Merencanakan Biaya Kuliah di Australia dan Akomodasinya

Posted on

Biaya Kuliah di Australia – Mengenyam pendidikan di Australia bukan hanya soal nilai akademik saja. Biaya juga harus diperhitungkan sejak awal, bahkan ketika Anda berniat untuk kuliah di sana. Anda mungkin sibuk untuk mempersiapkan persyaratan dalam bentuk dokumen dan skill. Sambil mempersiapkannya mulailah merencanakan berapa banyaknya biaya yang harus disiapkan.

Jumlah biaya pendidikan di luar negeri tidaklah murah, jadi Anda harus memastikan sumber dana untuk memenuhinya. Beasiswa akan sangat membantu memenuhi besaran biaya yang harus dibayarkan. Bahkan tidak hanya biaya kuliah saja, beberapa beasiswa memenuhi kebutuhan hidup selama tinggal di Australia.

Apakah Anda sudah benar-benar siap untuk melanjutkan kuliah di Australia? Segera rencanakan biaya kuliah yang harus dipenuhi sesegera mungkin.

Biaya Kuliah di Australia untuk Mahasiswa Internasional

Jumlah biaya kuliah bagi mahasiswa internasional dan domestik berbeda. Tentunya mahasiswa internasional harus membayar biaya yang lebih besar. Rata-rata biaya yang harus dipenuhi untuk mahasiswa sarjana internasional adalah 30.840 dolar AUS per tahunnya. Sedangkan mahasiswa pascasarjana adalah 31.596 dolar AUS.

Khusus bagi universitas pemerintah yang menyelenggarakan program pascasarjana akan memberikan biaya berbeda. Bagi mahasiswa yang mengejar gelar master akans membutuhkan biaya sebesar 20.000 hingga 37.000 dolar AUS. Sedangkan untuk gelar doktor membutuhkan 14.000 hingga 37.000 dolar AUS.

Jumlah tersebut termasuk untuk jurusan kedokteran atau tenaga medis lain yang paling mahal. Biaya tersebut tidak dihitung per tahun namun per jurusan. Mengingat setiap mahasiswa dapat mempelajari program studi yang berbeda. Sebagai contoh misalnya Australian National Unversity (ANU) secara terbuka memaparkan biaya kuliah.

Biaya tahunan untuk gelar sarjana internasional dari ANU berkisar 36.400 dola AUS untuk program Sarjana Seni. Ada pula program SArjana Sains atau ilmu kedokteran membutuhkan biaya 43.680 dola AUS. Gelar master di ANU rata-rata adalah 45.600 dolar AUS yang sama juga dengan gelar PhD.

Baca Juga:  Kumpulan Beasiswa Kuliah di Australia untuk Siswa Internasional

Jumlah tersebut baru biaya kuliah saja, Anda harus mempersiapkan biaya lain seperti layanan dan fasilitas mahasiswa yang bersifat non akademik. Biaya tersebut berkisar antara 298 dolar AUS per semesternya. Masing-masing universitas memiliki kebijakan biaya yang berbeda, jadi pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Rata-Rata Biaya Hidup di Australia dalam Rupiah

Menurut pemerintah Asutralia, seseorang yang hendak tinggal membutuhkan biaya setidaknya 20.290 dolar AUS per tahunnya. Jika dirupiahkan dengan kurs saat ini yaitu Rp. 14.000 maka biaya tersebut setara dengan 284.060.000 juta rupiah. Dalam sebulan dibutuhkan biaya hampir 24 juta.

Biaya tersebut hanyalah perkiraan dari pihak imigrasi Australia, walaupun pada kenyataannya setelah sampai Anda tidak perlu menghabiskan uang sebanyak itu. Beberapa mahasiswa internasional di Australia bahkan hanya menghabiskan biaya sebesar 85 dolar hingga 440 dolar AUS per minggunya. Sama dengan 1,2 juta hingga 6 juta rupiah, biaya tersebut dapat menutup akomodasi.

Tinggi rendahnya biaya kuliah di Australia dan akomodasinya akan menyesuaikan kota dimana Anda tinggal. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang hemat, cukup membeli keperluan yang penting saja. Anda bahkan masih bisa menabung untuk liburan di akhir pekan.

Bagaimana rata-rata biaya hidup yang harus dipenuhi selama masa studi? Berikut ini beberapa rincian singkat jumlah biaya yang harus dicukupi di masing-masing kota.

Melbourne

Melbourne adalah salah satu kota terbesar di Australia yang memiliki banyak populasi. Di kota ini Anda bisa belajar di universitas Monash atau university Victoria. Dua universitas tersebut telah berhasil mendatangkan ribuan mahasiswa internasional dari berbagai negara.

Biaya hidup di Melbourne pun menjadi banyak pertimbangan bagi mahasiswa yang hendak kuliah di Melbourne. Ada banyak pilihan akomodasi yang tersedia, seperti rental apartemen bersama, asrama, homestay, dll. Biaya untuk hostels paling mahal yaitu 150 dolar per minggu yaitu 2,1 juta rupiah.

Baca Juga:  Nama-Nama Kota di Australia yang Terkenal untuk Belajar

Sedangkan untuk rental bersama bisa 85 dollar atau 1,2 juta rupiah. Biaya paling murah adalah asrama yaitu 11.000 dollar per tahun. Setara dengan 154 juta rupiah. Biaya tambahan lain adalah makan sebesar 80 dolar hingga 280 per minggu (1,2 juta – 3,9 juta rupiah).

Biaya untuk listrik jika sewa apartemen, telepon, transportasi dan hiburan bisa mencapai 2,1 juta rupiah per minggunya. Biaya kuliah di Melbourne sendiri tidak terlalu mahal, Anda bisa mencari beasiswa untuk membantu memenuhi biaya kuliah.

Sydney

Selain Melbourne, kota besar yang juga menjadi tuan rumah banyak universitas ternama adalah Sydney. Di kota ini Anda bisa bersekolah di Universitas Sydney, University New South Wales, dan Universitas Teknologi Sydney. Biaya hidup di Sydney lebih mahal jika dibandingkan Melbourne.

Akomodasi yang tersedia dan bisa dipilih adalah sewa apartemen sebesar 4,2 juta rupiah untuk dua kamar kosong. Jika ingin melengkapinya dengan beberapa barang lain bisa mencapai 5 juta rupiah. Paling murah adalah tinggal di asrama dengan membayar tahunan hanya saja untuk mendapatkannya Anda harus lebih dulu memesan di awal.

Biaya lain yang harus dipenuhi adalah transport sebesar 280 ribu rupiah untuk biaya bulanan. Anda bisa menggunakannya selama satu bulan untuk satu jenis alat transportasi. Bila ingin membeli laptop atau komputer Anda harus menyiapkan biaya 14 juta rupiah. Biaya lain seperti hiburan, pakaian dan makan per bulannya dapat diatur hingga maksimal 8 juta rupiah.

Perth

Kota lain yang terkenal dengan mahasiswa internasional adalah Perth. Di kota ini Anda bisa menemukan biaya akomodasi yang lebih murah. Biaya hidup di Perth lebih terjangkau dibandingkan kota besar lainnya. Per bulan untuk mahasiswa dibutuhkan uang 46 juta bersama dengan biaya kuliah.

Baca Juga:  Ikuti 3 Cara Kuliah di Australia dengan Mudah Melalui Beasiswa

Akomodasi di Perth membutuhkan biaya 2,1 juta rupiah untuk tinggal di apartemen sendiri. Biaya lebih murah jika tinggal di asrama dengan biaya 1,2 juta rupiah. Biaya transportasi berbagai macam, Anda bisa naik bus dengan tiket bulanan sebesar 1,1 juta rupiah. Sedangkan untuk uang makan dengan memasak sendiri bisa menghabiskan 5 juta rupiah.

Anda bisa mendapatkan hiburan lain seperti olahraga di gym dengan biaya 600 ribu. Menonton di bioskop satu tiketnya 250 ribu, atau dinner bersama teman 854 ribu rupiah.

Semua biaya hidup di Australia per bulan bisa Anda atur sesuai dengan jumlah pemasukan. Pastikan biaya hidup di Australia yang Anda dapatkan lebih dari perencanaan biaya keluar. Selama kuliah di Australia Anda juga bisa mengikuti kerja part time dan legal hukumnya.

Mahasiswa mendapatkan hak untuk bisa kerja part time seharinya selama 6 jam. Setiap jamnya Anda bisa mendapatkan 15 dollar hingga 19 dolar atau setara dengan 210.000 – 266.000 ribu rupiah. Bila dijumlahkan sehari Anda bisa mendapatkan 1,2 juta rupiah sudah bisa membantu menutup biaya akomodasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *