Serba-Serbi Biaya Kuliah di Singapura Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Biaya Kuliah di Singapura –¬†Singapura adalah negara paling maju di asia tenggara, jika pernyataan itu ditanyakan kepada masyarakat Indonesia maka akan banyak yang mengamini. Singapura sejatinya adalah negara kota kecil yang lahir agak terpinggirkan sebelumnya, ingin bergabung ke dalam federasi Malaysia tetapi kemudian terlempar karena negara federal Malaysia tidak menginginkan Singapura bergabung ke dalam negara negara bagian federasi Malaysia.

Di bawah tangan dingin perdana menteri pertama Singapura dan tokoh seniornya Lee Kuan Yew, maka Singapura kemudian disulap menjadi negara kota modern, maju, professional, teknologi dan disiplin. Akan tetapi memiliki sistem demokrasi dan politik yang lebih mirip zaman Soeharto. Sistem politik dan kehidupan singapura sangat otoriter, aturan ketat dan sangat disiplin. Jadi jika anda ingin kuliah di singapura, beberapa hal seperti ini harus diperhatikan.

Karena terus bekerja keras dan giat dalam memajukan negaranya, maka singapura kemudian menjadi negara maju, memiliki sistem pendidikan terbaik di asia tenggara dan bahkan dua universitas di singapura termasuk ke dalam ranking 2 besar universitas terbaik di asia. Anda mesti sudah tahu kan? Ranking pertama diduduki national university of Singapore (universitas kebangsaan singapura) yang kemudian kedua adalah Nanyang technological university (universitas teknologi Nanyang).

Itulah sebabnya kuliah di Singapore membutuhkan tekad yang membaja dan kuat, karena mereka yang tersaring untuk kuliah di singapura adalah mereka yang benar-benar bekerja keras, disiplin dan memiliki karakter pembelajar. Jika ingin melanjutkan kuliah di Singapore, maka akan menemui berbagai persyaratan-persyaratan ketat semisal test GRE, GMAT, SAT dan juga yang mesti wajib adalah TOEFL dan juga IELTS.

Selain kuliah di Singapore adalah tempat bergengsi untuk mendapat akses pendidikan terbaik di asia, satu hal yang mesti anda ketahui adalah bahwa singapura adalah kota dan juga negara dengan biaya hidup termahal di asia tenggara. Bersanding dengan hongkong dan Beijing dalam tingkat asia. Ini artinya biaya kuliah di singapura akan merogoh kocek anda sangat dalam. Kuliah di Singapore secara mandiri berarti harus menyiapkan pendanaan yang cukup agar kuliah anda tidak berhenti di tengah jalan.

Walaupun secara kurs mata uang singapura memiliki kurs yang sama dengan Brunei Darussalam, pada kenyataanya biaya kuliah di singapura dalam rupiah jauh lebih tinggi ketimbang kuliah di Brunei Darussalam. Bahkan biaya kuliah di Singapore bisa dua hingga tiga kali lipat kuliah di Jakarta. Hal ini umum dipicu karena singapura adalah negara kota pusat industri jasa keuangan dunia, memiliki wilayah yang sempit dan harus berbagi antara tempat tinggal dan juga pusat industri.

Berbeda jika dibandingkan dengan biaya kuliah di Jakarta yang masih standar, Jakarta masih memiliki wilayah yang luas sehingga bisa menekan biaya tempat tinggal jika anda kuliah di Jakarta. Walaupun demikian, kuliah di Singapore tentunya menawarkan benefit yang jauh lebih tinggi. Kuliah di singapura akan menemukan anda dengan mahasiswa, dosen, professor internasional dan belajar dengan iklim internasional yang kompetitif. Selain itu, kampus-kampus di singapura juga memiliki pusat studi internasional dan juga akses relasi langsung ke kampus-kampus di eropa dan juga amerika.

Kuliah di singapura sendiri masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Selain karena faktor rangking pendidikan tadi, kuliah di Singapore juga secara jarak lebih dekat. Jika anda naik pesawat dari Jakarta menuju changi airport di singapura hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit hingga 50 menit saja. Sangat dekat sekali kan?

Nah, kabar baiknya adalah biaya kuliah di singapura yang mahal bisa disiasati dengan kuliah menggunakan beasiswa. Beasiswa kuliah di Singapore sangat banyak, terutama di kampus-kampus seperti NUS dan NTU, dan bahkan singapura memiliki beasiswa untuk melanjutkan sekolah SMA di singapura dengan fasilitas yang prestisius. Beasiswa untuk kuliah di Singapore ini harus anda cermati dengan baik.

Kebanyakan beasiswa kuliah di singapura berbentuk partial (sebagian), biasanya terdiri dari beasiswa kuliah saja, tidak sekalian dengan biaya hidup. Atau hanya menanggung biaya riset saja, begitu juga salah satunya, jadi perlu anda cermati dengan baik. Tawaran-tawaran beasiswa kuliah di Singapore ini bisa anda dapatkan di website-website kampus secara resmi, atau ketika nanti anda sudah diterima dan diberikan tawaran untuk melamar beasiswa kuliah dalam bentuk lain (riset, uang buku dll).

Kembali kepada topik utama mengenai serba-serbi biaya kuliah di singapura, komponen yang paling besar adalah menyangkut biaya perkuliaahan dan juga biaya hidup. Seperti sudah dijelaskan di awal bahwa biaya hidup di singapura termasuk yang tertinggi di asia tenggara. Ini berarti bahwa biaya kuliah dan biaya hidup kuliah di Singapore termasuk yang tertinggi juga di asia tenggara.

Biaya kuliah di singapura secara umum mencapai 13.000 dollar singapura hingga 40.000 dollar singapura. Ini setara dengan 11.000 dollar amerika dan mencapai 32.000 dollar amerika. Berapa jika dirupiahkan? Maka akan ketemu hasilnya biaya kuliah di singapura dalam rupiah adalah 11.000 x 15.000 = sekitar 165.000.000 (165 juta) sampai dengan 32.000 x 15.000 = 480.000.000 (480 juta), sekitar setengah miliar rupiah.

Ini adalah biaya kuliah di singapura dalam rupiah hanya untuk program sarjana saja, dan belum termasuk dengan biaya asuransi kesehatan, biaya kebutuhan hidup seperti makan, tempat tinggal, pulsa, transportasi dan lain-lain. Lalu, kira-kira berapa biaya kuliah di singapura untuk program pascasarjana seperti master dan doktoral? Untuk biaya kuliah di tingkat ini maka akan jauh lebih besar, tetapi berupa komponen-komponen yang tidak sama dengan biaya sarjana.

Misalnya untuk biaya kuliah di dalam program pascasarjana di singapura, mahasiswa akan dikenakan biaya matrikulasi, biaya ujian, biaya tahunan, biaya komputer, biaya riset hingga biaya-biaya lain. Nah biasanya di tingkat pascasarjana inilah banyak beasiswa partial yang menjadi supporting system mahasiswa untuk mendapatkan uang saku. Tetapi biasanya beasiswa ini juga mewajibkan mahasiswa bekerja di kampus, mengajar mahasiswa sarjana, memberikan asistensi ataupun tinggal melakukan riset di singapura dalam kurun waktu tertentu.

Biaya kuliah di singapura dalam rupiah di tingkat jurusan dan universitas juga berbeda-beda rangenya. Hal ini disebabkan setiap jurusan memiliki beban tersendiri dan tidak bisa disamakan. Ada beberapa jurusan yang memiliki beban lab, beban riset di luar negeri, bebasn praktek dan lain-lain. Sebagai contohnya saja, untuk biaya kuliah di Singapore pada universitas nasional singapura jurusan seni, ilmu sosial dan humaniora mencapai 16.000 dollar amerika hingga 20.000 dollar. Berbeda dengan jurusan teknik dan hukum yang mencapai 20.000 dollar hingga 22.000 dollar amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *