biaya kuliah di jerman dalam rupiah

Ingin Kuliah di Jerman? Ini Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

Posted on

Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah – Bagi Anda yang berencana melanjutkan pendidikan tinggi di negara Jerman, pasti terbersit pertanyaan dari diri Anda, “Berapa sih biaya kuliah di Jerman dalam rupiah?”

Kebanyakan informasi mengenai kuliah di Jerman hanya menyebutkan biaya kuliah dalam mata uang euro, hal ini membuat Anda harus mengonversikan biaya kuliah di Jerman dalam rupiah.

Dalam artikel ini, kami akan merangkum berapa biaya kuliah di Jerman dalam rupiah sehingga bisa membantu Anda melakukan persiapan – persiapan untuk kuliah di Jerman.

Ingin Kuliah di Jerman? Ini Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

biaya kuliah di jerman dalam rupiah

Jerman terkenal sebagai negara Eropa yang menjadi tujuan bagi pelajar – pelajar internasional. Hal ini dikarenakan kuliah di Jerman biayanya nol atau bisa dikatakan gratis. Selain itu, dibandingkan negara – negara lain di Eropa, biaya hidup di Jerman cukup terjangkau.

Baca Juga:  4 Universitas Di Jerman Yang Gratis Uang Kuliah yang Perlu Diketahui

Biasanya biaya yang paling besar dikeluarkan oleh mahasiswa internasional yang kuliah di Jerman adalah biaya sewa tempat tinggal atau apartemen. Selain biaya sewa tempat tinggal, biaya lain seperti makan, biaya akomodasi rata – rata standar negara – negara Eropa.

Biaya yang wajib di bayar oleh mahasiswa internasional di Jerman yaitu:

1. Jaminan Finansial

Jaminan finansial atau bukti sumber keuangan diperlukan saat Anda mengajukan visa di kedutaan Jerman untuk Indonesia. Jaminan keuangan ini juga diperlukan saat Anda mengajukan ijin tinggal di Jerman.

Jaminan keuangan yang dibutuhkan untuk mendapatkan ijin tinggal ini sebesar 8700 euro, jika dirupiahkan sekitar 145 juta rupiah.

2. Iuran Semester (Semesterbeitrag)

Kuliah di Jerman gratis atau tidak ada tuition fee karena pemerintah Jerman memberikan subsidi. Sebaliknya, universitas swasta tidak disubsidi oleh pemerintah. Walaupun kuliah di Jerman bisa dikatakan gratis, namun mahasiswa perlu membayar iuran semester atau semesterbeitrag. Besaran semesterbeitrag ini rata – rata sekitar 250 euro atau sekitar 4 juta rupiah per semester.

Baca Juga:  Cara Belajar Bahasa Jerman Paling Efektif Untuk Pemula

Semesterbeitrag ini merupakan biaya administrasi yang harus dibayarkan mahasiswa. Semesterbeitrag ini digunakan untuk membiayai fasilitas – fasilitas universitas seperti layanan administrasi, asrama, kantin, fasilitas olahraga dan lainnya. Semesterbeitrag juga bisa digunakan untuk menikmati transportasi publik yang beroperasi di Bundesland dimana universitas tersebut berada.

3. Asuransi Kesehatan

Di Jerman, setiap orang yang tinggal di sana harus memiliki asuransi kesehatan. Rata – rata biaya asuransi untuk mahasiswa sekitar 80 euro per bulan, jika dirupiahkan sekitar 1,3 juta.

4. Biaya Sewa Tempat Tinggal

Biaya untuk kamar terkecil di dormitori untuk pelajar sekitar 210 euro atau 3,5 juta rupiah dengan uang jaminan kontrak mulai dari 390 – 450 euro atau sekitar 6,6 juta – 7,6 juta rupiah.

Nah, jika Anda ingin menyewa apartemen studio biaya sewa paling murah sekitar 280 – 360 euro per bulan 4,7 juta rupiah hingga 6,6 juta rupiah. Biaya sewa tempat tinggal ini tergantung lokasi dimana Anda tinggal, jika Anda tinggal di kota besar tentunya biayanya lebih mahal dibandingkan di kota kecil.

5. Biaya Lainnya

Biaya makan tiap orang tentunya berbeda – beda, namun untuk makan 1 bulan rata – rata biaya yang diperlukan sekitar 150 euro – 200 euro atau 2,5 juta – 3 jutaan. Nah biaya lain – lain yang dikeluarkan tiap bulannya yaitu:

– Internet dan telp 35 euro atau sekitar Rp 590.000.

– Alat tulis, fotokopi dan prin 33 euro atau sekitar Rp 560.000.

– Rekreasi dan olahraga 68 euro atau sekitar Rp 1.100.000.

– Pakaian 50 euro atau sekitar Rp 854.000.

– Transportasi umum 82 euro atau sekitar 1.400.000.

Yang perlu Anda perhatikan, untuk biaya hidup tiap – tiap orang bisa berbeda tergantung dengan gaya hidup masing – masing.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Jerman yang Menarik Untuk Dikunjungi

Sebelum kuliah di Jerman, tentunya Anda harus memiliki kemampuan bahasa Jerman. Untuk dapat menguasai bahasa Jerman, Anda bisa megikuti bimbingan belajar di Virtu Education. Virtu Education merupakan salah satu tempat kursus bahasa Jerman di Jakarta yang memiliki sistem pembelajaran menarik yang disesuaikan khusus untuk Anda yang ingin kuliah di Jerman. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi www.virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *