4 Bentuk Tes GMAT dan Tips Mudah Untuk Menghadapinya

Posted on

Bentuk Tes GMAT – Mungkin tak banyak orang mengetahui tentang bentuk tes GMAT dan mungkin Anda bertanya-tanya apa sih GMAT itu? dan apakah kegunaan GMAT?

Secara umum GMAT adalah kepanjangan dari Graduate Management Admission yaitu tes standar yang dipergunakan untuk masuk program pasca sarjana di luar negeri untuk jurusan manajemen dan bisnis.

Biasanya GMAT adalah tes yang dipersiapkan untuk seseorang yang ingin melanjutkan pasca sarjana jurusan manajemen dan bisnis di luar negeri dan nantinya akan mendapat gelar MBA.

Lalu, apakah tes GMAT itu susah? Memang terkadang susah karena kita menghadapi serangkaian tes, tetapi bila Kita mempersiapkan diri kita dengan matang maka semuanya akan mudah.

4 Bentuk Tes GMAT yang Perlu Anda Ketahui

Seperti penjelasan artikel sebelumnya tes GMAT terdapat 4 komponen yaitu writing, reasoning, verbal dan quantitative dan agar bisa mendapatkan skor yang baik maka ada baiknya Anda mempersiapkan diri dan perbanyaklah wawasan Anda.

Tes GMAT merupakan tes untuk mengukur kemampuan akademik kita yang berbasis komputer dan dipersiapkan dalam bentuk bahasa inggris.

Biasanya tes GMAT berlangsung selama 3.5 jam atau bisa kurang atau lebih yang terdiri dari tes keterampilan analisa, keterampilan kuantitatif, dan verbal.

 

Baca Juga: Alamat Kursus GMAT Terbaik Di Jakarta

Dan tahukah Anda bahwa rata-rata sekitar 110.000 orang mengikuti GMAT setiap tahunnya? Dan masa berlaku skor GMAT adalah lima tahun, lalu seperti apa tes GMAT dilakukan dan apa sajakah tesnya? Berikut di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Quantitative

Tes GMAT yang pertama adalah Quantitative, umumnya akan menilai kemampuan dalam menalar dan memecahkan masalah. Dalam tes ini terkandung pengetahuan dasar aritmatika, aljabar dan geometri dan dalam kemampuan penalaran berdasarkan dari logika kita memecahkan kasus.

Baca Juga:  Apa Itu GMAT? Berikut Tips Mudah Mengerjakan GMAT

2. Verbal

Tes GMAT yang selanjutnya adalah Verbal, umumnya akan mengukur kemampuan membaca dan memahami setiap kasus, memberikan alasan dan menganalisa pendapat dan mengkoreksi materi serta menyimpulkan makna materi tersebut.

3. Analytical Writing

Tes GMAT yang selanjutnya adalah Analytical Writing yang berfungsi untuk mengukur potensi berpikir secara kritis dan menghasilkan ide-ide cemerlang.

4. Integrated Reasoning

Tes GMAT yang terakhir adalah Integrated Reasoning umumnya akan menilai kemampuan kita dalam menginterprestasikan dan analisa data dengan berdasarkan sumber yang terkait dan kemudian presentasikan dalam bentuk pemecahan masalah.

Dan dalam tes Integrated Reasoning umumnya bagian ini menuntut Kita untuk trampil dalam memanfaatkan teknologi dalam pencarian data.

Skor GMAT Terdapat 2 Bagian, Apa Sajakah Itu?

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa skor GMAT terdapat dua bagian yaitu skor AWA dan skor math-verbal.

– Skor AWA dengan skala nilai 0-6 dan 6 adalah nilai tertinggi dan skor GMAT menggabungkan skor dari math dan verbal.

– Skor GMAT memiliki skala dari 200-800 dan skor 800 adalah yang tertinggi.

Baca Juga: Alamat Kursus GMAT Di Jakarta

Sebenarnya perhitungan GMAT agak membingungkan, namun jangan khwatir, karena Ada formulanya untuk menghitung skor keseluruhan dan bagi kita kita hanya mengetahui nilai total dengan skala 200-800.

Bila seseorang mendapatkan nilai 50 pada kemampuan verbal dan nilai 50 pada kemampuan mathnya maka nilai yang didapat adalah nilai tertinggi yaitu 800.

Tips dan Trik Dalam Untuk Mengerjakan GMAT (Verbal dan Math)

Berusahalah semaksimal mungkin untuk mendapatkan skor yang tinggi. Dengan latihan tes GMAT sebelum mengikuti tes akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang baik dan berikut di bawah ini adalah tips dan trik dalam mengerjakan GMAT:

Baca Juga:  Lebih Baik Kursus GMAT atau GRE ?

1. Fokus dan gunakan waktu sebaik-baiknya pada 10 soal pertama, usahakan menjawab 10 soal tersebut dengan benar dan untuk itu Anda akan mendapat skor tinggi pada awalnya.

2. Usaha untuk mengerjakan dengan cepat, atur waktu sebaik mungkin jangan berkutat pada satu pertanyaan terlalu lama.

Karena berpikir secara cepat dan kita diharuskan untuk menjawab semua soalnya dan jangan pernah mengkosongkan soal ujiannya, apabila Kita kosongkan maka kita tidak dapat kembali ke soal tersebut untuk menjawabnya.

3. Usahakan jawab seluruh soal, karena apabila kita hanya memiliki sedikit waktu dan soal masih banyak belum dikerjakan, usahakan kerjakan semua dan jangan pernah dikosongkan karena akan mengurangi skor kita.

Baca Juga: Tips Memilih Kursus Privat Bahasa Inggris

Bagi anda yang ingin melanjutkan pascasarjana bidang manajemen dan bisnis, persiapkanlah diri Anda untuk mengikuti tes GMAT di Westwoodprep yang merupakan premium provider test preparation.

Itulah tadi pembahasan mengenai 4 bentuk tes GMAT dan tips mudah untuk menghadapinya dan jika misalkan Anda berminat untuk melakukan kursus GMAT maka Anda bisa datang ke Westwoodprep

Karena Anda akan diajarkan oleh pengajar atau guru instruktur yang sudah berpengalaman sehingga akan mempermudah Anda untuk mendapatkan skor GMAT yang terbaik dan hubungi konsultan Kami di nomer 081388867006 dan  02122455311 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *