Berencana Kuliah di Luar Negeri Setelah SMA? Ikuti Tes SAT di Jakarta

Posted on

Tempat kursus SAT di Jakarta – Scholastic Aptitude Test atau yang lebih dikenal SAT adalah tes yang dilakukan bertujuan untuk mengukur sejauh mana Anda menguasai materi yang sudah diajarkan baik di sekolah atau di tempat lain.  SAT biasanya digunakan untuk menilai kesiapan siswa masuk perguruan tinggi yang hendak melanjutkan studi ke luar negeri setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

Semua orang ingin belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya. Pilihan setelah seseorang lulus dari SMA, yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi. Sayangnya, untuk mendapatkan hal tersebut tidak semua orang bisa merasakan hal yang sama. Bagi yang bisa melanjutkan kuliah tentu merupakan peluang besar untuk dapat mengemban ilmu sebelum terjun ke dunia kerja. Apalagi ketika Anda dapat melanjutkan sampai ke luar negeri.

Untuk program sarjana, sejumlah perguruan tinggi di luar negeri memberikan tes untuk kemampuan bahasa Inggris bagi mahasiswa asing di kampus. Salah satu yang muncul menjadi persyaratan pada aplikasi perguruan tinggi adalah SAT.

SAT meupakan tes standarisasi akademis yang pada dasarnya digunakan sebagai ujian saringan masuk calon mahasiswa di negara tertentu, khususnya jika Anda yang ingin melanjutkan kulian di Amerika Serikat (AS). Tes akademis ini tentunya tersedia dalam bahasa Inggris.

Adapun struktur tempat kursus SAT yang akan Anda ikuti umumnya memiliki 3 sesi, yaitu critical reading, mathematics dan writing. Pada sesi critical reading ada dua hal yang akan dinilai, seperti critical reading itu sendiri dan sentence-level reading yang mana Anda diharuskan mengisi kalimat dengan kata-kata yang tepat dengan menjawab dari pemahaman cerita dari soal.

 

Sedangkan dalam sesi mathematics, materi yang diujikan berupa operasi, aljabar dan fungsinya, geometri, statistik, probabilitas, analisis, fungsi linier, fungsi eksponen dan nilai mutlak yang dibuat dengan jawaban pilihan ganda. Terakhir sesi writing materi yang akan diujikan adalah grammar, vocabulary, usage dan diction dengan membuat esai singkat, pilihan ganda untuk memperbaiki kalimat, meningkatkan kualitas pada paragraf, mengidentifikasi kalimat menggunakan tulisan dan tutur bahasa yang baik dan benar.

Selain mengetahui apa itu SAT, Anda juga perlu menyiapkan diri untuk mengikuti rangkaian tes tersebut. Supaya Anda bisa lulus tes SAT dengn skor yang telah ditargetkan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Perhatikan metode pendaftaran

Harapan bisa kuliah ke luar negeri Anda begitu besar? Karena itu, perhatikan saat melakukan pendaftaran yang bisa diikuti melalui beberapa tempat kursus SAT di Jakarta. Cari tempat kursus yang menyediakan informasi lebih mengenai tes yang akan Anda ambil. Misalnya, Anda ingin mengambil  kuliah di Singapura.

Untuk dapat kuliah di negara yang menjadi salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia ini juga harus melakukan tes SAT. Namun selain tes SAT tentu ada tes lainnya yang juga kamu ikuti, seperti TOEFL atau IELTS. Perhatikan metode pendaftarannya, apakah kamu bisa mengambil tes tersebut di tempat yang sama atau tidak.

Jika bisa, mungkin saja kamu bisa mendapatkan keuntungan lainnya seperti potongan harga. Anda juga bisa menanyakan metode pendaftarannya dilakukan secara manual dengan datang langsung ke sana atau dapat dilakukan secara online.

Apa anda sedang mencari tempat kursus SAT di jakarta? silahkan baca artikel terkait : Pilih tempat kursus bahasa inggris yang tepat untuk anak sekolah

Mengenal dan mempelajari jenis tes

Setiap tes yang akan dilakukan pasti memiliki nilai ambang batas (passing grade). Untuk mengikuti tes berbayar, seperti tes SAT ini tentu Anda harus menggunakan kesempatan sebaik mungkin. Anda harus berusaha dengan keras untuk mendapati nilai diatas batas yang telah ditetapkan. Untuk tes SAT nilai yang diperoleh saat ini dengan skala 200-800 dan nilai tertingginya 2400. SAT memiliki beberapa tipe tes, namun yang paling umum dikenal adalah SAT 1 atau SAT Rasoning. SAT 1 sebenarnya lebih mudah dari tes lainnya. Bahkan bila dibandingkan dengan UN SMA di Indonesia, SAT 1 sebenarnya lebih mudah. Dimana soalnya befokus pada logika berpikir dan kemampuan bahasa Inggris yang kritis. Sebab, materi tes dalam SAT 1 hanya sebatas mengukur kemampuan taraf  SMA saja.

Pelajari pola soal di setiap tempat kusrus SAT

Untuk dapat mencapai sesuatu yang diinginkan, seseorang harus berusaha keras dengan niat yang sungguh-sungguh. Persiapan matang tentu akan membantu dalam pengerjaan soal. Dalam persiapannya, kini ada banyak tersebar contoh soal tes SAT di internet ataupun di took buku. Cara ini bertujuan untuk mengetahui pola tes yang digunakan.  Dengan demikian, saat tes berlangsung Anda sudah mengetahuinya. Selain melihat mencari d iinternet atau mencari kisi-kisi di tempat lainnya, Anda judadapat mengikuti persiapan dengan mengikuti kursus.

Untuk mengikuti tes SAT Anda akan diberikan watu selama 3 jam 45 menit. Sedangkan biaya yang akan dikenakan sebesar 1,3 -1,5 juta rupiah. Sudah siap untuk kuliah d universitas impian Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *