Budaya Orang Jerman

Budaya Orang Jerman Yang Perlu Dicontoh

Posted on

Budaya Orang Jerman – Budaya atau kebiasaan setiap negara pastilah memiliki persamaan dan juga perbedaan, namun ada banyak budaya negara lain yang cukup berpengaruh bagi kehidupan, dan hal-hal seperti itu tidak ada salahnya untuk kita ikuti.

Baca juga : Contoh Puisi Bahasa Jerman Beserta Artinya

Dan kali ini kita akan membahas budaya orang Jerman, dimana ada banyak budaya orang jerman yang jarang kita temukan di Indonesia, namun ada beberapa yang sama juga. Dan disini juga ada beberapa budaya orang Jerman yang bisa kita contoh, karena memiliki sisi positif yang sangat bagus.

Beberapa Budaya Orang Jerman yang Dapat Dicontoh

1. Tidak Mau Membuang Makanan

Budaya yang satu ini memang sangat perlu untuk kita contoh. Tingkat kelaparan di Jerman itu sangatlah rendah. Namun tidak berarti mereka memiliki sifat yang suka membaung makanan.

Ketika mereka hendak makan, mereka hanya akan mengambil makanan sesuai porsinya masing-masing, dan tidak menyisakannya didalam piring. Mereka akan menghabiskan makanan yang diambil. Berbeda dari kita yang terkadang punya pAndangan bahwa menghabiskan makanan dalam piring adalah tindakan rakus. Dan biasanya malu jika tidak menyisakannya sedikit makanAndalam sebuah acara makan bersama atau makan di restoran.

Sehingga jangan heran jika melihat orang Jerman makan, mereka akan mengambil dengan porsi masing-masing dan menghabiskan semua makanan dalam piring. Karena mereka memang memiliki budaya yang sangat melekat untuk tidak membuang makana sedikit pun.

2. On Time

Jerman memang terkenal dengan si raja on time diseluruh dunia. Mereka adalah orang yang sangat menghargai waktu, jadi hanya datang disaat yang seharusnya. Tidak datang terlalu cepat dan juga tidak datang terlambat. Bahkan bagi orang Jerman, terlambat dalam sebuah pertemuan atau acara adalah aib, atau hal yang sangat memalukan. Jadi jangan heran jika pertemuan jam 12.00 mereka sudah on time dijam 12.00.

Baca Juga:  7 Tips Memilih Les Bahasa Jerman di Jakarta Agar Maksimal

Dan ini adalah salah satu hal yang perlu untuk dicontoh, karena istilah jam karet hanya ada di negara kita, yaitu istilah mengulur-ulurkan waktu. Dan hal seperti itu perlu dihilangkan, tidak perlu datang terlalu cepat hanya untuk membuang-buang waktu atau datang terlambat.

3. Rajin Membaca

Budaya rajin membaca ini adalah hal yang sangat penting untuk dicontoh. Karena dengan membaca kita bisa mendapatkan ilmu yang banyak. Bahkan di era millenial, kebiasaan membaca irang Jerman tidak berkurang sedikitpun.

Perpustkaan tetap banyak dikunjungi, toko-toko buku tetap banyak peminat, dan membaca menggunakan gadged juga tetap dilakukan. Jadi jangan heran ketika Anda berdiri di halte, semua ornag sibuk dengan bacaannya masing-masing, dan berkunjung ke perpustakaan, ramai orang tetapi sunyi senyap tidak ada suara karena semua sibuk dengan buku bacaan masing-masing.

4. Kopi Wajib

Orang Jerman adalah orang yang mewajibkan kopi setiap hari, bahkan untuk benyakan orang Jerman kopi adalah sarapan pagi. Dan dalam pertemuan-pertemuan kopi adalah hidangan wajib. Walupun dalam sebuah acara mereka tetap menyediakan alkohol dan minuman lainnya, kopi tetap menjadi minuman yang wajib tersaji, namun uniknya lagi kopi mereka dalam porsi kecil namun selalu ada.

Budaya Orang Jerman

5. Buang Ingus dan Sendawa

Buang ingus dan sendawa adalah hal biasa yang kita lihat dan dengar, namun bagi ornag Jerman hal tersebut sangat tidak pantas dilakukan didepan ornag lain, bahkan didepan keluarga inti.

Mereka akan pergi ke toilet untuk buang ingus dan sendawa, karena hal tersebut sangat tidak pantas dilakukan didepan orang lain. Dan kebiasaan ini sebenarnya sangat perlu juga untuk kita contoh, karena kebiasaan tersebut untuk sebagian orang juga sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Baca Juga:  Contoh Puisi Bahasa Jerman Beserta Artinya

6. Tidak Suka Basa-basi

Budaya orang Jerman adalah to the point, mereka tidak suka basa-basi. Mereka hanya akan berbicara atau membahas apa yang menjadi inti. Sehingga sesuatu yang bertele-tele akan sangat membosankan bagi mereka.

Dan mereka juga bukan orang yang ingin tahu urusan orang lain, mereka sangat menghargai privasi seseorang sehingga tidak mau mencampuri yang bukan urusannya, dan hal tersebut juga perlu untuk kita contoh untuk kenyamanan bersama.

7. Budaya Naik Sepeda

Untuk kita negara yang biasanya sangat macet pada kota-kota besar sangat jarang melihat sepeda. Karena kebanyak berangkat kerja, sekolah dan lain sebagainya menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil dan kendaraan umum.

Sangat berbeda dengan negara industri nomor satu di dunia ini, walupun mereka adalah negara insutri terbesar namun polusi udara sangat rendah karena mereka lebih suka naik sepeda daripada naik mobil maupun sepeda motor.

Jangan heran jika melihat parkiran sepeda disana sangat luas dan selalu dipenuhi sepeda, karena mereka kesekolah, kekampus, ketempat kerja dengan naik sepeda, dan jika mereka tidak bisa menjangkau dengan sepeda mereka memilih kendaraan umum, misalnya bus atau kereta.

Dan kebiasaan ini perlu untuk kita contoh, selain mengurangi polusi udara, kita juga lebih sehat, dan lebih irit karena mengalkan tenaga. Bersepeda bisa juga sebagai pengganti olahraga setiap hari.

8. Jalan-jalan Di Taman

Refreshing bagi orang Jerman adalah ditaman, bukan seperti kebanyakan negara di dunia yang lebih memilih mall, bioskop dan lain sebagainya. Sehingga jangan heran jika di Jerman sangat banyak taman ditemukan, dan tamannya pun selalu banyak pengunjung, karena mereka memang lebih suka refresing ditaman daripada ditempat lain.

Baca Juga:  Syarat Syarat Harus Disiapkan Untuk Bisa Kuliah Gratis di Jerman

9. Jam Tidur

Budaya orang Jerman yang terakhir adalah jam tidur yang hanya 7 jam saja sehari, selebihnya mereka gunakan untuk kegiatan lainnya. Namun dalam 7 jam mereka benar-benar full istirahat. Semua gadged dimatikan dan lampu dimatikan. Sekian untuk budaya orang Jerman yang layak untuk dicontoh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *