Kondisi Bentang Alam Jerman Paling Eksotik

Posted on

Bentang Alam Jerman – Jerman adalah negara sub tropis yang berada di atas lintang utara dan di sebalah timur dari garis greenwich yang berarti meletakkan jerman berada di daerah bujur timur. Letak jerman di belahan negara sub tropis ini berpengaruh pada pembentukan bentang alam jerman yang dipengaruhi dengan berbedanya musim di jerman dibandingkan dengan di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan Jerman, maka bentang alam jerman dan bentang alam Indonesia memiliki perbedaan yang sangat mencolok karena terkait dengan musim di Jerman dan Indonesia yang juga berbeda. Jika musim di Indonesia hanya terdiri atas musim kemarau dan musim hujan, maka bentang alam yang dimiliki Indonesia merupakan bentang alam yang berkaitan dengan musim hujan dan musim kemarau serta posisi daerah tropis di bawah garis khatulistiwa.

Indonesia memiliki bentang alam berupa pegunungan dan hutan hujan tropis, ciri ciri hutan hujan tropis ini memiliki tumbuh tumbuhan yang sangat khas dengan musim hujan dan musim kemarau yaitu pinus dan jati atau pepohonan lain yang bisa anda temukan di lereng lereng gunung. Ciri hutan hujan tropis ini juga didominasi lumut dan binatang-binatang yang hidup di dua musim seperi gajah, harimau sumatra dan jawa, monyet ataupun binatang seperti babi hutan, babi dan juga anoa.

Sementara bentang alam jerman yang terdiri atas negara dengan empat musim seperti musim semi, musim panas, musim gugur hingga musim dingin membentuk bentang alam jerman yang berbeda dengan Indonesia. Secara geografis, jerman memiliki bentang alam yang memiliki karakter yang sama seperti memiliki pantai dan pegunungan, tetapi memiliki perbedaan soal khas bentang alam sub tropis.

Jika negara Indonesia memiliki bentang alam berupa hutan hujan tropis, maka di jerman juga memiliki hutan hjan sub tropis. Kedua jenis hutan ini memiliki perbedaan mendalam soal karakter hewan dan tumbuhannya, jika di negara empat musim, pohon pohon seperti oak, pohon cemara yang menjadi pohon natal biasanya sangat mendominasi. Anda bisa bandingkan dalam film film hollywood yang mengambil latar belakang hutan hutan di eropa memiliki karakter yang berbeda dengan hutan hutan di Indonesia.

Baca Juga:  Sekilas Bentuk Pemerintahan Jerman Setelah Bersatu

Selain masalah hutan, bentang alam jerman juga memiliki pegunungan yang biasanya disebut dengan pegunungan alpen. Pegunungan alpen jerman berbagi dengan negara negara lain karena bentang alam pegunungan ini memanjang di beberapa negara. Nah, ciri khas dari pegunungan alpen ini adalah memiliki salju abadi yang berada di bagian negara negara tertentu. Kenapa bisa ada salju abadi, karena di beberapa bagian pegunungan alpen merupakan puncak tertinggi yang selalu sejuk setiap bulannya. Kondisi ini mirip dengan kondisi puncak jaya papua yang cukup tinggi, tetapi tentu saja salju di puncak jaya papua berbeda dengan salju di puncak pegunungan alpen.

Selain bentang alam jerman dalam bentuk geografis, hutan dan karakter pegunungan, bentang alam jerman yang cukup menarik untuk dieksplorasi adalah bentang alam peninggalan sejarah. Jika bentang alam di Indonesia peninggalan sejarah biasanya adalah perkebunan perkebunana teh dan kopi dari zaman belanda dengan pabrik pabrik dan lokomotif kereta tuanya, atau jika anda beruntung bisa menemukan beberapa loji bangunan benteng zaman peperangan dahulu kala.

Nah, bentang alam jerman yang sangat memukau adalah peninggalan zaman sejarah di abad pertengahan bernama kastil. Kastil kastil tua dari zaman pertengahan ini bisa ditemukan di beberapa negara bagian, di dekat pegunungan alpen atau bahkan tersembunyi di hutan hujan sub tropis yang dingin dan sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *