Bimbingan GRE Kunci Sukses Melanjutkan Pascasarjana di Luar Negeri !

Posted on

Bimbingan GRE – Apa Itu GRE? Graduate Record Examination (GRE) merupakan salah satu tes bahasa inggris yang ditujukan untuk melanjutkan studi pascasarjana di Amerika Serikat dan beberapa negara dengan penggunaan bahasa inggris lainnya. Di Amerika Serikat test ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) dan ditujukan untuk tingkat pendidikan yang berbeda baik S2 maupun S3. Ujian GRE ini dirancang untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam memahami bacaan yang lebih kompleks serta menganalisa informasi melalui analisis kuantitatif.

Siapakah yang harus mempelajari bimbingan gre? Tes ini sebaiknya dipelajari oleh anda yang berminat melanjutkan program pascasarjana dalam bidang disiplin ilmu alam, teknik, ilmu social, bisnis, humanity, dan seni, atau bidang lainnya, dan juga untuk mereka yang ingin mendaftar ke program MBA juga dapat mengikuti test ini.

Baca Juga:  Pentingnya Mengikuti GMAT Test Jakarta dan Gmat Preparation Jakarta

Perbedaan tes ini dengan tes GMAT adalah cakupan disiplin ilmu yang dapat anda pilih lebih luas serta didukung penuh oleh sponsor beasiswa diseluruh dunia untuk menilai kualifikasi peserta didik yang akan mendaftar pada program-program mereka. Ujian ini terdiri menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu :

 

  • Verbal Reasoning

Pada tes ini kemampuan pemahaman bacaan dan pemahaman kalimat anda akan dijui, pada bagian ini pula kemampuan anda dalam menelusui makna secara keseluruhan dalam pemahaman sebuah teks untuk membedakan beberapa poin-poain tertentu akan dievaluasi. Disamping itu, Anda akan diuji dalam kemampuan menganalisa teks, menyusun kesimpulan, menemukan kekurangan dari tulisan tersebut , dan mengidentifikasikan argument-argumen. Bagian ini terdiri dari dua kategori:

  • Pemahaman bacaan

Melalui bimbingan gre , kemampuan anda dalam menganalisa bacaan tertulis dan mendeskripsikan beberapa pengertian dari teks yang berbeda untuk memberikan kesimpulan yang baru akan sangat diuji. Pastikan kosakata dan pemahaman pola kalimat anda sudah baik.

  • Pemahaman kalimat

Pada bagian ini anda akan diminta untuk menganalisa maupun membenarkan hubungan diantara kata, kalimat, dan konsep bacaan. Beberapa kata “word” dalam suatu bacaan akan dihapus, dan anda akan diminta untuk mengisi kata yang kosong tersebut sehingga menghasilkan kalimat yang logis.

  • Analytical Writing

Pada bagian ini, yang akan diasah adalah bagaimana cara anda dalam berpikir secara kritis sehingga anda dapat menghasilkan suatu tulisan yang analitis.

Beberapa hal ini menjadi salah satu persyaratan utama jika anda ingin melanjutkan studi pascasarjana di luar negeri. Anda juga akan dihadapi pada beberapa permasalahan yang hanya bisa diselesaikan dengan cara memberikan artikulasi menggunakan ide-ide kritis yang cukup rumit, selain itu anda diharuskan untuk bisa menyusun dan mengevaluasi suatu argument, serta menerapkan diskusi dan fokus yang jelas. Pada bagian ini juga terdiri dari dua kategori:

  • Mengembangkan argumen sendiri

Pada kasus ini anda akan diberikan sebuah opini yang merupakan isu permasalahan secara umum. Setelah itu anda akan diminta untuk mengevaluasi isu tersebut dengan cara mengembangkan sejumlah argument secara kongrit dan beberapa contoh yang dapat mendukung argument anda.

 

  • Menganalisa argumen orang lain

Dalam hal ini anda akan dihadapi dengan suatu argumen yang nantinya akan anda evaluasi sesuai dengan beberapa peryaratan dan perintah yang sebelumnya sudah ditentukan. Anda diharuskan untuk berhati-hati dalam menjawab permasalahan ini, karena dibutuhkan keahlian konsep yang kritis dan teliti.

Baca Juga:  Mengenal GRE Test Jakarta dan GRE Test Indonesia

Terdapat beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam menyelesaikan permasalahan ini :

  • Telitilah dalam membaca dan menjawab soal, pastikan anda melihat petunjuk pengerjaan soal terlebih dahulu sebelum anda menjawabnya;
  • Identifikasikan terlebih dahulu argumen yang ditekankan dalam bacaan yang diberikan, dengan melakukan identifikasi anda diharapkan dapat mengerti argumen yang dipaparkan;
  • Perhatikan waktu yang diberikan dalam melakukan analisis, menyusun suatu argumen, dan menulisnya. Pastikan waktu berfikir anda efektif untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada.

 

Quantitative Reasoning Measure

Pada bagian ini pengetahuan matematika dasar anda lah yang akan diuji. Bebeapa soal yang bisanya terdapat pada tes ini merupakan bagian dari materi kuantitafi seperti arimatika, aljabar, geometri, dan statistika.

Terdapat beberapa tips yang akan membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan bimbingan gre ini, diantaranya yaitu :

  • Pastikan anda sudah memepalajari beberapa rumus matematika dasar;
  • Pastikan metode perhitungan anda sudah tepat, sehingga hal tersebut akan membantu anda dalam menyelesaikan soal secara efektif;
  • Hundari perhitungan yang membutuhkan waktu panjang, pastikan anda mengerjakan soal-soal perhitungan ringan yang tidak banyak membutuhkan waktu;
  • Saat anda menganalisa soal statistik, pastikan anda fokus pada informasi yang penting saja, hindari membaca soal statistik secara keseluruhan.

Setelah anda melakukan beberapa tips diatas pastikan apakah tes yang anda ikuti tersebut berbasis kertas atau berbasis komputer, dengan anda mengetahui hal tersebut diharpkan anda mendapatkan cara yang lebih efektif dalam menyelesaikan soal bimbingan gre. Ingat! Kesuksesan anda lulus dalam tes ini bergantung kepada anda yang selalu melakukan latihan secara rutin.


>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *