cara belajar bahasa jerman yang efektif

4 Cara Belajar Bahasa Jerman yang Efektif dalam Sebulan

Posted on

Cara Belajar bahasa Jerman yang efektif dalam sebulan bisa ditempuh dengan dua cara, yaitu dengan cara kursus bahasa jerman di lembaga kursus seperti Studiva atau belajar bahasa Jerman secara otodidak.

Biasanya belajar bahasa jerman di lembaga kursus memiliki rentang waktu yang lebih lama, jarang sekali yang menawarkan belajar bahasa jerman hanya dalam kurun waktu sebulan saja, itupun beberapa bulan dengan pertemuan yang diatur tiga kali seminggu.

Jadi, belajar bahasa jerman efektif dalam sebulan hanya bisa dilakukan secara otodidak atau mandiri. Apakah ini mustahil? Tentu saja tidak. Selalu ingat bahwa belajar bahasa jerman secara mandiri akan sangat berhasil bagi mereka yang memiliki tingkat kedisiplinan tinggi, tekad yang kuat dan juga mental yang membaja. 

Banyak orang, dalam kasus bahasa inggris saja bisa membuktikan belajar bahasa inggris dasar selama sebulan, jadi anda bisa mengadopsinya untuk belajar bahasa jerman dasar hanya dalam kurun waktu sebulan saja, dengan catatan seperti yang telah diterangkan di atas. Harus mempunyai mental baja, tekad yang kuat dan juga semangat yang membara. 

Mudah, Ini Cara Belajar Bahasa Jerman yang Efektif 

Mudah, Ini Cara Belajar Bahasa Jerman yang Efektif 

Selain itu, cara belajar bahasa Jerman dalam waktu sebulan juga harus full time, dalam artian belajar dari pagi, siang, hingga malam tanpa jeda untuk bekerja.

Anda hanya mempunyai rutinitas untuk belajar, makan, urusan ke kamar mandi dan setidaknya rileks selama sejam atau dua jam untuk jalan jalan atau refreshing ke tempat hiburan dalam sehari saja. 

Minggu Pertama Belajar Kata-kata Bahasa Jerman

Cara cara belajar bahasa jerman dalam sebulan ini polanya sama dengan belajar bahasa inggris dalam sebulan, yaitu membagi ke dalam empat pekan pembelajaran dengan fokus setiap pekan adalah belajar mendengarkan, tata bahasa, kosakata dan artikel serta berbicara. 

Pada pekan pertama, belajar bahasa jerman bisa diawali dengan mengenal kata kata bahasa jerman beserta pengucapannya. Anda bisa memulai dua jam pertama di pagi hari, tiga jam di siang hari, dua jam di sore hari dan empat jam di malam hari.

Pengenalan kosakata belajar bahasa jerman ini bisa menggunakan metode visual dan auditori, anda tinggal mengunduh dari youtube atau internet dan bisa langsung digunakan. 

Baca Juga:  5 Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman Dasar Untuk Pemula

Minggu Kedua Belajar Tata Bahasa Jerman

Pada pekan kedua cara belajar bahasa Jerman yang efektis anda bisa mulai bergeser ke dalam tata bahasa atau grammar. Tentu harus diingat bahwa grammar dalam bahasa jerman ini mungkin terlihat baru, tetapi tidak masalah.

Ada baiknya kuasai hal hal mendasar semisal perbedaan antara maskulin dan feminim pada beberapa kosakata, kemudian pahami pernyataan pernyataan dalam bahasa jerman dan kemudian kuasai beberapa hal penting seperti cara membuat kalimat dalam bahasa jerman. 

Minggu Ketiga Membaca Artikel Bahasa Jerman

Pekan ketiga belajar bahasa jerman anda bisa mulai berpindah ke penambahan kosakata atau membaca artikel. 

Menambah kosakata bisa dimulai dengan lima kosakata setiap hari (mungkin bisa diawali dari awal pekan pertama), sehingga ketika memasuki pekan ketiga anda sudah menguasai setidaknya 200 kosakata baru dalam bahasa jerman. 

Minggu Keempat Mengunduh Video Pembelajaran Bahasa Jerman

Cara belajar Bahasa Jerman yang efektif minggu keempat belajar bahasa jerman anda bisa mengunduh video-video pembelajaran tata cara pengucapan (pronunciation) yang dilakukan oleh orang Indonesia, orang indonesia yang tinggal di jerman (vlog gita savitri misalnya) atau orang jerman sendiri yang sering mengupload di youtube bisa anda jadikan sarana pembelajaran. 

Selanjutnya anda tinggal mengulang sistem pembelajaran belajar bahasa jerman ini sebulan kedepan untuk pemantapan, atau hanya tinggal menambahkan beberapa minggu untuk evaluasi, mengerjakan tes, simulasi test bahasa jerman atau mengikuti kursus formal di lembaga kursus bahasa Jerman di Studiva selama beberapa bulan untuk memantapkan.