budaya jerman

Mau Liburan Ke Jerman, Ketahui 6 Fakta Budaya Jerman Ini Dulu

Posted on

Budaya Jerman – Jerman memiliki populasi penduduk dan ekonomi terbesar di Eropa barat. Meskipun memiliki sejarah panjang, tapi bangsa Jerman sebenarnya salah satu yang terbaru di Eropa, jauh lebih muda dibanding Amerika.

Sebelumnya Jerman berupa kerajaan-kerajaan kecil, baru pada tahun 1871 disatukan menjadi kerajaan Jerman dengan dipelopori kerajaan Prusia.

Baca Juga:  Mencari Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman yang Tepat

Itulah kenapa sampai hari ini rakyat Jerman lebih identik dengan kebudayaan wilayah mereka, dibanding identitas nasionalnya. Selain budaya asli Jerman, banyaknya etnis yang hidup di Jerman ikut menambah keragaman budaya Jerman.

Mau Liburan Ke Jerman, Ketahui 6 Fakta Budaya Jerman Ini Dulu

kebudayaan jerman

Nah, jika Anda dan teman-teman ingin berlibur ke Jerman maka ada baiknya mengetahui beberapa fakta budaya Jerman untuk menambah wawasan mengenai Jerman, berikut ini beberapa fakta kebudayaan negara Jerman

1.Bahasa

Bahasa resmi nasional adalah bahasa Jerman. Tapi terdapat banyak dialek bahasa Jerman berdasarkan wilayahnya atau semacam bahasa daerah. Beberapa dialek bahasa Jerman diantaranya dialek Niederdeutsch (Jerman utara), Mitteldeutsch (Jerman tengah), maupun Oberdeutsch (Jerman atas/Bavaria).

Selain bahasa Jerman, bahasa lain seperti Frisia, Denmark, Sorbian, Turki, Kurdi, Polandia, Rusia, dan Balkan juga digunakan. Hal ini karena Jerman membuka pintu masuk bagi imigran, sehingga berbagai etnis bisa hidup dengan nyaman dan masih menggunakan bahasa asli negara mereka.

Baca Juga:  Tips Belajar Bahasa Jerman Sehari-hari Tanpa Kursus

2.Sastra

Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang kaya akan tradisi sastra. Budaya Jerman dalam bidang sastra telah dimulai sejak abad pertengahan dengan penyair seperti Wolfram von Eschenbach. Lalu dilanjutkan era Goethe hingga Mann yang menghasilkan karya besar yang dibaca di seluruh dunia. Bahkan hingga saat ini, telah banyak hadiah nobel yang diberikan pada sastrawan Jerman.

3.Arsitektur

Arsitektur Jerman memiliki sejarah panjang, kaya, dan beragam. Dari gaya Ottonian, Carolingian, Renaissance, Baroque, Gothic, hingga gaya modern, semua ada di Jerman. Pemerintah Jerman memberi perhatian besar terhadap arsitektur bangunan. Sekitar 300 miliar Euro dihabiskan untuk membangun bangunan baru dan juga merawat gedung-gedung tua.

Maka tidak heran kalau Jerman memiliki pemandangan kota yang kaya akan berbagai gaya arsitektur. Bahkan banyak istana, kastil, katedral, serta bangunan masa lalu yang masih berdiri kokoh. Bagi orang Jerman, arsitektur merupakan bagian dari budaya Jerman.

kebudayaan negara jerman

4.Tepat waktu

Orang Jerman dikenal sangat terencana, taat aturan, disiplin, dan menghargai waktu. Itu tercermin dalam kehidupan pribadi mereka. Kalau kita punya janjian dengan orang Jerman untuk rapat atau sekedar ketemu di restoran, lebih baik datang 5-10 menit lebih awal.

Orang Jerman akan tersinggung kalau ada yang terlambat. Bagi mereka, tepat waktu atau punktlichkeit merupakan cara menghargai diri sendiri dan orang lain, serta lebih dari sekedar uang.

Baca Juga:  2 Julukan Negara Jerman Yang Paling Mendunia

5.Perayaan

Dari Munich hingga Berlin, ada lebih dari 10 ribu festival yang tersaji di Jerman. Kalau kamu akan tinggal atau berkunjung ke Jerman, siap-siap saja untuk melibatkan diri dalam perayaan atau festival yang mereka adakan. Mulai dari acara budaya yang menggunakan pakaian tradisional penuh warna hingga festival yang melibatkan musik, film, dan banyak lagi.

6.Bisnis

Dalam budaya bisnis Jerman, mereka cenderung lebih hormat pada Insinyur. Itulah sebabnya kebanyakan perusahaan dipimpin oleh orang yang memiliki latar belakang Insinyur atau ahli teknis dibandingkan ahli manajemen, keuangan, hukum, ataupun sosial.

Selain itu, mereka juga lebih menghargai kompetensi (hard skill) dibanding skill interpersonal (soft skill). Mereka lebih suka komunikasi langsung ke pokok masalah dan tanpa basa basi.

Baca Juga:  7 Tips Memilih Les Bahasa Jerman di Jakarta Agar Maksimal

Itulah Jerman, modern tapi tetap bangga budayanya. Karena bagi mereka, kebudayaan Jerman telah menjadi jatidiri bangsa. Semoga artikel ini bisa memberi gambaran mengenai budaya Jerman, terutama buat kalian yang memiliki rencana untuk mengunjungi Jerman dan untuk informasi mengenai pembelajaran bahasa Jerman maka bisa klik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *