Belajar Grammar Bahasa Inggris Secara Menyenangkan

Posted on

Belajar grammar bahasa inggris adalah salah satu part tersulit dalam belajar bahasa inggris tingkat dasar. Kenapa disebut tersulit karena mempelajari grammar biasanya diawali dari ketidaktahuan soal tata bahasa inggris yang belum familiar di pemikiran kita. Sebagian orang memamg menganggap grammar adalah bagian tersulit, sementara yang lain menganggap bagian tersulit adalah di listening (mendengarkan), berbicara (speaking) atau malah reading (membaca).

Apa itu grammar? grammar adalah ilmu tata bahasa inggris yang menjelaskan tata cara penyusunan sebuah kalimat dalam bahasa inggris untuk menjelaskan kondisi waktu dan ruang dimana sebuah peristiwa tersebut terjadi.

Misalnya jika ada sebuah peristiwa diceritakan hari ini harus menggunakan rumus grammar tertentu, sementara jika peristiwa yang diceritakan bergeser menjadi tadi pagi atau kemarin maka akan menggunakan rumus grammar yang berbeda jika dibandingkan dengan rumus grammar yang sekarang.

Tata bahasa inggris yang disebut grammar ini berbeda dengan tata bahasa Indonesia soal penempatan letak waktu dan peristiwa, jika di dalam tata bahasa indonesia bisa diberikan imbuhan kata penerang waktu, seperti: tadi siang saya makan bersama adik saya, atau kemarin saya berkunjung ke Bandung.

Sementara grammar bahasa inggris tidak bisa seperti tata bahasa Indonesia, grammar adalah penyusunan pola bahasa inggris yang melibatkan kata kerja, kata benda dan kata sifat yang sangat berkaitan dengan waktu yang sedang dibicarakan. Grammar adalah pemandu utama ketika anda sedang berbicara menerangkan sebuah peristiwa apakah terjadi di masa lampau, masa sekarang atau masa nanti (masih dalam angan-angan).

Rumus grammar secara sederhana dapat dipisahkan menjadi tiga ruang: ruang pertama adalah hari ini, yang biasanya dicirikan dengan imbuhan verb-ing. Sementara ruang kedua adalah masa lalu, yang biasanya dicirikan dengan was, were, have been, has been dan kata penerang masa lalu.

Baca Juga:  Jenis dan Rumus Past Tense Dalam Tata Bahasa Inggris

Sementara ruang yang ketiga adalah masa depan yang dicirikan dengan kata kata would, will, would have dan sederet kata penerang masa depan seperti going to, is going to hingga will have to.

Grammar bahasa inggris juga mengenal kata kerja yang disesuaikan dengan ruang ruang yang disebutkan di atas, jika anda menerangkan sebuah peristiwa dalam ruang masa kini, maka anda menggunakan kata kerja berjenis verb satu. Kenapa harus verb satu, karena verb satu bisa dijadikan verb- plus ing. Seperti: study menjadi studying dan dimasukkan ke dalam kalimat: I’am studying in university.

Sementara jika anda menggunakan rumus grammar untuk masa lalu, entah tadi pagi, kemarin, tahun lalu bahkan beradab abad yang lalu, maka kata kerja yang digunakan merupakan kata kerja verb dua atau verb tiga. Penunjukkan kata kerja verb dua atau verb tiga ini untuk menjelaskan bahwa peristiwa yang anda terangkan telah terjadi kemarin, lusa, dan terjadi sepanjang masa lalu.

Rumus untuk ruang masa lalu ini terbagi atas tiga hal, pertama, masa lalu seperti kemarin dan tadi pagi serta masa lampau bisa menggunakan verb dua dan verb tiga. Sementara jika anda menerangkan sebuah peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu tertentu pada masa lampau, maka tetap menggunakan kata kerja verb satu dengan imbuhan -ing.

Misalnya rumus grammar bahasa inggris yang sedang menerangkan kejadian kemarin; saya kemarin berkunjung ke bandung, yesterday, I went to Bandung. Bandingkan dengan: Dulu, Indonesia dijajah oleh Belanda menjadi Indonsia was colonized by Dutch.

Lalu, bagaimana jika menerangkan bahwa Indonesia pernah berperang dengan Belanda selama ratusan tahun lamanya? Karena anda menerangkan sebuah peristiwa dalam kurun waktu tertentu di masa lampau, maka anda bisa menggunakan verb-ing: menjadi “Indonesia was fighting with Dutch for hundred years”

Baca Juga:  Kata Kata Mutiara dalam Bahasa Inggris untuk motivasi kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *