Cara Ampuh Belajar IELTS Secara Otodidak

Posted on

Belajar IELTS – Buat anda yang berencana kuliah di luar negeri dan sedang mempersiapkan diri untuk tes IELTS, pernahkah anda berpikir berpikir untuk belajar IELTS otodidak? Ada beberapa keuntungan belajar IELTS otodidak, diantaranya anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja.

Anda tidak harus pergi ke kelas dan bisa lebih hemat waktu. Beberapa orang mengaku harus belajar IELTS otodidak karena jadwal kursus bertabrakan dengan jam kerja mereka. Tidak ada salahnya ada belajar IELTS secara mandiri, yang penting anda konsisten, tetap menjaga semangat, dan bisa menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan.

Nah, berikut ini cara belajar IELTS otodidak yang bisa membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda secara keseluruhan : 

  • Listening

Ada beberapa cara meningkatkan kemampuan listening, diantaranya adalah dengan mendengarkan siaran berita berbahasa Inggris. Anda bisa lakukan dengan mendengarkan berita BBC setiap hari setidaknya selama 30 menit per hari. Mendengar berita berbahasa Inggris akan menambah perbendaharaan kosakata dan membuat anda terbiasa mendengar percakapan penutur asli dengan kecepatan standard.

Selain itu, teruslah menonton film berbahasa Inggris tanpa terjemahan. Cobalah mengikuti sebagian besar dan berusaha memahami isi percakapan dalam film tersebut. Latihan listening tiap hari akan meningkatkan kepercayaan diri anda saat berhadapan dengan tes IELTS yang sebenarnya.

  • Reading

Sesi reading akan menguji kemampuan anda dalam memahami teks berbahasa Inggris dalam waktu singkat. Anda diminta menentukan pokok pikiran atau ide utama dari  tiap paragraf. Saran terbaik untuk sesi reading adalah membiasakan diri membaca koran berbahasa Inggris setiap hari.

Cara cepat untuk memahami tulisan panjang yang ada pada koran adalah dengan memahami bagian-bagian terpenting. Tips lainnya adalah dengan memberikan perhatian lebih pada bagian yang menampilkan tanggal, nama orang, tempat, dan kata kunci lainnya. Ini akan menghemat banyak waktu.

Banyak peserta yang gagal mengatur waktu selama sesi reading ini. Jika anda tidak menemukan jawaban pada satu pertanyaan, jangan membuang-buang waktu dengan berkutat pada pertanyaan tersebut. Tinggalkan dan lanjut ke pertanyaan berikutnya.

  • Writing

Bagi kebanyakan peserta tes, writing menjadi salah satu bagian terberat. Bahkan mereka yang mengklaim bahasa Inggris sebagai bahasa aslinya, sering gagal ada sesi ini. Anda diminta membuat 2 jenis tulisan, esai analisa grafik sebanyak 150 kata dan esai analisa masalah sebanyak 250 kata. Sesi writing akan menguji kemampuan anda untuk membuat tulisan secara cepat dengan kosakata dan grammar yang benar.

Kemampuan menulis tidak bisa didapat dalam satu malam. Sehingga tidak ada cara lain selain latihan dan latihan. Jika anda tidak memiliki pandangan bagaimana membuat esai pada tes IELTS, anda bisa melihat contoh soal writing dan penyelesaiannya di beberapa website tentang IELTS.

Misalnya saja di www.ielts-blog.com atau www.ielts-mentor.com. Ikuti sebanyak mungkin contoh esai IELTS di internet. Di sana anda bisa menemukan contoh writing IELTS yang dibuat oleh peserta dan koreksi yang dilakukan oleh guru IELTS.

  • Speaking

Pada sesi speaking IELTS, anda tidak hanya merekam suara di computer lalu hasil rekaman dikirim ke penguji. Tapi anda benar-benar dihadapkan dengan penguji langsung secara empat mata. Anda harus bisa menjawab pertanyaan yang diajukan penguji dengan bahasa yang lancar, jelas, dan gampang dipahami.

Cara terbaik belajar IELTS speaking adalah dengan sering-sering bicara dengan orang yang berbahasa ibu Bahasa Inggris atau native speaker. Ini bisa anda temukan di komunitas belajar Bahasa Inggris atau ikut kursus. Lembaga kursus yang baik mestinya menyediakan native speaker di tiap kelasnya.

Kalaupun anda tidak menemukan native speaker di kota anda, masih ada cara lainnya yaitu dengan bergabung dengan komunitas belajar Bahasa Inggris online. Melalui beberapa alamat web seperti www.Meetup.com atau www.Couchsurfing.com, anda akan dipertemukan komunitas Bahasa Inggris dari seluruh dunia. Bahkan anda berkesempatan untuk bertemu dengan native speaker dan berkomunikasi dengannya.

Nah itu tadi beberapa cara belajar IELTS otodidak. Kamu berlatih secara fleksible tanpa terikat jadwal. Namun alangkah baiknya kalau latihan IELTS otodidak digabungkan dengan belajar di lembaga kursus. Kalian akan mendapat banyak manfaat dan trik-trik menarik agar memperoleh skor IELTS tinggi.

Untuk konsultasi dan informasi tentang metode terbaik belajar IELTS, kunjungi www.westwoodprep.com berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan atau hubungi 0812-100600-75 untuk mendapatkan fast response.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *