cara belajar bahasa inggris sendiri

7 Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri dengan Aplikasi U-Dictionary

Posted on

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri – Semakin berkembangnya teknologi dan informasi menjadikan akses informasi menjadi lebih mudah dan tidak terbatas.

Perkembangan smartphone dan internet yang sebagian besar menggunakan bahasa Inggris membuat kita mau tidak mau harus belajar bahasa Inggris.

Penguasaan bahasa Inggris akan mempermudah kita mendapatkan berbagai informasi dari internet dan memudahkan kita berinteraksi dengan berbagai orang dari negara yang berbeda.

Walaupun bahasa Inggris itu penting, namun sebagian orang masih merasa enggan untuk belajar bahasa Inggris.

Padahal, ada banyak cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan. Selain dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di Westwood Prep, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film ataupun belajar dari aplikasi di smartphone. Simak cara belajar bahasa Inggris menggunakan fitur aplikasi U-Dictionary berikut ini.

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri dengan Aplikasi U-Dictionary

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri dengan Aplikasi U-Dictionary

Aplikasi U-Dictionary merupakan aplikasi penerjemah bahasa yang bisa berfungsi sebagai kamus online maupun offline. Aplikasi U-Dictionary ini memiliki fitur unggulan menerjemahkan bahasa Inggris dari foto secara langsung.

Selain bisa menerjemahkan bahasa Inggris, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan kata atau kalimat dalam 38 bahasa yang berbeda.

Aplikasi yang dirilis tanggal 18 Oktober 2018 ini bisa kamu unduh di smartphone android maupun iPhone.

Fitur – fitur U-Dictionary bisa menjadi cara belajar bahasa Inggris yang mudah kamu gunakan dimanapun dan kapanpun. 

Cara belajar bahasa Inggris sendiri dengan fitur – fitur U-Dictionary diantaranya:

1. Menerjemahkan gambar dengan kamera

Kebanyakan aplikasi penerjemah bahasa Inggris memungkinkan pengguna untuk mengetikkan kata yang akan diterjemahkan.

Namun, aplikasi U-Dictionary memiliki fitur yang dapat menerjemahkan gambar dengan kamera. 

Cara belajar bahasa Inggris sendiri dengan menggunakan fitur ini memungkinkan kamu untuk menerjemahkan bahasa Inggris yang terpajang dimanapun menggunakan kamera tanpa perlu repot – repot mengetik ulang.

Caranya, kamu cukup membuka aplikasinya lalu klik icon kamera di pojok kanan atas. Kemudian arahkan kamera ke gambar atau teks yang ingin diterjemahkan lalu foto.

Aplikasi ini akan secara otomatis menerjemahkan gambar atau teks yang kamu foto tadi. 

2. Belajar bahasa Inggris dari lockscreen smartphone

Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan U-Dictionary ini bisa dilakukan dari lockscreen smartphone kamu.

Fitur U-Dictionary ini akan menampilkan kosakata bahasa Inggris baru yang bisa kamu pelajari setiap harinya. Kamu tinggal menggeser – geser lockscreen untuk mendapatkan kosakata baru.

Bahkan, kamu langsung bisa mendengarkan pelafalan kosakata tersebut dengan aksen American English dan British English. Kamu juga langsung bisa menghafalkan arti kosakata yang ditampilkan di lockscreen dengan mengklik kosakata tersebut.

Baca Juga:  4 Cara Belajar Bahasa Jerman yang Efektif dalam Sebulan

3. Menerjemahkan kata atau kalimat yang diucapkan orang

Aplikasi U-Dictionary ini dilengkapi dengan fitur Voice Translate yang memungkinkan kamu untuk menerjemahan kata atau kalimat bahasa Inggris yang diucapkan orang. 

Cara cepat belajar bahasa Inggris ini bisa kamu lakukan dengan mendekatkan speaker smartphone ke suara pembicara.

Aplikasi ini akan secara otomatis menerjemahkan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang kamu pilih.

4. Belajar bahasa Inggris dengan bermain games

Cara belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan bisa kamu lakukan dengan bermain games yang ada di dalam aplikasi ini.

Beberapa games yang bisa kamu mainkan diantaranya Spelling Quiz, Synonym Game, dan Words for Today. Sering bermain games – games bahasa Inggris ini akan meningkatkan kosakata bahasa Inggris kamu.

5. Sering membaca artikel bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris sendiri yang efektif bisa kamu lakukan dengan sering membaca artikel – artikel bahasa Inggris.

Ada banyak artikel yang bisa kamu baca dari aplikasi U-Dictionary ini. Semakin sering kamu membaca artikel bahasa Inggris, maka kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki akan bertambah.

Selain bisa belajar bahasa Inggris, banyak membaca artikel juga akan menambah wawasan kamu.

Jika kamu menemukan kata – kata bahasa Inggris yang artinya belum kamu tahu, kamu bisa melakukan selection dan meng-copy pada fitur dictionary. U-Dictionary akan menerjemahkan kata atau kalimat tersebut.

6. Sering menonton video bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris bisa kamu lakukan setiap hari dengan menonton video – video bahasa Inggris yang ada di dalam aplikasi U-Dictionary.

Sering menonton video bahasa Inggris akan meningkatkan kemampuan listening dan juga menambah wawasan kamu. 

7. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris dan mengartikannya

Cara belajar bahasa Inggris cepat bisa dilakukan dengan sering mendengarkan lagu bahasa Inggris dan mengartikannya.

Di dalam aplikasi U-Dictionary ini terdapat fitur Song Practice yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris. 

Fitur ini juga dilengkapi dengan info seputar lagu tersebut dan juga lirik lagu dalam bahasa Inggris.

Semakin sering kamu mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu dapat mempelajari pronunciation dan mengartikan liriknya dapat menambah kosakata kamu.