Biaya Hidup di Australia Untuk Mahasiswa Asing

Posted on

Biaya Hidup di Australia – Ingin kuliah di Australia? Negara Kanguru ini sering dijadikan tujuan belajar para pelajar Indoensia. Selain karena kualitas pendidikan Australia yang sangat tinggi, faktor kedekatan geografis juga sering menjadi alasan utama. Dengan 4 jam perjalanan naik pesawat, kita sudah bisa mencapai Australia atau sebaliknya.

Bisa tinggal dan belajar di negara maju seperti Australia memang menyenangkan. Tapi biaya hidup di Australia dikenal sangat tinggi. Terlebih kalau dikonversikan ke mata uang Rupiah. Pemerintah Australia sendiri sebenarnya sudah menetapkan biaya minimum hidup di Australia sebesar $AUD 20.290 atau sekitar Rp 200 juta per tahun.

Itu artinya kalian memerlukan $AUD 1691 atau Rp 17 juta per bulan untuk bisa hidup di Australia sebagai seorang single. Tapi berapa sebenarnya budget yang dibutuhkan seorang mahasiswa? Nah sebelum kalian berangkat, berikut ini gambaran biaya hidup di Australia bagi mahasiswa asing.

1.Sewa tempat tinggal

Bagi kalian yang biasa sewa kamar atau rumah per bulan, di Australia sistemnya beda. Harga sewa tempat tinggal di Australia dihitung per minggu. Tarifnyapun berbeda-beda tergantung di kota mana kalian tinggal atau jenis akomodasi yang dipilih.

Beberapa kota yang terhitung mahal diantaranya Melbourne, Sydney, dan Perth. Kota-kota itu biaya sewa tempat tinggalnya lebih tinggi dibanding kota lainnya seperti Brisbane, Canberra atau Adelaide.

Akomodasi terpopuler bagi mahasiswa adalah akomodasi yang ada di dalam kampus. Untuk kampus yang berlokasi di kota besar, tarif sewa akomodasi dalam kampus berkisar antara $AUD 90 hingga $AUD 280 per minggu. Biaya akomodasi bisa lebih hemat kalau kalian mau menyewa rumah di luar kampus yang disewa bersama dengan teman-teman lainnya.

Baca Juga:  Nama-Nama Kota di Australia yang Terkenal untuk Belajar

Besaran tarif sewa bersama tergantung dari seberapa jauh rumah tersebut dari kampus. Secara umum, tarif sewa bersama berkisar antara $AUD 85 hingga $AUD 215 per minggu.

2.Belanja bahan makan

Lalu bagaimana dengan biaya makan dan minum? Bagi mahasiswa asing, pilihan terbaik adalah dengan membeli bahan makanan dan memasak sendiri. Kalau kalian makan di luar, biaya sekali makan di restoran yang tidak terlalu mewah berkisar $AUD 10.

Sedangkan harga segelas kopi di warung kopi berkisar 3 sampai 4 Dollar Australia. Dengan asumsi jajan di luar, kalian harus menyiapkan budget sekitar $AUD 280 per minggu atau $AUD 1120 tiap bulannya.

Bandingkan kalau kalian bisa masak sendiri di rumah. Harga beras di Australia adalah $AUD 2,6 atau 26 ribu Rupiah per kilogram. Kalian bisa makan sepuasnya dengan menu lebih bervarisasi, tergantung selera. Kalau di rata-rata, kalian hanya memerlukan $AUD 5 per hari untuk membeli bahan makan.

Bagaimana dengan minum? Tenang saja, bahkan harga susu di Australia bisa lebih murah daripada di Indonesia. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang $AUD 1,45 atau 15 ribu Rupiah untuk membeli susu seliter. Dengan masak di rumah, kalian akan aman dengan anggaran $AUD 200 tiap bulan.

3.Transportasi

Bagi mahasiswa yang tinggal di dekat kampus, kalian tidak perlu menyiapkan biaya transportasi. Karena kalian tinggal jalan kaki menuju kampus atau pusat perbelanjaan. Ini jelas membuat pengeluaran kalian jauh lebih hemat.

Tapi kalau tempat tinggal jauh dari kampus, ada baiknya kalian membeli tiket terusan yang bisa dipakai selama sebulan. Ini akan menghemat biaya transportasi. Tiket bus atau kereta sekali jalan berkisar antara 2 sampai 4 Dollar Australia. Sedangkan tiket transportasi bulanan berkisar $AUD 145 atau 1,45 juta Rupiah.

Baca Juga:  Syarat Pembuatan dan Biaya Visa Australia

Selain biaya kebutuhan pokok di atas, tentu saja kalian harus mengantisipasi kebutuhan lainnya seperti listrik, telepon, internet, gas, maupun jalan-jalan. Untuk amannya, kami merekomendasikan total biaya hidup sebulan sebesar $AUD 1300 atau 13 juta Rupiah.

Biaya hidup di Australia bagaimanapun juga bisa berbeda-beda tiap mahasiswa, tergantung gaya hidup yang dijalani. Dengan anggaran $AUD 1300 per bulan, kalian bisa hidup berkecukupan tapi tidak juga mewah. Gimana, sudah siap menjalani kehidupan di Australia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *