belajar bahasa jerman dasar

Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Dasar

Posted on

Belajar Bahasa Jerman Dasar – Selamat datang di pelajaran bahasa Jerman dasar. Kalau pengetahuan bahasa Jermanmu baru sebatas guten morgen, danke, bitte, dan kamu sudah memutuskan untuk serius mempelajari bahasa Jerman, maka kami memiliki panduan bahasa Jerman dasar yang tepat buat kamu.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi yang bermanfaat sebelum kamu mulai belajar bahasa Jerman. Belajar tidak selalu menyenangkan. Tapi sikap yang tepat akan membantumu memahami bahasa Jerman dengan cepat.

Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Dasar

tips belajar bahasa jerman dasar

1.Buat tujuan dan rencana yang jelas

Ada istilah Rome wasn’t built in a day atau Roma tidak dibangun dalam semalam. Langkah pertama untuk belajar bahasa Jerman adalah membuat tujuan cerdas dan realistis. Ini penting karena akan membantu kita dalam mengatur waktu dan merencanakan pembelajaran.

Untuk membuat tujuan yang terukur, berikut ini level bahasa Jerman

Baca Juga:  Kekurangan Dan Kelebihan Mengikuti Les Bahasa Jerman

•Level dasar = A1, A2

•Level menengah = B1, B2

•Level mahir = C1, C2

Biasanya seseorang akan dianggap fasih jika mereka telah mencapai level B2 atau lebih tinggi. Pada level ini kita akan mampu berkomunikasi dengan nyaman pada hampir semua keadaan. Kalau kalian menetapkan tujuan belajar agar mencapai level B2, itu akan lebih baik dibanding tujuan yang tidak terukur, misalnya tujuannya agar mencapai level “fluent” atau “fasih”.

Setelah memiliki tujuan yang jelas, kamu juga disarankan untuk membuat rencana belajar (study plan). Study plan akan membantu kita untuk mengatur dan memaksimalkan waktu. Beberapa hal yang perlu kamu tetapkan diantaranya :

1) berapa banyak waktu yang bisa kamu sisihkan per hari?

2) berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan?

3) sumber pembelajaran yang dimiliki. Semakin banyak sumber, interaktif dan menyenangkan, maka semakin baik.

2.Mulai dengan suara

Setelah punya tujuan dan rencana yang jelas, pertanyaan berikutnya adalah, harus mulai darimana? Jawabannya sederhana : mulailah dari suara. Belajar mendengar, mengeja, dan mengucapkan suara berbahasa Jerman akan sangat berguna, bahkan sebelum kamu menghapal kata dan tahu artinya.

Tidak seperti bahasa Inggris, sebagian besar kosakata bahasa Jerman diucapkan seperti yang tertulis. Misalnya “name” dalam bahasa Jerman dibaca “name”, sedangkan “name” dalam bahasa Inggris dibaca “nem”. Dalam bahasa Inggris juga ada kata yang antara tulisan dan pengucapan benar-benar berbeda. Contohnya “one” yang dibaca “wan”, sedangkan dalam bahasa Jerman “eins” dibaca “ains”

Baca Juga:  Syarat Utama Diterima Sebagai Mahasiswa Kampus Di Jerman

Selain itu, kamu juga harus mulai dengan mempelajari alfabet Jerman. Terdapat beberapa alfabet yang pengucapannya berbeda dengan bahasa Indonesia, diantaranya ü (dibaca ue), ö (dibaca oe), ä (dibaca ae), q (dibaca ku), j (dibaca yot), w (dibaca vhe), dan y (dibaca ipsilon).

Alfabet Jerman sama dengan Indonesia, tapi ada 4 huruf tambahan : ä, ö, ü dan ß. Aneh ya? Jangan khawatir, kamu bisa menguasainya dengan cepat. Kuncinya adalah sering mendengarkan bunyi dan ejaan Jerman sehingga tidak terasa asing lagi.

3.Pelajari beberapa kosakata dasar

Langkah berikutnya dalam belajar bahasa Jerman dasar adalah mulai mengenal dan menghapal kosakata. Ada beberapa tips agar bisa menguasai kosakata dengan cepat

•Mulai pelajari kosakata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari

•Praktekkan kosakata yang sudah dihapal

•Jangan buang waktu mempelajari kosakata yang tidak akan kamu gunakan

•Pelajari beberapa kosakata Jerman mirip dengan bahasa Inggris, misalnya : “bch (buku), kaffee (kopi) dan Restaurant (restoran)

Banyak ahli mengatakan bahwa menguasai 300 kata Jerman sudah cukup untuk melakukan percakapan sehari-hari. Pelajari 300 kata dulu, maka kamu akan bisa berkomunikasi lebih cepat dengan usaha yang lebih sedikit. Setelah itu, kamu bisa menambah, setidaknya 1000 kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Jerman.

 

4.Mengenal tata bahasa

Setelah mengetahui beberapa kosakata dasar, selanjutnya adalah mempelajari grammar atau tata bahasa. Di sini kita akan mempelajari bagaimana membentuk kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Jemran.

Tata bahasa dalam bahasa Jerman mirip dengan bahasa Inggris. Dalam bahasa Jerman juga dikenal tenses, konjugasi, serta kata kerja infinitive. Jadi buat kamu yang memiliki dasar bahasa Inggris yang baik, tidak akan terlalu sulit untuk memahaminya.

5.Latihan dan latihan

Pada akhirnya, “practice makes perfect”. Bahasa Jerman juga perlu banyak latihan, tapi ada beberapa tips dalam berlatih bahasa Jerman, diantaranya

•Baca buku, koran, menonton film, atau mendengarkan radio berbahasa Jerman akan memberikan efek luar biasa dalam memahami kosakata Jerman

•Cobalah untuk berinteraksi dengan bahasa Jerman setiap hari. Kamu bisa berbicara langsung dengan teman atau saudara, menulis email dalam bahasa Jerman, ikut berkontribusi dalam grup berbahasa Jerman, dan bergabung dengan grup percakapan berbahasa Jerman

•Jangan takut membuat kesalahan untuk berbicara bahasa Jerman, karena kesalahan adalah tanda kemajuan. Kalau kamu berbicara dengan penutur asli, mereka akan membantu membetulkan kesalahan kita

Baca Juga:  Dasar-Dasar Kata Kerja Bahasa Jerman Bentuk Present Tense

Nah, pastikan kamu tetap berlatih dengan gembira. Hal ini akan membuatmu tetap termotivasi serta belajar bahasa Jerman dasar akan menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Ingin tahu lebih banyak mengenai pembelajaran bahasa Jerman dasar, dapatkan informasi lengkapnya dengan menghubungi nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini Viel Glück!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *