika guru guru tk mengajarkan kedisiplinan, cara makan dan cara duduk yang benar. Tentunya bukan dengan arahan-arahan yang menjemukan atau membuat anak ketakutan karena disuruh suruh terus. Coba perhatikan ketika guru guru TK memberikan materi kepada murid-muridnya, mereka akan memulainya dengan nyanyian atau sesuatu yang menyenangkan dan membuat mereka merasa tertarik.

Baca Juga:  Tiga Panduan Bahasa Inggris untuk Pemula

Nah, berikut beberapa cara mudah belajar bahasa inggris untuk anak, terutama anak TK dan SD:

Pertama, anak anak usia TK dan SD sangat menyukai dengan musik dan lagu lagu.

Jadi jika anda merancang belajar bahasa inggris anak tk bisa diawali dengan menyanyikan lagu lagu bahasa inggris dengan durasi pendek dan tidak terlalu menjemukan. Tipe lagu yang digunakan adalah lagu dengan durasi pendek, slow atau pelan dan mengulang ulang. Misalnya belajar warna kuning dan merah: red and yellow. Maka dua kata ini yang diulang ulang terus menerus selama sehari kalau bisa.

Kedua, belajar bahasa inggris anak sd dan tk biasanya akan menarik jika dipraktekkan.

Misalnya belajar bagian bagian tubuh dimulai dengan nyanyian kemudian peragakan. Misalnya mengucapkan hair dengan sambil memegang rambut di kepala. Atau sambil diperagakan sambil bernyanyi. Cara cara ini akan mudah untuk diingat anak anak usia sekolah dasar atau taman kanak-kanak.

Ketiga, belajar bahasa inggris untuk anak tk dan sd biasanya juga akan menarik jika dihadirkan benda-benda yang akan dihafalkan

Misalnya sedang mempelajari sayuran (vegetables), buah-buahan (fruits) dan hewan (animals). maka kalau bisa hadirkan semua benda-benda yang akan dihafal dalam jumlah sedikit saja, misalnya buah ada dua, sayur ada dua dan hewan ada dua.

Kemudian anak anak diberi nyanyian untuk menghafal masing masing benda. Sambil dimulai dari benda yang termudah dahulu, misalnya hewan yang lebih menarik (kucing dan hamster) baru kemudian buah buahan (jeruk dan mangga) baru kemudian sayur-sayuran (tomat dan wortel). usahakan menghafal benda-benda yang sudah familiar di lingkungan anak anak sejak kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *