5 Langkah Belajar Grammar Dari Nol

Posted on

Belajar Grammar- Apakah sekarang kalian sedang belajar grammar di SMP atau SMA? Atau kalian sedang mengulang-ulang pelajaran grammar bahasa Inggris? Sekarang kita akan bahasa bersama langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa meningkatkan kemampuan grammar.

Buat kamu yang lagi kebingungan dengan grammar, tunggu apalagi? Sekarang saatnya kita belajar bersama.

1.Ketahui bagian-bagian kalimat

Hal pertama yang harus kita ketahui saat mulai belajar grammar adalah mengetahui bagian-bagian kalimat. Berdasarkan jenis kata, terdapat 8 bagian kalimat. Setiap kata dalam kalimat bahasa Inggris dapat dimasukkan ke dalam salah satu dari 8 kelompok kata di bawah ini,

•Noun (kata benda)

Bisa berupa nama orang, nama tempat, nama benda, dll. Dalam kalimat, noun bisa menempati beberapa posisi, diantaranya sebagai subjek dan objek.

•Pronoun (kata ganti)

Pronoun berfungsi sebagai pengganti kata benda. Terdapat banyak jenis pronoun, diantaranya I, it, she, he, you, we, they, me, us, her, him, this, that, who, who, which, these, serta those.

•Verb (kata kerja)

Verb adalah kata yang menunjukkan aksi, tindakan, atau pekerjaan yang dilakukan. Contohnya, swim, play, read, write, dll.

•Adjective (kata sifat)

Merupakan kata yang menjelaskan atau menggambarkan keadaan noun (kata benda) dan pronoun (kata ganti). Misalnya, big, small, beautiful , young, old, dll

•Adverb (kata keterangan)

Adverb adalah kata yang menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), serta adverb lainnya. Beberapa jenis kata keterangan diantaranya keterangan waktu, tempat, frequency, dll. Ada juga katanterrogative verb yang akan menjawab pertanyaan how, when, where, dan why.

•Preposition (kata depan)

Preposition bertugas untuk menghubungkan noun atau pronoun dengan bagian lain dalam kalimat. Contoh preposition diantaranya in, at, on, under, with, of, dll.

Baca Juga:  Contoh Narrative Text Singkat Cinderella dan Artinya

•Interjection (kata seru)

Interjection digunakan untuk mengekspresikan emosi seperti kegembiraan, kesedihan, bahagia, maupun kecewa. Secara grammar, interjection tidak terhubung dengan kalimat. Contoh interjection diantaranya hey, wow, congratulations, ugh, dear, huh, oops, dll.

•Conjunction (kata hubung)

Conjunction menghubungkan dua atau lebih kata, frasa, klausa, atau kalimat. Contoh conjunction diantaranya but, or, and, however, if, dll.

2.Pahami dasar-dasar struktur kalimat

Belajar struktur bahasa Inggris, tidak bisa lepas dari 16 tenses yang ada. 16 tenses ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena sudah ada rumus baku untuk menyusunnya. Tenses menjadi dasar penyusunan kalimat agar sesuai dengan aturan grammar atau tata bahasa Inggris.

Tenses memang terasa kurang familiar kalau kita baru belajar bahasa Inggris. Tapi kalau sudah terbiasa menggunakan tenses dalam kalimat atau percakapan, tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya.

3.Mempelajari frasa dan klausa

Frasa dan klausa merupakan 2 hal yang berbeda, tapi keduanya sama-sama gabungan kata yang terdiri dari dua kata atau lebih dan menjadi bagian penting dalam pembentukan kalimat. Frasa merupakan gabungan kata tapi tidak mengandung subjek dan predikat. Frase biasanya berfungsi sebagai complement atau pelengkap, sehingga dia tidak bisa berdiri sendiri

Contoh frasa : smart boy, very big, at home, slowly and carefully, dll. Frasa bukanlah kalimat, sehingga frasa tersebut harus ditambahi dengan subjek dan predikat agar membentuk sebuah kalimat.

Kebalikan dari frasa, klausa terdiri dari subjek dan predikat tapi tidak ada complementnya. Contoh klausa : “I study physics”, “they play football”, dll. Belajar frasa dan klausa akan sangat berguna saat menerapkannya dalam kalimat.

4.Membaca artikel yang memiliki susunan grammar baik

Selain menambah kosakata, sering membaca artikel juga akan meningkatkan pemahaman grammar. Saat membaca artikel berbahasa Inggris, kamu akan melihat bagaimana kalimat disusun dengan aturan tata bahasa atau grammar yang benar. Kebiasaan berinteraksi dengan artikel berbahasa Inggris membuat kalian peka dengan grammar dan akan membantu saat kalian diharuskan menulis kalimat berbahasa Inggris.

Baca Juga:  Tempat Les PTE Jakarta Terbaik

5.Latih dengan percakapan

Belajar teori grammar terus-menerus tanpa berlatih percakapan pasti terasa membosankan. Disamping itu, teori yang telah dikuasai bisa lupa kalau tidak dipraktekkan. Ada pepatah mengatakan “practice makes perfect”. Nah, pastikan kalian selalu praktek percakapan sejak hari pertama belajar grammar.

Selain bisa memperkuat pemahaman grammar, berlatih percakapan akan membantumu mengetahui kesalahan yang masih kamu lakukan. Jadi jangan takut salah untuk bicara. Kalau kamu berlatih dengan partner yang tepat, mereka akan membantu untuk mengoreksi kesalahanmu.

Nah itu dia 5 langkah yang akan membantumu belajar grammar. Jangan lupa juga untuk rajin mengerjakan soal-soal latihan grammar ya. Karena latihan soal akan mempertajam pemahaman dan kamu akan ingat terus teori yang sudah dipelajari. Terima kasih sudah berkunjung ke halaman ini dan sukses selalu ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *