Belajar Bahasa Norwegia untuk Pemula

Posted on

Belajar Bahasa Norwegia  – Norwegia adalah salah satu negara nordic yang berlokasi di sekitar Semenanjung Skandinavia bagian selatan. Di semenanjung Skandinavia ini, Norwegia berbatasan dengan negara Swedia, Finlandia, dan Rusia serta berbatasan laut di wilayah selatan dengan negara-negara eropa tengah seperti Perancis, Jerman dan Belanda serta austria.

Karena berada di wilayah Nordic, maka Norwegia mempunyai budaya dan suku yang berbeda jika dibandingkan dengan negara negara eropa lainnya. Misalnya adalah suku-suku Norwegia jelas sekali berbeda dengan suku dan budaya yang ada di negara Perancis, Jerman, Belanda dan juga Austria.

Salah satu hal yang membedakan adalah suku Nordic, yang mendiami wilayah Norwegia merupakan suku yang terbiasa hidup dengan budaya alam berburu, hidup dalam musim dingin yang panjang dan lebih banyak terasosiasi dalam budaya hidup di air, gletser dan juga kutub utara. Hal ini bisa menjadi alasan karena di wilayah Semenanjung Skandinavia telah berbatasan langsung dengan daerah-daerah kutub utara.

Karena alasan-alasan di atas, maka bahasa Norwegia, berasal dari akar budaya orang-orang Nordic tidak mempunyai kesamaan jika dibandingkan dengan budaya dan bahasa di eropa tengah dan barat seperti rumpun Jermanik, Belanda, dan juga Perancis yang masih mempunyai keterkaitan kecil satu sama lain.

Nah, jika anda ingin belajar bahasa Norwegia, maka anda perlu memperhatikan alasan-alasan budaya dan bahasa di atas. Apalagi jika anda ingin melanjutkan studi atau bekerja di Norwegia, maka salah satu hal yang mesti anda pastikan adalah belajar bahasa Norwegia untuk bekal anda beradaptasi di negara nordic ini.

Secara spesifik sebenarnya kampus-kampus di Norwegia tidak akan meminta mahasiswa internasional untuk belajar bahasa norwegia, biasanya kampus-kampus dua besar seperti Universitas Oslo dan Universitas Bergen hanya meminta sertifikat TOEFL atau IELTS bagi mahasiswa internasional.

Baca Juga:  Seputar Kehidupan di Norwegia

Akan tetapi belajar bahasa norwegia akan memudahkan anda untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di kampus tempat anda berkuliah di Norwegia. Selain itu belajar bahasa norwegia akan memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan warga lokal, misalnya ketika anda naik transportasi umum, berbelanja grosiran di supermarket di akhir pekan, serta mengakrabkan diri dengan teman-teman mahasiswa yang berasal dari norwegia.

Secara khusus juga, belajar bahasa norwegia di Indonesia jarang sekali bisa ditemukan lembaga-lembaga kursus yang menyediakan jadwal khusus belajar bahasa norwegia. Biasanya para mahasiswa yang tertarik untuk studi ke norwegia mereka akan belajar bahasa norwegia secara otodidak (mandiri).

Beberapa tips belajar bahasa norwegia secara mandiri bagi pemula adalah, pelajarilah bahasa norwegia dari hal hal yang rutin kita lakukan, misalnya dari kata kata sapaan, kemudian kosakata-kosakata yang sering kita temui di kampus, di transportasi umum dan juga beberapa kata sulit yang mungkin berkaitan dengan bidang studi anda.
Berikut beberapa hal dasar belajar bahasa norwegia yang bisa anda pelajari secara mandiri:

Belajar bahasa norwegia untuk kata kata sapaan:

Selamat pagi: god Morgen
Selamat siang: god ettermiddag
Selamat malam; god natt

Belajar bahasa norwegia untuk kosakata-kosakata di kampus:

Kelas: klassen
Kurikulum: laereplanen
Profesor/dosen: professor/forelesser

Belajar bahasa norwegia untuk kosakata di transportasi umum:

Tiket: billet
Loket: vindusvindu
Peron: plattform
Kereta: toget
Trem: trikken

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *