belajar bahasa jerman otodidak

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dengan Mudah

Posted on

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Ketika kamu belajar Matematika, pasti terbiasa belajar selama berjam-jam dengan sebuah buku, dan pada akhirnya kamu akan siap ketika waktu ujian tiba. Tapi, mungkinkan cara ini digunakan untuk belajar bahasa Jerman tanpa bicara dengan siapapun.

Kalau kamu ingin belajar bahasa Jerman secara otodidak, kamu bisa menggunakan buku grammar, software, atau belajar melalui website. Dengan belajar dari buku, kita akan mendapatkan pengetahuan pasif tentang bahasa Jerman.

Baca Juga:  Cara Kuliah di Jerman Serta Persyaratan yang diperlukan

Tapi tetap saja kita harus mempraktekkan teori yang kita pelajari. Kalau kamu kurang praktek, maka kamu tidak akan terbiasa berbicara bahasa Jerman, mendengar bunyi kata dan kalimat, dan tidak bisa berpikir cepat untuk menjawab lawan bicara. Nah buat kamu yang belajar bahasa Jerman otodidak, usahakan untuk menemukan metode belajar yang interaktif.

5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dengan Mudah

belajar bahasa jerman otodidak
Berikut ini beberapa website interaktif yang memungkinkan untuk belajar bahasa Jerman secara otodidak tanpa guru

1.Website yang memungkinkan terhubung dengan orang lain

•www.lang-8.com – website yang bagus untuk meningkatkan kemampuan pemula. Kamu bisa upload tulisan agar dicek benar atau tidaknya, lalu seseorang akan memperbaiki tulisan kamu

•www.Italki.com – situs web ini memungkinkan siswa menemukan guru privat online dengan pembelajaran melalui percakapan video. Kalau kamu tidak ingin membayar guru profesional, kamu bisa saja mencari partner belajar dan mendapatkan pengajaran gratis

•www.Meetup.com – situs ini akan membantumu bergabung dengan komunitas belajar bahasa Jerman online. Kamu bisa ikut dalam pertemuan rutin sesama pembelajar bahasa Jerman. Dengan menemukan teman yang punya minat sama, keterampilan bahasa Jermanmu semakin terasah sekaligus menambah motivasi untuk berlatih.

2.Website untuk belajar listening

• Deutsche Welle di www.dw.com – merupakan situs belajar bahasa Jerman gratis dengan berbagai media, baik E-learning di depan komputer, video, audio, ataupun dengan materi tulisan. DW menyediakan layanan stasiun televisi dan radio Jerman kepada warga Jerman maupun luar Jerman.

DW mengklaim, jumlah pemirsa dan pendengarnya mencapai 100 ribu orang tiap minggunya dari seluruh dunia

Baca Juga:  5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation Tanpa Ribet

•www.GermanPod101.com – GermanPod101 menyediakan pelajaran bahasa Jerman gratis yang dirilis tiap minggu. Kamu bisa mendapatkan pelajaran bahasa Jerman yang menyenangkan dan informatif sambil membersihkan kamar atau memasak.

•www.fluentu.com – website ini menyediakan materi pembelajaran bahasa Jerman dalam format video maupun audio. Materi pembelajaran banyak menampilkan percakapan dalam dunia nyata. Website ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulai pembelajaran bahasa Jerman

3.Website untuk berlatih soal latihan

Selain website yang menampilkan cara belajar bahasa Jerman otodidak dalam bentuk audio visual, ada beberapa situs yang memberi penjelasan tentang tata bahasa atau grammar. Situs web ini juga memiliki banyak soal latihan dari tingkat pemula hingga level advance. Beberapa website tersebut diantaranya www.german.net, www.deutsch-lernen.com, www.german.tolearnfree.com, maupun www.deutsch.lingolia.com.

Disamping belajar dengan memanfaatkan media online, belajar bahasa Jerman otodidak bisa juga dilakukan dengan cara lain berikut ini

4.Menciptakan suasana Jerman di dalam rumah

Cara terbaik untuk mahir bahasa Jerman memang dengan tinggal langsung di Jerman dan berkomunikasi tiap hari dengan penutur asli. Tapi kamu juga bisa menciptakan suasana Jerman di rumahmu, diantaranya dengan mengatur komputer menjadi multilingual dan berbahasa Jerman, namai barang-barang dengan bahasa Jerman dan tempelkan di barang tersebut, maupun baca buku-buku dalam bahasa Jerman yang disertai gambar.

5.Komunikasi dengan native speaker

Pada akhirnya tujuan utama belajar bahasa Jerman otodidak adalah bisa berkomunikasi dalam dunia nyata. Penting untuk menemukan native speaker yang bisa diajak berlatih percakapan bahasa Jerman tiap hari. Kamu bisa mencari komunitas bahasa Jerman di kotamu. Untuk yang tinggal di kota pendidikan, tidak akan sulit menemukan komunitas seperti ini.

Baca Juga:  Rekomendasi 4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

Jika beberapa metode belajar bahasa Jerman otodidak tersebut tidak membawa kemajuan atau kamu perlu memahami bahasa Jerman dengan cepat, ada baiknya mengikuti kursus baik secara privat ataupun klasikal.

Dengan ikut kursus, kamu akan dibimbing dengan metode pembelajaran yang efektif sehingga tidak membuang waktu percuma. Untuk mendapatkan saran mengenai pembelajaran bahasa Jerman, kamu bisa menghubungi Virtu Education berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan atau di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi alamat www.virtueducation.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *