bimbel cpns

Berencana Ikut Bimbel CPNS 2020? Berikut Tips Memilihnya

Posted on

Bimbel CPNS – Semakin banyak masyarakat Indonesia yang ingin menjadi seorang Aparatur Sipil Negara atau yang lebih sering disebut sebagai pegawai PNS.

Hampir setiap tahun pemerintah mengadakan tes CPNS di berbagai instansi baik BUMN dan juga Kementerian. Apakah kamu adalah salah satunya yang ingin ikuti tes CPNS tahun 2020 ini? Jika iya, maka persiapkan dirimu sebaik-baiknya.

Persiapan yang dilakukan adalah mengumpulkan dokumen yang menjadi syarat utamanya. Selain itu persiapkan diri juga dengan belajar, karena pada tahapan seleksi kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis soal. Tes CPNS terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari registrasi online, seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Melalui proses yang begitu panjang kamu harus selalu siap. Nah untuk mempersiapkan diri ikutilah bimbel CPNS karena kamu akan bersaing dengan banyak sekali peminat. Otomatis persaingan dalam tes sangatlah ketat. Pastinya kamu ingin menjadi salah satu orang yang terpilih dalam tes ini bukan?

Pentingkah Mengikuti Bimbel CPNS?

tips cpns
Apa yang dimaksud bimbingan belajar CPNS? Sebelum memutuskan untuk ikuti bimbel kamu pasti mempertimbangkan apakah tidak sebaiknya belajar di rumah sendiri. Berbeda dengan belajar secara mandiri, dengan mengikuti bimbel kamu bisa belajar lebih fokus lagi. Materi yang diberikan pun berbeda, bukan sekedar mengerjakan kisi-kisi soal tes saja.

Selama bimbel, kamu akan belajar di dalam kelas bersama dengan pengajar dan peserta lain yang jumlahnya dibatasi. Waktu bimbel bisa dipilih sesuai dengan kelas yang diikuti, tujuannya adalah meningkatkan kemampuan supaya bisa lolos di setiap tahapan tes.

Baca Juga:  2 Syarat Pendaftaran CPNS yang Harus Dipersiapkan Sejak Dini

Ada lebih banyak keuntungan yang didapatkan setelah mengikuti bimbel CPNS seperti berikut:

– Mendapatkan modul dan handout berisi soal-soal tes CPNS terbaik

– Mendapatkan motivasi belajar lebih tinggi karena situasi belajar yang nyaman.

– Mendapatkan tips dan trik dari pengajar atau mentor dalam mengerjakan tes.

– Try out langsung tes sehingga bisa beradaptasi sejak dini.

Bimbel CPNS bukan hanya dibuka untuk lulusan baru saja, tetapi juga kamu yang saat ini berstatus karyawan yang membutuhkan kelas di jam luar kantor. Tenang saja, kamu bisa memilih kelas karyawan di tempat bimbel juga.

Dengan mengikuti bimbel, kamu akan memiliki persentase kelulusan yang lebih tinggi dibandingkan belajar mandiri. Jadi nantinya selama mengikuti tes kamu menjadi lebih tenang karena sudah terbiasa dan menguasai soal sejenis.

Jenis Tes CPNS yang akan Diujikan

bimbingan belajar cpns
Image: Dream.co.id

Materi tes menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan selain mengumpulkan dokumen syarat pendaftaran. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada urutan tes CPNS yang harus dipelajari seperti SKD dan SKB. Kedua materi tes ini nantinya akan kamu pelajari satu per satu di tempat bimbingan.

Berikut ini penjelasan dari masing-masing tes CPNS yang akan menjadi materi belajar.

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

SKD lebih dikenal dengan Tes Kompetensi dasar (TKD) yang memanfaatkan teknologi Computer Assisted Test (CAT) setelah peserta lolos dari seleksi administrasi.

Peserta akan mengerjakan tes menggunakan komputer di berbagai lokasi sesuai yang sudah dijadwalkan. Di dalam tes SKD sendiri ada tiga jenis tes yang akan diujikan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Pada bagian tes ini, peserta akan diuji mengenai wawasan yang berhubungan dengan kebangsaan. Seperti UUD 1945, NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Soal-soal yang muncul berhubungan dengan sistem tata negara Indonesia, sejarah Indonesia, dan masih banyak lagi.

3. Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU merupakan tes yang akan mengukur kemampuan verbal, numerik, logika dan analisis peserta. Disebut juga sebagai tes potensi akademik atau tes bakat skolastik.

Tes ini dibutuhkan supaya kemampuan intelektual dan akademis diketahui dan harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan pemerintah pada posisi yang dilamar.

4. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP semacam psikotes yang akan mengungkap kepribadian baik itu kelebihan dan kekurangannya. Jika dua tes sebelumnya memiliki penilaian benar dan salah, tidak pada TKP. Tapi jangan terjebak dengan tes ini, karena kamu perlu menyesuaikan dengan kepribadian yang dibutuhkan sebagai PNS.

Nah untuk bisa mengetahui seperti apakah jawaban yang tepat dalam TKP kamu bisa mengetahuinya melalui bimbel CPNS.

5. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Pada seleksi tahapan kedua peserta akan masuk dalam tes SKB. Tes ini bisa diikuti jika peserta memenuhi nilai yang dibutuhkan dalam SKD.

Pada tes ini peserta akan mengatur beberapa rangkaian seperti tes CAT, potensi akademik, praktek kerja, kemampuan bahasa asing, hingga tes fisik. SKB akan dilaksanakan di instansi yang membuka lowongan. Dilihat dari jenis tesnya, sudah jelas bahwa materi yang diujikan adalah sesuai dengan profesi dan jabatan yang dilamar.

Cara Mudah Mendapatkan Bimbel CPNS Terbaik

bimbingan belajar cpns
Image: Google

Jika kamu tidak ingin gagal dalam tes CPNS 2020 mendatang, maka sebaiknya mulailah untuk mencari bimbel bimbingan belajar CPNS terbaik dari sekarang. Hati-hati ketika memilih bimbel, karena tidak semuanya memberikan peluang sukses lolos tes yang tinggi.

Supaya mendapatkan bimbel CPNS yang terbaik, kamu bisa mengikuti cara mudah mendapatkannya berikut ini:

1. Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang harus dilihat adalah lokasi bimbel apakah strategis yakni mudah didatangi. Misalnya saja jika kamu adalah karyawan, maka usai bekerja baru bisa mengikuti bimbel.

Jika lokasi tempat les terlalu jauh banyak waktu yang terbuang di jalan, selain itu juga akan menimbulkan kelelahan. Sebaiknya pilih tempat yang dekat dengan area rumah atau tempat kerja.

2. Fasilitas yang Nyaman

Tempat boleh saja dekat, tetapi fasilitas yang diberikan pun harus nyaman. Fasilitas yang dilihat bisa dari ruang kelas yang nyaman dan jumlah siswa yang tak berlebihan. Dengan kelas yang tidak bising dan jumlah siswa dibatasi, maka nantinya akan mudah untuk fokus belajar.

3. Mentor atau Pengajar yang Kredibel

Pengajar yang memberikan materi harus kompeten di bidangnya dan berpengalaman dalam mengikuti tes CPNS. Selain berpengalaman, materi yang disampaikan juga mudah dipahami peserta kursus. Kamu bisa melihat kegiatan kelas yang sedang berlangsung sebelum mendaftar.

4. Tidak Memberikan Janji Kelulusan

Tak ada tempat bimbingan belajar yang menjanjikan kelulusan setelah mengikuti kelas. Karena semua tergantung dengan kemampuan serta keberuntungan masing-masing peserta. Fungsi dari bimbel adalah memberikan bimbingan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan tes.

5. Tips Lolos Seleksi CPNS

Kamu mungkin sudah mendapatkan tempat bimbel CPNS, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya bisa lolos tes. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa tips supaya berhasil dalam seleksi.

6. Survei tempat tes dan datang lebih awal

Ketahui tempat tes dan lakukan survei satu hari sebelumnya akan membuatmu bisa memperhitungkan waktu perjalanan dan fasilitas apa saja yang tersedia. Pada saat tes, datanglah satu jam lebih awal supaya tidak terlambat dan siap.

7. Belajar dengan teliti

Kamu mungkin telah mengikuti bimbel jadi lebih serius dengan teliti mengerjakan soal try out sangatlah penting. Kamu akan tahu hasil try out sehingga mengenal sejauh mana kemampuanmu. Jika masih banyak soal yang sulit dikerjakan jangan ragu untuk bertanya kepada mentor.

8. Tetap tenang dan ingat waktu

Pada saat hari tes tiba jangan ragu untuk mengerjakan seperti tes try out namun lebih tenang. Banyak yang akan merasa tegang, ingatlah bahwa kamu telah belajar dan kini saatnya berusaha.

Dengan perasaan tenang kamu bisa mengerjakan dengan fokus serta kuasai manajemen waktu dengan baik. Kerjakan soal dari yang mudah supaya semua soal terjawab dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *