9 Rahasia Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Posted on

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris– Tentunya kemampuan bahasa Inggris menjadi senjata utama yang mesti kita miliki dalam dunia kerja yang penuh persaingan ketat, namun banyak hal yang menghambat kita dalam mengembangkan kemampuan linguistik kita.

Hal-hal seperti keterbatasan waktu untuk belajar bahasa Inggris, ketiadaan rekan yang bisa dijadikan partner berbahasa Inggris, memiliki paradigma bahwa bahasa Inggris itu sulit, atau bahkan sudah merasa tua sehingga malu belajar Bahasa Inggris.

Baca Juga:  5 Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris yang Paling Efektif

Sehingga pertanyaan yang kemudian muncul dikepala adalah bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak? Dan di artikel kali ini saya akan membantu kalian dalam mengetahui bagaimana cara belajar Bahasa Inggris.

7 Rahasia Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Mungkin diluar sana khusunya di dunia maya ada banyak rahasia yang bisa Anda dapatkan secara Cuma-Cuma untuk bisa belajar bahasa Inggris, namun tak ada salahnya Anda membaca artikel Kami berikut di bawah ini adalah ulasan lengkapnya:

1. Jangan Ragu atau Malu-Malu Saat Belajar Bahasa Inggris

Seringkali kita ragu atau malu untuk memulai sebab keterbatasan kosa kata yang kita pahami, ataupun sering pula malu apabila kita mengucapkan grammar yang salah, sehingga kita tidak pernah berani melangkah.

Nah, di sini lah langkah pertama bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak dimulai dan mesti diingat, ragu atau malu adalah hambatan yang paling besar karena sudah pasti menghambat kemajuan kita belajar.

2. Untuk Awal, Semua Tidak Harus Selalu Baku

Belajar bahasa Inggris untuk pemula secara otodidak sering kali mereka kebingungan dalam grammar, sehingga rahasia untuk mengatasinya adalah dengan rasa berani adalah hal yang pertama yang harus Anda lakukan.

Karena ketika kita belajar dalam berbahasa Indonesia pun lebih sering menggunakan bahasa informal bahkan seringkali menggunakan bahasa gaul yang sebenarnya tidak ada di dalam kamus.

Baca Juga:  Mengintip, 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Begitu pun bagaimana cara belajar bahasa Inggris, karena dengan berani mencoba dan tidak takut salah ada kuncinya adalah pikirkan apa yang kita hendak bicarakan, kemudian bicaralah.

3. Jangan Pernah Mudah Menyerah

Bayangkan saat seorang bayi berumbuh kembang, Si bayi tidak mungkin langsung bisa berlari dan berlari bukan? Karena seharusnya si bayi mesti terlebih dahulu belajar merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari.

Begitupun bagaimana cara belajar Bahasa Inggris secara otodidak, karena dalam belajar betul salah itu wajar, namun jika Kita salah maka harus segera memperbaikinya.

Meski cukup kompleks, jika tak ada niat dan tekad yang bulat, maka akan terus terasa sulit. Jadi kita harus terus mencoba supaya berhasil belajar Bahasa Inggris dan rahasianya adalah buang rasa malas.

Perlu diketahui, bahwa Thomas Alva Edison menemukan lampu bohlam tidak hanya dalam semalam. Begitu pula bagaimana cara belajar Bahasa Inggris, tidak ada cara yang instan untuk mendapatkan cita-cita yang kita inginkan.

4. Praktik, Parktik dan Praktik Lagi

Meski tahu bahan-bahan dasar memasak atapun peralatannya, seperti bumbu dapur, penggorengan dan lain sebagainya, tetap akan percuma jika hanya sebatas teori! Itulah rahasia selanjutnya dari bagaimana cara belajar Bahasa Inggris.

Karena, Anda harus praktik, praktik, dan praktik lagi saat menggunakan bahasa Inggris dan jangan pernah bosan dengan mengulangi hal tersebut, karena nantinya Anda akan terabiasa berbahasa inggris.

5. Bisa Karena Terbiasa

Pepatah pernah mengatakan, “Bisa karena Terbiasa”. Begitu pula bagaimana cara belajar Bahasa Inggris secara otodidak, karena kita khususnya sebagai orang Indonesia bisa berbahasa Indonesia dengan lancar karena terbiasa bukan?

Jika dibiasakan mengucap dan berbahasa Inggris, maka belajar Bahasa Inggris akan menjadi sebuah keniscayaan dan impian untuk bisa berbahasa Inggris bukan cuman sekedar mimpi belaka.

Memang pada dasarnya hal yang baru akan terasa asing. Tapi itu hanya di awal dan jika sudah familiar dan memahami, apalagi sudah menjadi kebiasaan, maka tidak akan sulit untuk mengucapkannya.

6. Terus Berlatih

Memang untuk menjawab cara belajar Bahasa Inggris yang baik secara ototdidak adalah terus berlatih. Demi memaksimalkan kemampuan linguistik kita, latihan yang terus dilakukan dan ketekunan yang tinggi akan menyempurnakan kemampuan berbahasa Inggris kita.

Baca Juga:  GMAT Adalah Graduate Management Admission, Ini 3 Tes GMAT

Selain itu komunikasi dengan Bahasa Inggris dapat dilakukan saat berinteraksi dengan teman kita. Misal dengan menyisipkan kalimat berbahasa Inggris. Selain untuk meningkatkan kemampuan speaking, juga akan terlihat keren dan trendy di depan mata rekan-rekan.

7. Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Belajar dan mempraktikkan kemampuan dan dimanapun berbahasa Inggris tidak mengenal tempat dan waktu menjadi kunci cara belajar bahasa Inggris selanjutnya.

Praktikkanlah atau pergunakanlah kemamampuan Bahasa Inggris untuk berinteraksi dengan siapapun khusunya dengan seseorang yang bisa berbahasa Inggris. Dan juga menggunakan jam-jam kosong dan waktu senggang untuk menajamkan kemampuan Bahasa Inggris.

8. Jangan Menerjemahkan Bahasa Inggris Kata Perkata

Meski untuk awalnya belajar bahasa Inggris boleh tidak Baku, tetapi ada baiknya dalam berbahasa Inggris, biasakan untuk jangan menterjemahkan kata perkata

Dan pikiran seperti itu lebih baik dibuang jauh-jauh, karena penerjemahan dalam Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggis mesti dilakukan secara utuh. Sebab, padanan, makna, dan penempatannya mungkin bisa jadi berbeda.

9. Menghafalkan Kosakata Setiap Hari

Memang Bahasa Inggris memiliki banyak kosa kata, mungkin juga hal ini yang membuat pusing bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Kita mesti membuat target berapa kosa kata yang kita hafal ditiap harinya dan pastinya segala sesuatunya memang membutuhkan proses dalam pencapaiannya bukan?

Maka, ada baiknya gunakanlah kiat seperti menuliskan beberapa kata dalam Bahasa Inggris dalam secarik kertas, kemudian tempel kertas tersebut di tempat yang sering dilalui agar nantinya Kita bisa menghapal kosakata setiap hari.

Baca Juga:  Ujian SAT Test Adalah Terbagi Menjadi 2 Tipe, Apa Sajakah Itu?

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai cara belajar bahasa Inggris secara otodidak, akan tetapi meskipun cara otodidak banyak diminati namun satu yang pasti bahwa belajar otodidak dan formal adalah cara terbaik.

Dan jika misalkan Anda memiliki sedikit dana tabungan maka Anda juga bisa ikutan kursus bahasa Inggris di Westwoodprep karena Anda akan diarahkan dengan benar oleh pengajar yang telah berpengalaman dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *