Perkiraan Biaya Kuliah di Jerman tanpa Beasiswa

Posted on

Biaya Kuliah di Jerman tanpa Beasiswa – Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menuntut ilmu di Jerman? Beasiswa adalah salah satu cara untuk bisa mengurangi biaya kuliah di Jerman dan biaya hidup di sana. Beberapa mahasiswa yang beruntung mendapatkan beasiswa penuh bahkan tidak perlu bingung dengan biaya hidup di sana.

Jika beasiswa yang didapatkan secara penuh, bisa juga digunakan untuk menutup biaya hidup. Namun bagaimana jika ternyata kamu tidak mendapatkan beasiswa? Kamu perlu membiayai kuliah dan akomodasi selama disana secara mandiri.

Apakah biaya kuliah di Jerman lebih murah? Bisa dikatakan lebih murah jika bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Jerman sangat terkenal dengan biaya kuliah yang murah karena telah menghapuskan biaya kuliah sejak tahun 2014. Mahasiswa internasional dan mahasiswa uni Eropa hanya perlu membayar biaya administrasi tiap semester yaitu 300 euro atau sebesar 4 juta 5 ratus ribu rupiah.

Tentu saja masuk ke universitas negeri di Jerman tergantung dengan nilai dan hasil dari tes masuk. Jika kamu ingin masuk ke universitas swasta maka masih ada biaya kuliah yang harus dipenuhi setiap semesternya.

Biaya kuliah ini tentu saja berbeda-beda tergantung dengan jurusan dan universitas. Berikut ini perkiraan biaya kuliah yang perlu kamu ketahui sesuai dengan universitas yang dipilih.
Friedensau Adventist University
Universitas yang terkenal dengan jurusan teologi dan seminari ini telah dibangun sejak tahun 1899. Saat ini sekolah ini telah dibuka untuk jurusan ilmu sosial dan teologi. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk meraih gelar S1 per semesternya adalah 1.800 euro atau setara dengan 27 juta.

Untuk bisa masuk ke universitas ini kamu perlu mengikuti ujian masuk dan menunjukan kemampuan melalui tes wawancara. Serangkaian tes juga memerlukan beberapa dokumen yang menunjukan motivasi serat hasil nilai sebelumnya.

Baca Juga:  Tips Belajar Bahasa Jerman Sehari-hari Tanpa Kursus

FOM University

Pada perguruan tinggi ini,terdapat jurusan ekonomi dan manajemen yang unik. Mahasiswa ini diperbolehkan untuk bekerja secara penuh waktu dan bisa menyimpan uang sambil meneruskan sekolah S1. Jadi banyak sekali masyarakat Jerman yang bekerja di bidang tersebut meneruskan pendidikan di sekolah ini.

Jika kamu ingin mengambil jurusan ini, maka diperlukan biaya sekitar 1.800 euro per semesternya. Waktu kuliah bisa disesuaikan dengan jadwal kerja yaitu pada saat akhir pekan, sore hari dan dua kali dalam satu minggu.

SRH Hochschule Berlin

Bagi kamu yang ingin meneruskan kuliah di kampus ini bisa mengambil program S1 atau S2. Waktu yang diberikan untuk program S2 bisa untuk 10 bulan dengan biaya kuliah sebesar 25.000 atau setara 700 euro per bulannya. Jika dirupiahkan per bulannya kamu perlu membayar sebesar 10 juta rupiah.

Namun untuk bisa masuk ke universitas ini cukup mudah. Calon mahasiswa yang perlu bahasa Jerman dasar, mengetahui bidang akademik yang akan diambil dan menguasai bahasa Inggris. Dua syarat tersebut dibutuhkan untuk bisa masuk ke SRH Hochschule Berlin.

Jika biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa sudah dipenuhi, maka sisanya adalah bagaimana memenuhi biaya hidup selama di sana. Biaya hidup ini tergantung dimana kota tempat tinggal. Jika tinggal di kota metropolitan maka biaya yang diperlukan cukup tinggi.

Apabila kamu ingin mendapatkan rincian biaya kuliah di Jerman yang lengkap maka ikuti informasinya di virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.. Kamu juga bisa mendapatkan informasi bagaimana bisa mendapatkan biaya kuliah gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *