cara belajar bahasa perancis

4 Cara Belajar Bahasa Perancis Efektif yang Bisa Dipraktekan

Posted on

Cara Belajar Bahasa Perancis – Bahasa Prancis memang salah satu bahasa yang cukup menantang untuk dipelajari. Selain gramatikalnya yang tentu memiliki keunikan(harus memperhatikan diksi tertentu), pengucapan kata-katanya pun juga menarik.

Uniknya, ada yang percaya bahwa setelah menguasai bahasa Perancis maka akan lebih mudah menguasai bahasa lain di wilayah Eropa, termasuk bahasa Inggris. Oleh karena itu, belajar bahasa Perancis bisa jadi jalan pertama jika kamu ingin menjadi poliglot.

4 Cara Belajar Bahasa Perancis Efektif yang Bisa Dipraktekan

Nah, untuk belajar lebih mudah cara belajar bahasa Perancis yang sangat mudah untuk diperaktekan dirumah dan ada baiknya perhatikan tips-tips singkat berikut.

belajar bahasa perancis

1. Pelajari Sungguh-Sungguh Pelafalan

Seperti yang sebelumnya diinggung, bahasa Prancis memang memiliki pelafalan yang cukup berbeda dari yang tertulis. Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana huruf diucapkan. Perhatikan berikut ini:

A diucapkan menjadi [a]
B diucapkan menjadi [be]
C diucapkan menjadi [se]
D diucapkan menjadi [de]
E diucapkan menjadi [e]

F diucapkan menjadi [ef]
G diucapkan menjadi [ze]
H diucapkan menjadi [ash]
I diucapkan menjadi [i]
J diucapkan menjadi [zi]

Baca Juga:  Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Kuliah Di Perancis

K diucapkan menjadi [ka]
L diucapkan menjadi [el]
M diucapkan menjadi [em]
N diucapkan menjadi [en]
O diucapkan menjadi [o]

P diucapkan menjadi [pe]
Q diucapkan menjadi [ku]
R diucapkan menjadi [er]
S diucapkan menjadi [es]
T diucapkan menjadi [te]

U diucapkan menjadi [u]
V diucapkan menjadi [we]
W diucapkan menjadi [dublewe]

X diucapkan menjadi [iks]
Y diucapkan menjadi [igrek]
Z diucapkan menjadi [zed]

2. Gunakan Bahasa Prancis Sejak dalam Pikiran

Dalam belajar sebuah bahasa asing, memang sebaiknya jangan melakukan penerjemahan dari petanda ke penanda. Maksudnya, segera gunakan bahasa Prancis sejak kita berpikir.

Apabila kamu melihat sebuah benda, lalu kamu namai dengan bahasa Indonesia, kemudian kamu terjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Perancis sebelum diucapkan, maka butuh beberapa detik.

Baca Juga:  Fasih Bahasa Jerman Dalam 6 Bulan Dengan Kursus Bahasa Perancis

Berpikir menggunakan bahasa Prancis sebagai cara belajar bahasa Perancis, juga pelan tapi pasti akan membuat kita secara otomatis belajar gramatikal bahasa Prancis.

3. Sering Membaca Wacana Utuh Berbahasa Perancis

Untuk belajar aspek membaca dan menulis cara belajar bahasa Perancis, maka yang dibutuhkan adalah membaca wacana utuh dalam bahasa Perancis. Kamu bisa membaca berita di koran atau novel berbahasa Prancis.

Dengan membaca wacana utuh, kamu akan menemukan gramatikal atau cara menyusun kata dalam membentuk kalimat. Kamu juga akan secara otomatis mendapatkan kosa kata baru.

Kamu juga harus sering mendengarkan bagaimana native speaker menggunakan bahasa Prancis. Misalnya dengan cara mendengarkan lagu, menonton film, atau mendengarkan berita berbahasa Prancis.

4. Gunakan Aplikasi Berfitur Suara sebagai Pengganti Kamus

Membaca kamus untuk menghapal grammar adalah cara yang mungkin digunakan, tetapi itu sangat kuno. Terbukti juga bahwa cara menghapal grammar dengan hanya melihat tulisan akan cukup sulit. Oleh karena itu, hal itu harus dibarengi dengan mendengarkan cara pengucapannya.

Oleh karena itu, memilih aplikasi yang kini sudah bisa dipasang di smartphone adalah cara yang efektif. Pilih aplikasi yang yang memiliki fitur suara atau bahkan percakapan. Kamu bisa menggunakan aplikasi android Dualingo atau pun menggunakan google voice.

Baca Juga:  Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Dasar

Nah, sahabat, itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam cara belajar bahasa Perancis dengan efektif. Mulailah dari satuan bahasa terkecil ke satuan yang lebih tinggi, yaitu bunyi, kata, kalimat, dan seterusnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *