Rahasia Skor Tinggi Dengan 5 Tips Belajar TOEFL Mandiri

Posted on

Belajar TOEFL – Menjadi salah satu tes bahasa Inggris yang paling banyak digunakan di dunia, TOEFL dirancang untuk menguji kemampuan orang-orang dari negara yang bahasa ibu-nya bukan bahasa Inggris. Tes yang diadakan oleh ETS (Educational Testing Service) ini mengukur kemampuan kandidat dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris di tingkat Universitas. Biasanya hasil tes TOEFL diperlukan untuk mendaftar studi di Universitas di Eropa, Amerika, dan negara tujuan studi lainnya.

Tes TOEFL akan menilai 4 jenis kemampuan yang mendukung perkuliahan, yaitu mendengar (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking) dengan durasi berkisar antara 3 jam 10 menit hingga 4,5 jam. Saat ini ada 2 jenis tes TOEFL yang umum digunakan di Indonesia, yaitu ITP (Institutional Testing Program) dan IBT (Internet Based Test).

Mungkin ada diantara kalian yang bertanya-tanya, seberapa sulitkah tes TOEFL, bagaimana cara mempersiapkannya, atau media apa saja yang bisa digunakan untuk belajar TOEFL? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini beberapa cara belajar TOEFL yang akan membantumu mempersiapkan tes TOEFL dan mendapat skor yang memuaskan

1.Baca dan dengar berita berbahasa Inggris

Salah satu cara terbaik meningkatkan kemampuan reading dan listening adalah dengan memperhatikan berita. Mendengar siaran berita berbahasa Inggris akan meningkatkan kosakata. Secara tidak langsung, otomatis membuat kita belajar grammar tingkat tinggi serta belajar listening dengan kecepatan percakapan yang alami.

Kamu bisa memulai, misalnya dengan mendengarkan berbagai video berita bahasa Inggris yang ada di situs web VOA Learning English. Situs ini menawarkan berita berbahasa Inggris dalam bentuk artikel dan video dengan 3 tingkat kesulitan, tingkat satu satu (mudah), dua (sedang), dan tiga (sulit).

Situs lain yang bisa dicoba adalah BBC Learning English. Situs ini menyediakan animasi berseri yang disebut dengan “English at University”. Di sini kalian akan diajari kata-kata dan frase yang biasa digunakan ketika belajar di negara berbahasa Inggris.

Baca Juga:  Kegunaan Seertifikat TOEFL Untuk Studi Luar dan Dalam Negeri

2.Berbicara dengan native speaker

Karena pada tes TOEFL ada tes speaking, maka kamu harus memastikan memiliki kemampuan berbicara standar dan bisa dipahami penutur asli. Cara terbaik latihan speaking adalah berlatih dengan native speaker. Native speaker atau penutur asli adalah orang yang bahasa pertamanya adalah bahasa Inggris, terlepas darimana asal negaranya.

Di kota-kota pendidikan, kamu akan mudah menemukan native speaker. Atau kamu bisa bergabung ke komunitas belajar bahasa Inggris atau ikut kursus dengan instruktur seorang native speaker.

Cara lainnya adalah dengan ikut pertemuan komunits belajar bahasa online, misalnya www.Meetup.com atau terhubung dengan native speaker melalui www.Couchsurfing.com. Melalui media belajar online, kalian akan dipertemukan dengan teman-teman sesama pembelajar bahasa Inggris serta native speaker dari seluruh dunia.

3.Tingkatkan kosakata

Kunci sukses TOEFL lainnya adalah menguasai banyak kosakata. Karena sebagian besar materi tes TOEFL berhubungan dengan kosakata. Kamu tidak perlu tahu semua kosakata, tapi penting untuk mengetahui kosakata mana saja yang harus dipelajari dan sering keluar pada tes TOEFL.

4.Gunakan aplikasi atau situs online

Cara belajar TOEFL lainnya adalah melalui situs web atau dengan aplikasi yang bisa diinstal di hape androidmu. Kamu bisa belajar TOEFL dimana saja dan kapan saja. Tidak harus menghabiskan banyak waktu, setidaknya 30 menit tapi rutin akan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan TOEFL kita.

5.Latihan soal

Latihan soal adalah kunci sukses tes TOEFL. Latihan rutin akan membuatmu terbiasa dan percaya diri dengan soal-soal TOEFL, sehingga memudahkan ketika tes TOEFL yang sebenarnya. Latihan soal juga bisa membantu mengevaluasi kemampuan, akan terlihat kekuatan dan kelemahan kita.

5 Cara belajar TOEFL tadi bisa kalian lakukan secara mandiri. Yang penting kalian memiliki fasilitas pendukungnya seperti buku TOEFL, laptop, serta koneksi internet, maka kalian bisa belajar TOEFL dengan bebas. Tapi belajar sendiri tidak selalu mudah, apalagi kalau rasa jenuh, apalagi bosan menghampiri.

Baca Juga:  Pentingnya Menjalani Tes Toefl IBT Jakarta

Selain belajar mandiri, alangkah bagusnya kalau diimbangi dengan mengkuti kursus TOEFL preparation. Mengikuti kursus sangat bermanfaat, karena kalian akan mendapatkan banyak tips yang mungkin tidak didapatkan ketika belajar mandiri. Selain itu, kalian akan bertemu dengan teman-teman dan instruktur yang membuat kalian selalu tertantang untuk menjadi lebih baik.

Ingin tahu lebih banyak tentang metode belajar TOEFL yang efektif? Kunjungi www.westwoodprep.com dan dapatkan informasi mengenai program TOEFL preparation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *