Hitungan Biaya Hidup di Perancis

Posted on

Biaya Hidup di Perancis – Prancis merupakan salah satu negara maju dengan kehidupan perekonomian yang cukup baik dan mapan. Karena tergolong sebagai negara maju yang didukung oleh industri dan juga teknologi. Menyebabkan biaya hidup di perancis tidak jauh beda dengan negara-negara maju lainnya di eropa barat seperti jerman, belanda dan inggris.

Di prancis ada beberapa bagian besar yang memakan biaya hidup terlalu tinggi. Seperti apartemen, bill biaya sehari-hari, biaya makan, biaya entertainment hingga biaya administrasi lainnya. Karena termasuk negara industri dan ekonomi, Perancis juga memiliki sistem transportasi yang lumayan baik. Tetapi tetap saja ini menjadi bagian yang menguras kantung anda.

Jadi jika anda berniat hidup di perancis, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, soal tempat tinggal dimana Perancis banyak apartemen. Sewa apartemen lebih mirip sewa rumah ketimbang ngekos. Jadi biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Anda bisa mensiasati dengan menyewa apartemen sharing. Atau dalam bahasa sederhana, anda berbagi kamar dengan teman-teman mahasiswa. Di negara maju seperti Prancis dan Jerman, sharing apartemen adalah hal biasa. Jadi anda bisa berbagai kamar dalam sebuah apartemen dengan temen mahasiswa, pekerja, temen satu negara atau temen beda negara.

Kedua, biaya hidup di perancis juga ditentukan oleh bill atau tagihan. Biasanya meliputi gas. Tagihan gas ini selain untuk memasak makanan juga untuk pemanas. Ada juga tagihan listrik dan telepon. Listrik untuk kehidupan sehari hari dan penghangat ruangan di kala musim dingin. Sementara telepon biasanya menyambung dengan akses internet. Di negara maju seperti Perancis, akses internet adalah kebutuhan utama. Terlebih jika anda seorang mahasiswa, maka anda sangat membutuhkan akses internet di apartemen dengan kecepatan tinggi. Bill atau tagihan ini juga perlu anda pertimbangkan.

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Les Bahasa Perancis di Jakarta dan Biayanya

Ketiga, biaya transportasi. Perancis termasuk negara maju yang mahal soal urusan transportasi. Apalagi jika anda tinggal di pinggiran kota. Maka membutuhkan beberapa transportasi menggunakan kereta dan trem. Jika anda membutuhkan kartu langganan bulanan sebagai student, anda bisa menanyakan ke bagian international office anda mengenai layanan ini.

Selain itu, jika anda memutuskan membeli mobil di perancis. Pikirkan juga biaya bahan bakar, biaya service hingga pembuatan sim internasional yang tentunya akan berdampak pada biaya hidup anda di perancis.

Keempat, perancis memiliki surat ijin tinggal yang harus diperbaharui setiap beberapa periode sehingga membutuhkan pembaruan dan biaya. Pembaruan dan biaya ini juga akan masuk ke dalam biaya hidup anda.

Kelima, bahan makanan. Dibandingkan anda makan di luar setiap hari. Maka, makan di rumah atau apartemen dengan memasak setiap hari akan menghemat pengeluaran anda. Penghematan ini tentunya akan berdampak pada biaya hidup anda bukan? Tetapi anda jagan lupa untuk membeli alat pemanas (oven) dan kulkas tempat menyimpan makanan.

Keenam, asuransi. Di negara maju, asuransi adalah hal wajib. Jadi jika anda belum memiliki asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Pastikan anda bisa memilih asuransi kesehatan di perancis yang bisa mengcover resiko-resiko kesehatan anda selama bekerja atau studi di perancis.

Ketujuh, biaya rekreasi atau entertaiment. Anda bisa anggarkan untuk rekreasi sebulan sekali dengan menontn film, membeli buku atau jalan jalan ke pantai dna ke gunung. Secara keseluruhan, biaya hidup di perancis kira kira:

A.Sewa Apartemen: kurang lebih 29,60 euro hingga 500 euro
B.Listrik dan Gas (bill): 50 hingga 90 euro
C.Internet tergantung pembelian di provider.
D.Telepon abodement: 20 euro per bulan
E.Transportasi umum: dari 1,5 euro hingga 4 euro
F.Belanjan dan rekreasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga:  Mana Saja Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *