Belajar Huruf Jepang

Posted on

Belajar Huruf Jepang – Salah satu syarat utama untuk menguasai bahasa jepang adalah belajar huruf jepang sampai mahir. Kenapa harus begitu? Karena sistem bahasa jepang berbeda dengan sistem bahasa bahasa pada umumnya. Jika bahasa inggris dan bahasa indonesia ditulis menggunakan huruf latin, maka bahasa jepang ditulis menggunakan huruf jepang yang terdiri atas huruf hiragana, huruf katakana dan juga huruf kanji.

Sistem ini mewajibkan seluruh pemula yang akan belajar bahasa jepang untuk mempelajari huruf jepang dari tingkat dasar, itu berarti anda akan memulai belajar bahasa jepang dari huruf hiragana, huruf katakana baru kemudian huruf kanji. Ketiga huruf ini adalah pembentuk kosakata-kosakata bahasa jepang.

Jadi, jika anda memutuskan untuk mengikuti les atau kursus bahasa jepang, maka tahap yang paling awal yang mesti anda siapkan adalah proses belajar huruf hiragana, huruf katanana dan huruf kanji. Dari ketiga huruf ini, hanya huruf kanji yang memerlukan proses belajar lebih disiplin dan mendalam karena biasanya agak susah. Sementara huruf hiragana dan huruf katakana relatif lebih mudah untuk dikuasai.

Biasanya berlatih huruf hiragana dan huruf katanana akan memakan waktu enam bulan sampai dengan satu tahun, karena akan belajar dua hal sekaligus, seperti belajar cara menulis huruf hiragana yang benar untuk beberapa kosakata bahasa jepang, kemudian juga belajar menulis huruf katakana untuk beberapa kosakata bahasa jepang.

Dua huruf ini, huruf hiragana dan huruf katakana akan selalu anda jumpai dimanapun dan kapanpun, jadi belajarlah sungguh-sungguh untuk menguasai huruf huruf jepang ini, baru setelah anda sukses mempelajari huruf hiragana dan huruf katakana, anda bisa belajar menghafal ribuan kosakata bahasa jepang untuk menambah wawasan anda.

Baca Juga:  Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang dengan sistem quantum learning

Setelahnya anda bisa melanjutkan diri mempelajari huruf kanji yang menjadi bagian dari huruf-huruf jepang dengan ribuan variasinya. Apa itu huruf kanji? Kanji sendiri adalah huruf simbol yang diambil dari simbol-simbol alam, kehidupan dan budaya jepang, dan bisa merepresentasikan sebuah kosakata. Sehingga menghafal huruf kanji amat sangat penting untuk memahami penggunaan huruf hiragana dan huruf katakana pada beberapa kosakata.

Jumlah huruf kanji sendiri dalam susunan huruf jepang bisa beraneka ragam dan bisa berjumlah ribuan, ini belum termasuk huruf-huruf kanji yang tidak familiar dalam dunia publik dan biasanya digunakan dalam kebudayaan jepang yang sangat kental dengan simbol-simbol yang melukiskan sistem agraris negara jepang pada masa itu.

Setelah mempelajari huruf hiragana, huruf katakana dan huruf kanji, proses selanjutnya adalah mempelajari tata bahasa jepang. Tata bahasa ini seharusnya termasuk dalam proses belajar huruf-huruf jepang di atas, tetapi bisa dikemudian hari setelah anda memastikan bisa menguasia huruf huruf jepang seperti huruf hiragana, huruf katakana dan juga huruf kanji.

Cara belajar huruf huruf jepang yang efektif adalah anda menyiapkan beberapa ratusan kertas bekas dan sebuah kuas yang bisa digunakan untuk menulis huruf huruf jepang. Cara ini dibuat agar belajar huruf huruf jepang anda terasa menyenangkan (walaupun sebenarnya belajar huruf hiragana dan huruf katakana telah memiliki buku sistem pembelajaran sendiri dalam kotak-kotak tertentu).

Penggunaan kuas dan juga cat serta kertas kertas bekas ini untuk meramaikan kamar tidur anda, kelas tempat anda mengikuti les dan kursus sehingga setelah selesai pembelajaran, huruf huruf jepang tadi bisa anda tempelkan di tembok dan kemudian anda abadikan di media sosial untuk kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *