Syarat Pembuatan dan Biaya Visa Australia

Posted on

Biaya Visa Australia – Australia merupakan salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi. Tiap tahun jutaan orang dari seluruh dunia berkunjung ke Australia, baik untuk kuliah, bekerja, bisnis, ataupun sekedar berlibur. Sebagai negara tetangga, Indonesia menjadi salah satu pengunjung terbanyak ke Australia.

Tidak terlalu sulit menemukan komunitas orang Indonesia di Australia. Cukup banyak mahasiswa Indonesia yang saat ini menempuh studi di Australia. Bahkan banyak juga yang telah tinggal sangat lama dan berganti kewarganegaraan. Bagi kalian yang memiliki rencana pergi ke Australia, menyiapkan visa menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan.

Berdasarkan tujuan kunjungan, ada sekitar 30 jenis visa ke Australia. Pastikan kalian membuat visa yang sesuai dengan tujuan kunjungan ke Australia. Nah bagi kalian yang hendak hendak berkunjung ke negeri kanguru, berikut ini beberapa hal yang harus diketahui mengenai pembuatan visa Australia.

Persyaratan pembuatan visa Australia

Banyak yang bilang kalau pemerintah Australia memperketat peraturan visa bagi warga Indonesia. Tapi sebenarnya kalau kalian bisa memberikan alasan kunjungan ke Australia dengan jelas dan logik, dapat dipastikan tidak sulit mendapatkan visa Australia.

Ada beberapa jenis visa yang sering diapply pengunjung dari Indonesia, misalnya visa turis, visa belajar, visa kerja, ataupun visa keluarga. Masing-masing memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Tapi beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi diantaranya

•Mengisi aplikasi visa Australia
•Paspor asli dan fotocopi
•Pas foto terbaru berukuran 45 x 35 mm yang diambil tidak lebih dari 6 bulan
•Fotokopi akte kelahiran
•Fotokopi KTP dan kartu keluarga
•Bukti jaminan keuangan. Bisa dalam bentuk rekening koran tabungan 3 bulan terakhir
•Invitation letter atau bisa juga berupa surat rekomendasi
•Itinerary atau rencana perjalanan. Kalian bisa menunjukkan bukti booking pesawat dan hotel

Baca Juga:  Nama-Nama Kota di Australia yang Terkenal untuk Belajar

Banyak orang yang menyerahkan urusan pembuatan visa ke biro jasa, padahal prosesnya cukup simple dan bisa diurus sendiri. Kalian tinggal membuat mengatur pertemuan (appointment) melalui web VFS ini https://www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/english/index.html

Setelah mendapat jam dan tanggal appointment, baru kalian bisa datang ke kantor kedutaan Australia dengan membawa dokumen di atas. Kantor kedutaan Australia sendiri berkantor di 2 kota, yaitu di Jakarta (kuningan city lantai 2 setiabudi) dan di Bali (Benoa square lantai 3, Kedonganan).

Biaya visa Australia

Setelah semua dokumen pembuatan visa diserahkan, tibalah saatnya melakukan pembayaran. Lalu berapa biaya pembuatan visa Australia?

Biaya visa Australia berbeda-beda tergantung jenis visa yang kalian apply. Untuk visa turis atau kunjungan bisnis maksimal selama 3 bulan, biayanya adalah 145 Dollar Australia atau sekitar 1,45 juta Rupiah. Sedangkan bagi kalian mau kuliah dan tinggal di Australia selama masa studi, kalian bisa apply student visa yang biayanya sebesar 620 Dollar Australia

Harap diketahui juga bahwa biaya visa Australia ini bisa berubah-ubah. Update biaya pembuatan visa ini biasanya terjadi dua kali dalam setahun. Untuk cek update biaya visa Australia, bisa dilihat di https://www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/visa-fees-at-glance.html.

Setelah menjalani semua proses pembuatan visa, kalian tinggal menunggu dan berdoa agar visa bisa segera diterima. Lamanya proses pembuatan visa bervariasi tergantung jenis visa yang diapply.

Untuk mengetahui progress pembuatan visa, tidak perlu repot-repot menghubungi kedutaan. Kalian bisa mengeceknya lewat aplikasi smarthphone yang bernama myVEVO. Dengan aplikasi ini, pengecekan status visa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Nah demikian tadi panduan singkat mengenai syarat pembuatan serta biaya visa Australia. Jadi gimana, sudah siap untuk segera apply visa Australia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *